Kasih Sayang Ayah Sepanjang Masa

image

Sangat tidak wajar untuk membicarakan usaha seorang ayah dalam membuktikan kasih sayang kepada keluarganya. Pembahasan kasih sayang keluarga terlanjur melekat pada sosok ibu. Hal itu tidak salah. Kasih ibu memang sepanjang masa. Hanya memberi dan tak harap kembali. Namun kali ini saya ingin menulis sisi lain seorang ayah dalam mendidik anaknya.

Ayah adalah pemimpin dalam pengambilan keputusan keluarga. Ayah juga role model terbaik bagi anak. Fungsi ganda itulah yang memungkinkan interaksi intensif antara ayah dan anak dapat terjalin. Perwujudan kasih sayang tampak dalam perlindungan, pengorbanan dan pengayoman. Tidak ada kasih sayang tanpa pengorbanan. Tidak ada pengorbanan tanpa dilandasi oleh perasaan cinta.

Kalaupun selama ini peran serta kaum bapak tidak begitu terlihat dominan, itu disebabkan karena pria cenderung sedikit bicara namun banyak kerja. Seorang ayah sangat jarang mengungkapkan sayang dalam kata-kata kepada anaknya. Hal ini tentu berbeda dibanding seorang ibu yang dari kodratnya tercipta untuk banyak bicara. Jadi, kendala bahasa dan cara pengungkapan adalah karakteristik khas kasih sayang ayah. Aku tidak bisa selalu memujimu, namun aku selalu menjagamu dengan perlindunganku.

Semoga terinspirasi.

One Reply to “Kasih Sayang Ayah Sepanjang Masa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *