Bulan Syawal Tiba, Musim Nikah dan Kondangan Datang

Indahnya menikmati paket honeymoon di Bali
Indahnya menikmati paket honeymoon di Bali

Bulan Syawal dan bulan Dzulhijjah merupakan waktu yang banyak dipilih oleh para orangtua untuk melaksanakan hajatan besar bagi anak-anak mereka. Jenis hajatan keluarga yang dilaksanakan pada bulan Syawal dan Dzulhijah antara lain pernikahan dan khitanan (sunatan). Memasuki bulan Syawal tahun ini sejumlah undangan pernikahan telah penulis terima. Undangan menghadiri resepsi pernikahan itu dilaksanakan tepat sehari setelah pelaksanaan salat Idul Fitri.

Pelaksanaan hajatan keluarga di bulan Syawal ini tentu saja memberikan pengalaman yang berbeda kepada setiap tamu undangan. Suasana Hari Raya Idul Fitri masih terasa meski sejumlah tenda hajatan pernikahan telah berdiri di depan rumah. Kegiatan halal bihalal bisa sekaligus bercampur dengan kegiatan resepsi pernikahan. Anda bisa bayangkan betapa semaraknya kegiatan ini berbaur dengan masyarakat sekitar lokasi hajatan.

Keuntungan dari pelaksanaan pernikahan dan hajatan khitanan di bulan Syawal adalah sekaligus sebagai ajang halal bihalal keluarga besar yang jarang bertemu selama setahun terakhir. Pihak tuan rumah yang memiliki hajatan pun memiliki motivasi ganda untuk mengundang orang-orang terdekat. Mereka tidak perlu lagi menyebar undangan dua kali untuk menghadirkan orang-orang yang mereka kenal dan mereka sayangi.

Pada kesempatan kali ini pihak yang memiliki hajatan cukup memberi informasi sekali maka seluruh keluarga besar pun berdatangan menghadiri acara hajatan keluarga besar. Undangan untuk hajatan keluarga pun tidak harus dilakukan dengan menyebar selembar kertas. Berkat kecanggihan teknologi komunikasi terkini, undangan hajatan pernikahan cukup dilakukan melalui grup WhatsApp keluarga besar. Hanya dengan mengirim sebuah pesan singkat maka seluruh keluarga akan hadir ke rumah Anda.

Namun satu hal yang perlu dicermati adalah harga-harga kebutuhan pokok cenderung naik pada pelaksanaan hari raya Lebaran yang berbarengan dengan pelaksanaan hajatan keluarga. Tuan rumah yang melaksanakan kegiatan hajatan pernikahan dan sunatan anak pun harus memikirkan ulang jumlah dana yang harus mereka keluarkan untuk membiayai hajatan keluarga.

Harga-harga sembako cenderung naik pada saat lebaran, terkecuali harga daging sapi dan harga daging kambing yang masih murah pada bulan Syawal. Untuk kurun waktu sebulan ke depan mungkin saja harga daging kambing dan daging sapi melonjak naik seiring dengan peningkatan permintaan terhadap hewan kurban.

Adanya resepsi pernikahan di bulan Syawal ini sekaligus menjadi ujian bagi setiap tamu undangan yang masih berstatus lajang. Setiap tamu yang dikenal pasti akan menanyakan kapan anda akan menikah dan memiliki pasangan. Pertanyaan klasik ini pasti terjadi setiap kali hari raya Idul Fitri tiba. Namun anda tidak perlu baper atau main hati ketika mendapatkan pertanyaan itu. Jawab saja waktu pernikahan Anda kalau tidak Sabtu ya Minggu. Dengan demikian anda tidak perlu uring-uringan ketika mendapati pertanyaan jadul yang bikin kesal hati.

6 Replies to “Bulan Syawal Tiba, Musim Nikah dan Kondangan Datang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *