Karena Hidup Harus Terus Berjalan

aku melangkah lagi...
aku melangkah lagi…

Whatever will be, the show must go on. Inilah hidup. Alam tidak mau ambil pusing apakah Anda siap menjelang hari baru atau tidak. Bumi tidak akan mau tahu apakah Anda masih bersedia menjejakkan kaki di atas tanah tidak. Cuaca boleh hujan deras, tapi layar pertunjukan harus tetap terkembang. Terkesan kejam. Namun kekejaman alam bukanlah sebagai penindasan terhadap manusia. Semua ada rahasianya.

Anda pasti pernah mengalami berbagai kekecewaan hidup. Entah kadarnya ringan atau berat. Satu alasan mengapa Anda harus melupakan kegagalan adalah karena hidup Anda tidak akan berubah hanya karena Anda meratapi kesusahan saat ini. Tangisan Anda tidak ada gunanya. Keluh kesah Anda hanya akan menambah beban hidup. Maka tegakkan kepala. Singkirkan segenap awan hitam yang memayungi hidup Anda.

Akan selalu ada halangan untuk melangkah maju. Mungkin saja halangan itu datangnya dari dalam diri Anda sendiri atau dari orang lain. Itu bukan pula sebuah alasan untuk menyalahkan keadaan. Kesulitan Anda saat ini adalah, sadar atau tidak sadar, disebabkan oleh kesalahan Anda di masa lalu. Dan pilihan sikap yang Anda ambil hari ini adalah penentu keadaan Anda di masa mendatang.

Tetaplah berjalan walau mungkin Anda akan disoraki sebagai orang tidak waras. Tetaplah tegakkan kepala walau mungkin Anda tidak mampu menatap teriknya sinar matahari pagi. Setidaknya Anda sudah merasakan hangatnya mentari di awal hari. Dan setidaknya Anda sudah membuktikan bahwa dua kaki Anda masih berfungsi secara normal. Semoga terinspirasi.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Karena Hidup Harus Terus Berjalan”

  1. Menarik, terima kasih atas motivasinya pak.. besok akan terjadi apa, kita tidak tau. Karena semuanya sudah misteri dan kehendak sang ilahi.. Tapi kita sebagai manusia harus bisa melakukan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *