Bukber Bani Karso 2019 Pererat Silaturahmi Anak Cucu Mbah Karso

Buka puasa bersama keluarga besar Bani Karso tahun 2017
Buka puasa bersama keluarga besar Bani Karso tahun 2017

Silaturahmi keluarga tetap harus dilaksanakan oleh anggota keluarga antar generasi. Kerukunan keluarga besar merupakan syarat utama bagi keberlangsungan jalinan persaudaraan antara anggota keluarga. Oleh karena itu setiap keluarga besar sering kali mengadakan kegiatan buka puasa bersama atau bukber pada bulan puasa Ramadan.

Seperti halnya kali ini keluarga besar Bani Karso mengadakan buka puasa bersama pada Minggu, 19 Mei 2019. Alhamdulillah hari ini sebagian besar anak, cucu dan cicit Mbah Karso menghadiri kegiatan buka puasa yang dilaksanakan di kediaman Mbah Karso itu. Ruang tamu dan ruang tengah rumah markas besar Bani Karso tampak ramai oleh canda-tawa anak-anak kecil dan orang dewasa. Keramaian itu berlangsung sejak sore hingga menjelang malam.

Kesibukan di rumah mbah Karso dimulai sejak pagi hari. Tuan rumah telah menyiapkan makanan untuk menu buka puasa bersama kali ini. Kendati demikian sebagian besar anak cucu Mbah Karso yang tinggal di luar rumah induk tetap membawa makanan dan kue-kue kesenangan anak kecil. Anggota keluarga mulai berdatangan ke lokasi kegiatan buka puasa sejak pukul lima sore.

Mereka hadir satu per satu di ruang tamu dan segera membentuk lingkaran untuk mengadakan musyawarah. Kegiatan buka puasa bersama tahun ini terbilang lengkap karena dihadiri oleh sekitar 80 orang anggota keluarga besar Bani Karso. Mereka ikut berinteraksi dalam musyawarah tahunan Bani Karso sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Musyawarah kali ini membahas persiapan halal bihalal Bani Karso 2019. Masing-masing anggota keluarga besar memberikan saran dan usul terkait rencana pelaksanaan kegiatan halal bihalal yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Juni 2019 di Surabaya.

Kegiatan halal bihalal tahun ini cukup menyita perhatian keluarga besar karena akan diadakan di luar kota Jombang. Setiap anggota keluarga berharap kegiatan ini kegiatan halal bihalal akan berlangsung dengan menyenangkan dan lancar. Mereka sedang menyiapkan susunan acara dan kado untuk menyamarkan kegiatan halal bi halal tahunan.

Bedug magrib ditabuh tepat pukul setengah enam petang. Setiap hadirin bersiap untuk menikmati sajian buka puasa. Anak-anak pun tak ketinggalan. Mereka memilih beberapa menu makanan kesukaan anak seperti sosis goreng, ayam goreng dan pentol bakar. Kegiatan makan bersama ini berlangsung selama 15 menit.

Setiap anggota keluarga menikmati hidangan yang disajikan. Setelah melaksanakan buka puasa bersama, masing-masing anggota keluarga bersiap untuk melaksanakan salat Jamaah Maghrib di Masjid Baitussalam. Masjid tersebut terletak 10 m di barat rumah Mbah Karso sehingga mudah dijangkau oleh setiap anggota keluarga.

Keakraban keluarga besar Mbah Karso masih berlanjut. Usai menjalankan salat Jamaah Maghrib, mereka berkumpul kembali di ruang tamu dan membicarakan rencana teknis keberangkatan halal bihalal di Surabaya. Masing-masing anggota keluarga memberikan saran. Tak jarang mereka pun memberikan saran yang cukup lucu dan mengundang tawa bagi siapapun yang mendengarnya.

Beragam karakter keturunan Mbah Karso memberikan warna tersendiri bagi kelangsungan acara buka puasa kali ini. Pada kesempatan hari ini juga telah disepakati beberapa orang petugas halalbihalal yang meliputi petugas pembawa acara, pembaca tilawah, pemimpin doa dan pemberi ceramah untuk kategori anak-anak.

Semoga acara halal bihalal bulan depan di Surabaya bisa berlangsung dengan lancar, penuh kehangatan dan keakraban. Keluarga besar seperti ini yang membuat kita semua untuk selalu merindukan acara pulang kampung dan hadir bersama keluarga tercinta. Bagaimana dengan kebiasaan pulang kampung yang Anda lakukan setiap tahun? Apakah keluarga besar Anda juga memiliki tradisi melaksanakan halal bihalal? Silakan berbagi cerita dan pengalaman di kolom komentar.

3 Replies to “Bukber Bani Karso 2019 Pererat Silaturahmi Anak Cucu Mbah Karso”

  1. Semoga acara buka puasa keluarga bisa menjadi menambah keberkahan hidup bersama. Good luck mas Agus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *