GroundHog Day

Groundhog Day, judul yang unik. Saya mengutipnya dari buku Crucial Confrontations. Anda pasti bertanya-tanya apa arti kata tersebut. Groundhog adalah hewan yang hidup di dalam liang bawah tanah. Menurut cerita, kalau hewan ini keluar dari lubang setelah tidur panjang musim dingin dan melihat bayangannya, dia akan tidur kembali. Misalkan pada pagi ini 2 Februari cuaca cerah, itu pertanda bahwa musim dingin masih enam minggu lagi. Kalau hari lagi mendung, itu artinya musim semi akan datang lebih awal. Molor lagi ahhh…

Groundhog day secara kiasan diartikan orang yang hidupnya menghadapi masalah yang muncul berulang kali. Masalahnya sama dan itu-itu saja. Mereka melakukan kesalahan yang berulang dan membahas setiap kesalahan sebagai hal yang baru pertama kali terjadi.

Contoh gampang, sudah tahu kelemahan yang dihadapi adalah masalah penulisan artikel. Mengapa tidak segera mencari solusi. Upgrade kemampauan jawabnya. Misalkan ambil kursus menulis online gratis, banyak membaca buku, googling dan sebagainya. Lalu, kalau kerjaan Anda sebagai adsenser yang berkepentingan dengan SEO, Anda bisa membeli CD panduan menjadi nomor satu dalam pencarian Google. Dan masih banyak contoh lainnya.

Kalau virus groundhog day terjadi kepada Anda, saya yakin hidup Anda tidak akan mengalami banyak perkembangan. Tenaga, waktu dan pikiran Anda (bahkan juga dana) akan tercurahkan untuk mengurusi hal-hal yang sama dan tidak membawa manfaat. Padahal Anda tahu, tantangan kita sebenarnya adalah perlombaan kecepatan alih teknologi dan informasi melawan akselerasi kemampuan diri.

Ayo bangun dari tidur panjang! Tak peduli berapa lama Anda ngeblog, semua mempunyai peluang yang sama untuk sukses mengatasi tantangan hidup dan menjadi sosok yang full of value dan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga lebih-lebih kepada orang di sekitar kita.

Tetap semangat ngeblog!

2 Replies to “GroundHog Day”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *