Benarkah Terapi Menulis Mampu Mengubah Karakter Seseorang?

Whether you are looking for a master’s degree program, computer science classes, a K-12 curriculum, or GED study program, this list gives you a look at 50 websites that promise education for free
Whether you are looking for a master’s degree program, computer science classes, a K-12 curriculum, or GED study program, this list gives you a look at 50 websites that promise education for free – From Pinterest

Menulis dengan baik dan benar dapat mengubah karakter seseorang. Pernyataan itu terlontar dalam diskusi Celoteh Guru  Genius yang dilaksanakan kemarin sore di Wonosalam Islamic Center. Adalah Pak Andre yang merupakan alumni Psikologi UNDAR membahas hal tersebut panjang lebar dihadapan kawan-kawan peserta Upgrading Guru Genius.

Menurutnya, karakter seorang anak dapat diperbaiki dengan mempraktekkan cara menulis yang baik dan benar. Tulisan yang berada di tengah garis buku menunjukkan keraguan. Tulisan tepat di garis buku menunjukkan ketegasan sikap. Nah, disitulah fungsi pelatihan menulis berperan membiasakan ketepatan sikap sesuai dengan kondisi ideal yang diharapkan.

Orang yang seringkali plin plan dan diliputi kegelisahan sangat disarankan melakukan Terapi Menulis secara teratur. Secara tidak langsung pembiasaan itu akan terekam dalam memori otak. Kebiasaan yang dilakukan secara teratur akan menghasilkan karakter baru. Disitulah Terapi Menulis memainkan peran vital sebagai cara membentuk karakter baru agar kehidupan seseorang lebih produktif dan bermanfaat.

Untuk memulai Terapi Menulis diperlukan kesadaran dalam diri seseorang. Dia harus paham bahwa ada sesuatu yang salah dalam perilakunya dan perlu diperbaiki secara bertahap melalui Terapi Menulis. Kesadaran untuk secara aktif melakukan perbaikan diri merupakan ciri manusia yang berorientasi ke depan dengan penambahan potensi dan kompetensi diri. Semoga tulisan ini bisa memberi inspirasi bagi Anda!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

3 thoughts on “Benarkah Terapi Menulis Mampu Mengubah Karakter Seseorang?”

  1. Mas, saya mau tanya apakah praktek menulis dalam pembentukan karakter baru ini hanya berlaku dengan tulisan tangan saja. Adea sesuatu yang emang harus saya benahi dlm diri saya, dan saya tertarik untuk mempraktekan hal ini..

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *