Berpikir Positif, Berani Bertindak Nyata

Sejarah dan Teknik Permainan Olahraga Bolavoli - Gambar pemuda sedang bermain olahraga bola voli
Sejarah dan Teknik Permainan Olahraga Bolavoli – Gambar pemuda sedang bermain olahraga bola voli

Apakah Anda memiliki cita-cita atau sekedar angan-angan? Kalau semua orang ditanya apakah mereka memiliki keinginan untuk berhasil dan sukses dalam hidupnya pasti jawabanya adalah ya. Tapi kalau kita lihat di sekitar kita tidak semua orang berhasil dan sukses dalam kehidupannya. Mungkin sering kita dengar pernyataan bahwa orang miskin makin bertambah miskin dan orang kaya terus bertambah kekayaannya. Lantas, apakah yang membuat mereka berbeda?

Terlepas dari ketetapan Allah yang disebut takdir, orang-orang kaya adalah orang yang memiliki mental sukses dan mewujudkan cita-citanya untuk menjadi orang sukses. Sedangkan orang miskin tidak memiliki sikap pejuang, pasrah kepada keadaan dan hanya bisa berangan-angan untuk menjadi orang yang sukses. Mereka beralasan ini dan itu, masalah modal, sulitnya mencari peluang ataupun berbagai kesulitan lainnya.

Mungkin kita bisa saja berkata bahwa mereka (orang sukses) adalah orang-orang yang mudah mendapatkan modal atau memang sudah keturunan orang kaya. Sepertinya itu adalah alasan yang bagi sebagian orang sifatnya logis dan bisa diterima. Akan tetapi kalau kita pikirkan lebih jauh, hal tersebut sama sekali tidak dapat diterima. Banyak kisah-kisah orang sukses yang dimulai dari tidak memiliki modal sama sekali, pendidikan yang rendah, atau bahkan mereka adalah orang-orang yang memiliki kekurangan fisik, namun mampu menciptakan sukses luar biasa.

Sama seperti halnya Nabi Muhammad yang memulai bisnisnya tanpa modal sama sekali. Benarkah? Apakah modal Muhammad? Dalam buku Kedahsyatan Marketing Muhammad yang ditulis oleh Muammar Nas diceritakan bahwa sukses bisnis Muhammad yang paling menonjol adalah kejujuran untuk meraih kepercayaan sebagai modal mutlak dalam berbisnis. Benar sekali, Nabi Muhammad hanya bermodalkan kepercayaan dalam meraih sukses bisnis dan perniagaan yang dijalaninya.

Jadi, sekali lagi, keterbatasan modal bukanlah alasan yang kuat untuk menghalangi kita menjadi sukses. Bill Gates, pemilik hak paten Microsoft Windows yang merupakan revolusioner dalam bidang IT dan termasuk deretan orang terkaya di dunia tidak menyelesaikan kuliahnya, alias drop out. Dia tidak memiliki gelar sama sekali tapi mampu menciptakan sukses yang tidak dikira orang sebelumnya. Serta masih banyak kisah inspiratif lainnya. Mungkin Anda pernah mendengar kisah sukses seorang pemulung yang hanya memanfaatkan barang-barang rongsokan. Who knows!

Bagaimana dengan profesi seorang blogger? Saya meyakini, blogger pun memiliki peluang sukses besar. Masih banyak niche yang belum dikelola dengan baik, dan keadaan ini menanti tangan-tangan kreatif para blogger dan pebisnis online untuk dikembangkan menjadi satu profesi yang menjanjikan. Mungkin saat ini orang-orang di sekeliling Anda menganggap blogging tak lebih dari kegiatan hura-hura di internet. Bersabarlah kawan. Kalau kita konsisten mengembangkan diri dalam blogging, satu saat mereka akan terperangah oleh pencapaian kita.

Saya teringat ucapan Ippho Santosa bahwa orang kreatif adalah para pemakai otak kanan. Seringkali sikap dan perlakuan mereka dianggap aneh, nyleneh atau bahkan menyimpang dari kebiasaan di masyarakat. Namun justru dari perbedaan tersebut melahirkan identitas baru, cara-cara baru berkarya dan mereka inilah yang kelak akan menjadi pemimpin dalam kebudayaan sebuah bangsa.

Selalu saya yakini, pekerjaan atau profesi seseorang adalah alasan bagi Allah untuk membagi rejeki-Nya kepada manusia. Kan nggak mungkin Dia member sesuatu tanpa alasan yang jelas. Rejeki selalu tidak pernah salah pilih. Selebihnya, manusia harus berusaha mendapat sukses tersebut. Semangat Berjuang!

23 Replies to “Berpikir Positif, Berani Bertindak Nyata”

  1. setuju mas agus, terkadang saya sendiri mendapat sindiran cukup keras dari rekan-rekan yang saya anggap lebih hura-hura dari saya (karena blogger masih minoritas). Apalagi blogger yang berpenghasilan dari internet lebih minoritas lagi. Tapi cukup butuh waktu lebih lama sedikit saja untuk tetap dapat mendulang kesuksesan dari media internet. Jadi saya tetap yakin dan melakukan beberapa inovasi untuk dapat bertahan di dunia blog ini.

  2. “Selalu saya yakini, pekerjaan atau profesi seseorang adalah alasan bagi Allah untuk membagi rejeki-Nya kepada manusia”. Ungkapan ini yang selama ini saya tunggu-tunggu.

    Kadang, kita sering melimpahkan ketidakmampuan untuk menghasilkan sesuatu dengan berkata “agh, belum rejeki”. Padahal bukan rejekinya yang tidak ada, tapi tindakan untuk memperoleh itu yang jauh dari ketentuan.

    Bener ga ya?

  3. Saya jarang mengmentari artikelnya mas agus ini. Tapi sebagai subscriber blog ini, saya setia membaca tulisan2 tulisan mumpuni berkualitas dari seorang Mas Agus.

    Terimakasih mas atas artikel2 di blog ini.

  4. assalamuaaikum saya mau kampenye kan perdamaian dengan lomba menggambar yang nanti nya di upload di alamat ini hxxp://brajapb321.blogspot.com/p/lomba-menggambar.html

  5. saya punya cita2 jadi bisniswoman.. tapi itu seperti sebuah gurauan.. hingga saya punya keberanian untuk melangkah..
    saya butuh motivasi, dan anda memberikan secercah harapan untuk mengubah gurauan itu jadi kenyataan.. trims mas Agus!

  6. After study a few of the blogs in your website now, and I enjoy your own method of running a blog. I saved this to my personal bookmark website itemizing and can end up being looking at once again quickly. Please check out my web page because properly as well as tell me what you believe.

  7. I’ve been exploring for a little bit for any high quality articles or blog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Reading this information So i am happy to convey that I have a very good uncanny feeling I discovered just what I needed. I most certainly will make sure to do not forget this site and give it a look regularly.

  8. Thanks for making the effort to speak about this, Im fervently about this and I appreciate learning this subject. Make sure you, as you acquire information, make sure you revise this website with increased info. Ive found it very useful. There has to be charging stations everywhere.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *