Banyak Libur, Sedikit Belajar

Keceriaan anak-anak berlibur ke Museum Islam Nusantara Hasyim Asyari di Kawasan Wisata Makam Gus Dur Tebuireng Jombang
Keceriaan anak-anak berlibur ke Museum Islam Nusantara Hasyim Asyari di Kawasan Wisata Makam Gus Dur Tebuireng Jombang

Selama beberapa minggu terakhir ini siswa Sekolah Dasar memiliki banyak hari libur. Hari libur tersebut disebabkan karena hari libur nasional dan hari pelaksanaan ujian sekolah. Tanggal merah tampak menghias kalender pendidikan dengan rapi. Kondisi ini menyenangkan para siswa. Mereka memiliki lebih banyak waktu bermain di rumah bersama para anggota keluarga. 

Sebagian besar siswa SD yang saya ajar memiliki orang tua yang tinggal terpisah dengan anak-anak. Pada umumnya anak-anak diasuh kakek atau nenek mereka di desa sementara itu para orang tua bekerja di kota. Momen libur beruntun seperti inilah yang mereka gunakan untuk mudik ke kota dan menghabiskan liburan disana.

Bisa ditebak. Kegiatan belajar siswa selama masa liburan berkurang. Sangat sedikit kemungkinan mereka belajar pada saat tinggal di kota bersama orang tua. Mereka umumnya menghabiskan waktu dengan cara jalan-jalan ke pusat perbelanjaan dan beragam tempat wisata modern di kota tujuan. Para orang tua pun sepertinya memanjakan anak-anak mereka. Bak gayung bersambut, keduanya klop.

Sebentar lagi pun mereka akan menikmati masa libur panjang. Liburan yang sudah ada di depan mata yaitu libur awal puasa. Kemudian disusun dua buah tanggal merah sebagai hari libur nasional. Tak lama kemudia libur akhir tahun pelajaran selama lima minggu. Kondisi ini menghasilkan liburan akhir tahun yang sangat panjang bagi para siswa tahun ini. Libur lima minggu pastinya membuat mereka sedikit belajar membaca di depan buku.

Orang tua harus sadar bahwa siklus libur panjang ini merupakan hal yang dinanti-nanti oleh setiap anak. Mereka ingin terbebas dari kegiatan belajar di sekolah. Hal ini tidak jadi masalah selama orang tua mampu mengimbangi dengan pendidikan keluarga yang memadai. Misalnya mengajak anak berlibur ke tempat wisata pendidikan, tempat wisata sejarah, tempat wisata alam, maupun beragam obyek wisata menarik yang bisa dijadikan tempat belajar di luar ruangan. Selamat berlibur.

Bagikan artikel ini melalui:

13 Replies to “Banyak Libur, Sedikit Belajar”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *