Karakter Blogging Berdasarkan Air

Sifat dasar air paling tidak ada tiga. Yaitu: tidak mengalahkan, tidak mengalah dan sampai tujuan. Melalui tiga sifat diatas kita dapat menghindarkan diri dari sifat menang-kalah. Mengapa? Karena inilah yang akan membedakan kita dengan pencuri, perampok, penjambret dan pelaku kriminalitas lainnya. Bagi saya, salah satu tujuan ngeblog adalah media aktualisasi diri dan tempat cari kawan. Kalau ada yang menyelipkan tujuan-tujuan lain, silakan dipahami sendiri resikonya.

Sebagaimana sifat dasar air yang keluar dari perangkap menang-kalah, mengutip salah satu pernyataan Gede Prama, kita tidak akan terperangkap dalam keserakahan intelektual. Beberapa waktu lalu saya pernah membahas kerangka dialektris tesis-antitesis-sintesis. Maka pernyataan di atas bukanlah pernyataan mutlak. Bisa jadi wacana akan terus berkembang sesuai dinamika blogging. Dan saya akan senang menyambut warna-warni blogging sebagai bagian dari kebebasan mengeluarkan pendapat.

Karakter Blogging Berdasarkan Air

Kembali lagi ke karakter air tadiโ€ฆ

Air identik dengan kelenturan. Dalam kondisi normal, air tidak pernah memaksa batu, pohon dan benda-benda penghalang lainnya untuk minggir. Sifat lentur tersebut tidak membuat air kalah dibandingkan fenomena lain. Kelenturan ini justru menjadi sumber kekuatan yang luar biasa. Saya jadi ingat ucapan salah satu kawan yang mahir ilmu beladiri. Dikatakan bahwa pada tingkatan yang tinggi, keperkasaan seseorang dalam melawan musuh tidak ditentukan oleh kekakuan, ataupun otot-otot yang tegang, melainkan oleh kelenturan semua unsur-unsur tubuh. Waktu renang juga begitu, semakin kaku gerakan tangan dan kaki, maka kita cenderung cepat lelah.

Kumpulan air bisa berbentuk laut dan sungai. Semua pasti setuju bahwa air laut jumlahnya jauh lebih banyak dari air sungai. Hal ini bisa terjadi karena letak laut berada โ€œdi bawahโ€ sungai. Hal ini seolah mengisyaratkan symbol kekuasaan (berdasarkan jumlah air) sebenarnya tidak terletak pada sikap merendahkan orang lain. Sebaliknya justru harusnya kita yang harus rendah hati dan bersedia membuka sebagian pikiran untuk ide lain.

Karakter Blogging Berdasarkan Air

Selanjutnya, kumpulan air juga bisa berbentuk kolam. Jika kolam dibiarkan tenang tanpa diganggu, ia akan berfungsi sebagai cermin yang nyaris sempurna. Cermin nggak pernah bohong, bukan. Ia adalah perwujudan yang sebenarnya dari karakter seseorang. Kalau gadis A males facial dan wajahnya banyak jerawat, nggak mungkin yang kelihatan di cermin adalah wajah cantik Ryanti Cartwright.

Karakter selanjutnya adalah air bergerak naik secara merata. Contohnya dalam sebuah kolam renang, tidak mungkin air di sudut tenggara naik duluan daripada air di sudut barat laut. Setiap pencapaian pada satu titik selalu diupayakan terdapat keseimbangan terhadap sisi lain pencapaian tersebut. Demikian seterusnya hingga volume air dapat penuh secara merata.

Mungkin kawan-kawan bertanya: memangnya mau pakai prinsip air terus, mirip orang yang lemah tak berdaya dong? Tentu saja tidak. Sifat lentur air berbeda dengan kata pasrah dan mengalah pada kekerasan. Dalam kondisi normal, kelenturan air tidak mengalah maupun mengalahkan. Pohon tidak dipaksa minggir, batu tidak disuruh pergi, namun pada saat yang sama akan mengalir dengan kelenturan. Kecuali jika ada yang menghalangi aliran air, lambat laun akan menciptakan bahaya besar seperti halnya tragedi Situ Gintung tahun lalu.

Semoga terinspirasi. Enjoy blogging, enjoy writing!

59 Replies to “Karakter Blogging Berdasarkan Air”

  1. Air biasa mengalir dari bidang yang lebih tinggi ke bidang yang lebih rendah, Air juga berjalan mengikuti arus yang ada. Sifat mengalah air tidak bisa dikatakan lemah, tapi lebih dari mengalah untuk menang di segala kondisi.

  2. Wah kalo membahas masalah hakekat air saya belum bisa begitu banyak mengomentari.. Banyak sekali sifat2 air yang bisa menggambarkan watak manusia…

    Sifat lentur air memang bersfat fleksibel.. mengalah bukan berarti kalah… Air itu menyejukkan dan memberi kenyaman makhluk disekitarnya untuk bernafas dan sifat suci air bisa untuk mensucikan…

    Thanx inspirasinya mas..

  3. Saya jadi ingat cerita silat yang menceritakan ada orang (pendekar) kebal seperti air. Ditusuk bisa nancap tapi begitu ditarik balik lagi nutup tanpa sedikit pun menimbulkan luka. ๐Ÿ™‚

    Dalam blogging (menulis) keluwesan seperti air itu yang harusnya kita punya agar dalam menyikapi sebuah perbedaan kita tetap lentur seperti air. Bukan begitu, Mas Agus?

  4. katakter air mamang paling luar biasa di antara yang lainnya sayangnya kalo menurut hitungan sih saya kenanya sifat angin hehe angin ribut ๐Ÿ˜€

  5. Lumayan susah ya ambil intisari dari postingan mas agus kali ini.

    Tapi perlu pendalaman berkali-kali akhirnya juga paham ko’.. he..he.. siiip dah mas

  6. betul betul betul mas agus.. harusnya seperti itu.. tp gak mudah juga buat semua blogger bergerak dan bersifat seperti air.. adanya tipikal spt batu hehehe

  7. Tipikal angin dan awan pun ada bang tomi, he..he…

    Tipikal batu = blogger yang keras alias tidak mau dengerin masukan orng lain
    tipikal awan = blogger yang NRIMO, mau mudah dibawa kemana saja alias mudah diprovokasi dalam sebuah ide tulisannya
    tipikal angin = blogger yang g jelas wujudnya, kadang muncul di blogosphare kadang juga ilang tanpa jejak tapi semua membutuhkan ide2nya..

    he…he… (hasil perenungan singkat tu gan)

    Hayooo mau jadi blogger tipikal apa ne?

  8. Saya setuju dengan filosofi menjadi air jika diterapkan dalam ngeblog. Intinya, jadilah seorang narablog yang luwes, baik ketika menulis maupun ketika berinteraksi. Punya idealisme tentunya sangat baik. Namun pada penerapannya tentu harus menyesuaikan dengan kondisi dan perkembangan yang terjadi. Bukan begitu mas Agus?

  9. Wah,….hebat Pak. Memang kalau sudah seperti air, pedang setajam apapun hanya akan lewat begitu saja tanpa bekas.

  10. Yang menarik dari air adalah selalu bisa menyesuaikan dimanapun ditempatkan. Ditaruh di gelas, pasti berbentuk gelas, bukan piring, begitupun sebaliknya. Nah, analogi di atas itu menggambarkan air yang mengalir. Yup, pasti juga menyesuaikan alurnya. Ia akan ikut kemanapun alur membawanya, dan akan fleksibel diatur oleh bangunan2 pengendali, seperti bendung, cekdam, intake irigasi dsb. ๐Ÿ˜€

  11. Itโ€™s arduous to search out knowledgeable individuals on this matter, but you sound like you recognize what youโ€™re speaking about! Thanks

  12. Did eBay suspend your account? I’ve got suspended for absolutely no purpose! I dropped all of my revenue, my business has been online centered. I had to discover a solution. By the end I am again for real.

  13. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. Iโ€™d favor to use some with the content on my blog whether you donโ€™t mind. Natually Iโ€™ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  14. With almost everything that appears to be building within this subject matter, many of your viewpoints happen to be fairly exciting. Even so, I am sorry, but I do not subscribe to your entire strategy, all be it refreshing none the less. It seems to everyone that your commentary are actually not entirely justified and in simple fact you are yourself not wholly convinced of the argument. In any case I did appreciate looking at it.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *