Belajar Ilmu Rumah Tangga Dari Pasangan Jodha-Akbar

Jodha Akbar Wallpaper
Jodha Akbar Wallpaper

Jodha dan Akbar adalah dua karakter yang berbeda satu sama lain. Jodha adalah puteri bangsa Amer. Akbar adalah raja bangsa Mughal. Keduanya menyatu atas nama cinta yang tidak biasa dan penuh liku. Jodha dan Akbar dipertemukan oleh takdir dan disatukan oleh beragam peristiwa luar biasa. Jodha memiliki keistimewaan diantara para permaisuri Jalaludin Akbar. Jodha adalah mariam uz zamani yang gigih berjuang untuk rakyatnya. Jodha mengorbankan diri dan nyawanya untuk menebus kesalahan Akbar di masa lalu. Setelah kematian bayi kembar mereka, Hasan dan Husein, Akbar dan Jodha memiliki Salim sebagai buah cinta sekaligus putera mahkota Kerajaan Mughal.

Berawal dari konflik memperebutkan hati Akbar, Rukaya selalu berusaha menyingkirkan Jodha dari Agra. Bagi Rukaya, Jodha adalah pembatas persahabatan dirinya dengan Akbar. Akbar dan Rukaya memang sudah dinikahkan sejak usia enam belas tahun. Maka tidak mengherankan jika Rukaya berusaha mati-matian untuk mendapatkan hati Akbar seutuhnya. Sampai tiba masa dimana Jodha dan Rukaya harus bersatu menghadapi invasi Abul Mali. Mereka berdua bahu-membahu mengusir Abul Mali dari Kerajaan Mughal. Dan untuk selanjutnya, Jodha banyak melakukan aksi heroik melawan huru-hara yang berlangsung di Kerajaan Mughal.

Jodha dan Akbar memiliki cara pandang yang berbeda dalam mengasuh Salim. Salim sendiri memiliki karakter yang keras, sama seperti ibunya. Salim mengalami masa pembuangan selama beberapa tahun untuk kesalahan yang tidak pernah ia lakukan. Salim tumbuh menjadi anak yang suka membantah perintah orang tuanya. Jodha dan Akbar terbagi diantara Salim. Namun waktu terus berjalan. Serangkaian peristiwa terjadi dan menyadarkan Salim betapa kedua orang tuanya sangat sayang padanya. Kerasnya hati Salim perlahan berganti kasih sayang kepada Jodha dan Akbar, apalagi sejak Anarkali hadir dalam ruang rindunya.

Keteguhan cinta Jodha dan Akbar diuji saat Akbar terperosok dalam kesombongan diri. Raja Akbar menyamakan posisinya dengan Tuhan. Akbar mencetak mata uang koin yang bertuliskan lafadz Tuhan dan dirinya. Rakyat menolak namun Akbar bersikeras mewujudkannya. Rakyat Kerajaan Mughal mendapat hukuman Tuhan akibat kesombongan sang raja. Sebagai seorang isteri, Jodha mendampingi Jalaludin Akbar dengan setia. Termasuk ketika masa tenang menjelang dan rasa iri Rukaya kembali hadir, Jodha berusaha menempatkan diri dengan sebaik mungkin. Bagaimanapun, orang yang berhati baik tidak akan bisa disingkirkan oleh kejahatan.

Tayangan Jodha Akbar ini  bisa menjadi referensi jika Anda ingin belajar membangun rumah tangga yang baik. Beragam peran dalam keluarga ditampilkan dalam drama Hindustan ini. Sebagai seorang suami yang menjalankan poligami, Jalaludin Akbar harus bisa memberikan keadilan bagi ketiga isterinya. Dan sebagai ayah yang baik, Jalaludin Akar juga harus mampu mengarahkan Salim ke arah yang benar. Dualisme raja dan ayah seringkali memaksa Akbar terjebak dalam dilema. Kemudian peran isteri, dalam hal ini dipegang Jodha, mampu memberikan kenyamanan dalam menemukan solusi terbaik untuk kebaikan bersama. Bagaimana menurut Anda? Semoga terinspirasi.

One Reply to “Belajar Ilmu Rumah Tangga Dari Pasangan Jodha-Akbar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *