Cerita Inspirasi: Tetap Bersemangat Dalam Menghadapi Musibah

Pada dasarnya semua manusia mengkhawatirkan dua hal, yaitu kehilangan sesuatu yang disukainya dan tertimpa musibah dalam hidupnya. Dalam artikel kali ini saya akan berbagi cerita inspirasi untuk teman-teman blogger.

Dikisahkan terdapat seorang laki-laki yang kakinya diamputasi karena luka yang diderita. Pria ini awalnya orang yang pintar bergaul, berpengetahuan luas dan olahragawan lari yang telah memenangkan sejumlah medali. Kemudian datang seorang tetangga dan berkata, “Sungguh malang nasibmu. Kedua kakimu harus diamputasi dan tidak bisa lari lagi.” Mendengar ucapan tersebut, pria tersebut hanya tersenyum.

Setelah tetangga tersebut puas berkeluh kesah dan menyatakan sikap turut bersedih, pria yang kini tidak memiliki kaki tersebut berkata, “Segala puji bagi Allah. Kedua kakiku ini telah menemaniku dengan baik selama puluhan tahun dalam keselamatan agama yang diridhoi oleh hati.”

Jawaban tersebut memberi nasihat kepada kita untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kenyataan karena sikap menerima kenyataan merupakan langkah awal mengatasi berbagai bencana. Untuk bisa tetap bersemangat dalam menghadapi musibah, sikap yang pertama kali harus kita miliki adalah menghadapi kenyataan dengan lapang dada.

Ketidakmampuan menerima kenyataan akan menimbulkan stress dan dendam terhadap lingkungan sekitar. Efek paling buruk adalah melakukan tindakan-tindakan destruktif yang merusak diri sendiri dan orang lain di sekitarnya. Tentu kita tidak ingin terjadi demikian. Semoga cerita inspirasi yang singkat ini bisa berguna untuk Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

10 Replies to “Cerita Inspirasi: Tetap Bersemangat Dalam Menghadapi Musibah”

  1. Saya pun terkadang masih kesulitan dalam menerima kenyataan. Tapi setiap hari saya masih berupaya menerima hal-hal negatif yang terjadi pada diri saya. Saya terkadang menjadikannya motivasi untuk terus berkembang menjadi lebih baik.

  2. Saya pernah mengalami kenyataan pahit. Sepeda motor yang saya sayang sayang, hasil jerih payah bertahun tahun untuk mencari uangnya agar menjadi motor, ehhhh, tiba tiba dicuri oleh pencuri. Ketika kejadian saya merasakan tidak percaya dengan apa yang terjadi. Sulit rasanya menerima kenyataan, apalagi ini kejadiannya di sebuah pondok pesantren yang menurut saya mustahil ada pencurian. Tapi itulah kenyataan. Hidup wajib dijalani, tidak boleh mundur. Semoga apa yang terjadi akan menjadi pelajaran untuk lebih teguh di masa mendatang.

  3. Kisah yang luar biasa. Untuk menghadapi musibah memang sangat berat ujiannya. Bila iman kita tidak cukup kuat, hal2 yang lebih buruk bisa terjadi. Iman adalah sebenar-benarnya penjaga untuk menghadapi musibah.

  4. kisah ini mengingatkan saya pada film 127 hours, tentang seorang pendaki gunung yang kehilangan sebelah lengannya akibat kecelakaan di tebing. Tapi kecelakaan ini tidak menjadikannya berhenti menekuni hobinya, malahan dia tetap semangat menjalani hobi yang kemudian menjadi profesinya hingga berkeluarga.

  5. Saya memang terkadang sangat sulit menerima kenyataan pahit yang menimpa kehidupan. Meski tidak sampai melakukan hal-hal destruktif, tapi terkadang emosi yg tidak tidak terbendung akhirnya keluar juga, namun hanya sebatas perkataan saja. Capek dan beban pekerjaan kadang membuat lupa untuk selalu menghargai sesama…

  6. Tetap Bersemangat Dalam Menghadapi Musibah… Insya Allah kita akan tetap bersemangat selama masih diberi kekuatan oleh-Nya. Dan Selalulah bersandar Kepada Allah swt…. karena DIA tidak akan memberi cobaan diluar kemampuan Hambanya.

    Satu yang selalu saya ingat dan insya Allah akan selalu ingat selama masih dikaruniakan ingatan…. yaitu apabila musibah atau masalah sudah memuncak…. berarti jalan keluar sudah dekat.

  7. Alhamdulillah, cuman kaki saya yang diamputasi. saya masih punya tangan.
    Alhamdulillah, cuman kaki dan tangan yang diamputas, saya masih punya kepala.
    Alhamdulillah, kepala saya di amputasi, sekarang saya sudah menjadi hantu 😀

  8. Bagi seorang muslim, musibah merupakan rasa sayang Allah sama kita. Jika kita bersabar atas musibah, maka akan lahir banyak kebaikan. Derajat dia akan semakin tinggi di sisi Allah, dan pasti bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *