Catatan Akhir Tahun Sang Gubernur

Aktifitas perkuliahan di UNHASY Tebuireng
Aktifitas perkuliahan di UNHASY Tebuireng

Waktu setahun berjalan sangat cepat. Bahkan terlalu cepat untuk mewujudkan mimpi-mimpi besarku di organisasi BEM FE UNHASY Tebuireng. Bermula dari ‘kecelakaan’ sistem organisasi, akhirnya aku terlalu mendalami peran sebagai pemimpin BEM. Dan kini muncul segurat kesedihan di hati. Andai waktu bisa diperlambat, aku ingin menyusun ulang program-program yang gagal terlaksana.

Tapi berkhayal dan mendamba penundaan waktu adalah sebuah kebodohan. Kehidupan akan terus berjalan dengan atau tanpa pernah kita minta. Menatap masa lalu dengan kepala tegak adalah cara menumbuhkan kebanggaan diri. Aku senang pernah menginspirasi ratusan mahasiswa untuk sebuah kaderisasi kepemimpinan organisasi. Aku bangga bisa menjadi Sang Terpilih dalam gelaran perdana pesta demokrasi mahasiswa Fakultas Ekonomi UNHASY Tebuireng.

Meski tak jarang konflik batin ku alami, itu semua adalah konsekuensi logis dari sebuah jabatan. Aku harus memilih antara membangun karir pekerjaan dan memajukan organisasi. Aku tidak menyesal telah meninggalkan karir Staf Keuangan yang kubangun dengan susah-payah selama tiga tahun. Bahkan aku telah menolak tawaran promosi ke Kantor Pusat demi mereka. Itulah pengorbanan terbesar yang harus kubayar untuk berorganisasi.

Konflik peran pun tak kalah menantang kekuatan diri. Telah banyak waktu, tenaga, pikiran, dan biaya terbayar dalam proses ini. Aku mulai melupaka semua itu. Biarlah jerih-payah dan tetes keringat terlukis dalam laporan pertanggungjawaban dan ingatan segenap fungsionaris BEM. Aku belum bisa mengklaim kesuksesan diri. Namun setidaknya saya menjadi orang yang pertama mengawal demokrasi di UNHASY baru. Catatan akhir tahun Sang Gubernur ku akhiri dengan senyum kebanggaan seorang Agus Siswoyo.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *