Benarkah Motivasi Hidup Datang dari Pikiran Kita Sendiri?

Foto seru di Liburan ke Bale Tani, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang
Inspirasi berbisnis dari Foto seru di Liburan ke Bale Tani, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang

Begitu banyak orang-orang yang merasa hidupnya tidak bersemangat akhir-akhir ini di Indonesia. Sebagian diantara mereka terjerumus dalam perbuatan yang yang merugikan, misalnya mengkonsumsi obat-obat terlarang, melakukan pesta minuman keras, bahkan ada juga yang sampai melakukan percobaan bunuh diri. Orang orang yang berpikiran pendek seperti itu memiliki motivasi hidup yang pendek pula.

Sebaliknya, Indonesia akhir-akhir ini diguncang oleh munculnya beberapa organisasi kerajaan fiktif yang diawali dengan peningkatan motivasi diri yang tumbuh secara berlebihan pada oknum tersebut. Orang-orang yang memiliki motivasi sangat tinggi ini merasa dirinya adalah bagian penting dari sejarah kebudayaan manusia. Mereka bukan saja memiliki motivasi hidup yang tinggi, tetapi juga memiliki kepentingan untuk dikenal dan dihargai oleh masyarakat umum. Semua bentuk semangat hidup para pemimpin kerajaan fiktif itu bersumber dari pemikiran mereka sendiri.

Dari gambaran sederhana di atas kita bisa membuat perbandingan bahwa perbuatan orang-orang yang bersemangat maupun orang-orang yang berputus asa semuanya berasal dari pemikiran mereka sendiri. Apa yang kita pikirkan akhirnya terlaksana dalam sebuah perbuatan, baik perbuatan yang efektif maupun destruktif. Anda bisa memilih dua jenis perbuatan itu sesuai dengan tujuan hidup anda. Penulis juga tidak paham bagaimana anda menentukan prioritas hidup Anda. Ketika tahap-tahap di atas telah ditetapkan maka anda harus bisa memilih satu diantara beberapa tujuan tersebut.

Mengingat pentingnya pikiran hidup yang dapat mempengaruhi semangat hidup kita, maka sudah sewajarnya jika Anda berhati-hati dalam mengelola pikiran Anda sendiri. Anda tidak harus selalu berpikiran optimis maupun pesimis. Anda juga harus mengedepankan akal logika dalam berpikir secara rasional. Mungkin silsilah keluarga Anda memang berasal dari keturunan ningrat atau darah biru. Namun anda tidak sewajarnya berharap bahwa kejayaan di masa lalu dapat anda warisi untuk membangun kerajaan di masa sekarang.

Ingatlah bahwa perubahan zaman telah berlaku sehingga Anda harus patuh dan tunduk terhadap peraturan perundang-undangan di zaman sekarang. Jangan pernah berpikir untuk menciptakan peraturan sendiri sesuai dengan keinginan pribadi anda. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Semoga kita selalu bersemangat menjalani hari-hari yang penuh tantangan.

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Benarkah Motivasi Hidup Datang dari Pikiran Kita Sendiri?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *