Berbagi Inspirasi Lewat Celoteh Guru Genius

Tindakan terpuji jangan disimpan sendiri. Biarkan orang lain tahu betapa hebat perilaku anak didikmu. Bukan untuk pamer dan mengharap pujian. Menginspirasi orang lain adalah bagian dari menyebarluaskan perilaku kebaikan secara massal agar terbentuk budaya saling mengingatkan dan peduli kepada sesama. Tidak masalah jika aktifitas tersebut banyak halangan asalkan Anda memiliki motivasi diri untuk giat mencobanya.

Pekan ini terasa istimewa karena saya habiskan bersama keceriaan para pengajar program Genius (Guru Excellent Yatim Sukses) Yatim Mandiri yang mengikuti kelas pelatihan menulis Celoteh Guru. Acara ini menjadi rangkaian awal kelas inspirasi Celotehku yang diikuti oleh peserta didik Sanggar Genius. Kelak anak-anak peserta didik Sanggar Genius diwajibkan menulis kisah hidup mereka untuk dapat dibagi dan memberi inspirasi bagi kawan-kawannya.

Acara pelatihan menulis cerita inspirasi berlangsung menarik. Pada umumnya para peserta sudah banyak makan asam garam mengajar di Sanggar Genius. Hanya saja mereka terkendala beberapa hal sehingga mereka tidak mampu menuangkan gagasan tertulis. Halangan tersebut misalnya tidak percaya diri, takut tulisan salah, keterbatasan waktu, ketidaktahuan cara menulis yang tepat, dan lain-lain.

Diskusi seru lintas disiplin ilmu mengundang setiap peserta untuk urun rembug. Para pengajar berasal dari latar belakang perkuliahan Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasadan Sastra Inggris, Ekonomi Akuntansi, Psikologi, Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Islam, dan Ekonomi Manajemen. Jadi wajar saja jika pendekatan yang dipakai berbeda untuk menyelesaikan satu permasalahan yang sama.

Kesimpulannya adalah setiap orang dapat menginspirasi orang lain, apapun latar belakang akademisnya. Dan itu terjadi di acara Celoteh Guru Genius yang diadakan di Islamic Center Wonosalam kemarin. Mereka sangat antusias ingin berbagi pengalaman seru dan menarik selama melaksanakan pengajaran pendidikan luar sekolah untuk kelompok marjinal, yaitu anak-anak yatim piatu dan dhuafa.

Semoga tulisan ini bisa memberi inspirasi untuk Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

2 thoughts on “Berbagi Inspirasi Lewat Celoteh Guru Genius”

  1. tetaplah semangat menginspirasi negeri! terima kasih sudah mengulas kegiatan yatim mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *