Kesadaran Seringkali Datang Terlambat

Teaveling ke Jogja pakai celana batik & baju koko
Teaveling ke Jogja pakai celana batik & baju koko

Anda tidak akan pernah tahu kapan kehidupan akan memberikan kesadaran kepada Anda. Lingkungan dan pengalaman hidup mampu membimbing Anda mencapai kesadaran pribadi. Bisa jadi kesadaran itu telah muncul sejak diri dalam diri Anda, walau tanpa Anda minta sekalipun. Namun tak jarang, kesadaran hadir di belakang hari saat Anda telah lanjut usia. Kapanpun kehadirannya, sambutlah ia dengan lapang dada.

Kesadaran tertinggi seorang individu adalah saat ia meyakini bahwa dirinya adalah bagian yang tak terpisahkan dari orang-orang yang berada di sekelilingnya. Seperti sebuah gelembung air yang berbaris dalam keteraturan gelombang-gelombang pantai, Anda tidak dapat memisahkan diri dari yang lain. Saat Anda menyadari itu semua, Anda akan berkata sudah terlambat untuk melarikan diri dari masyarakat.

Kesadaran diri tidak hadir dengan sendirinya. Kesadaran itu akan tumbuh seiring dengan banyaknya pengalaman hidup yang telah kita lalui. Mungkin saat ini Anda tidak terlalu terpikirkan untuk memperbaiki kehidupan diri sendiri. Namun lambat-laun anda akan tersadar bahwa memperbaiki masa depan adalah sebuah tujuan sekaligus cita-cita setiap orang.

Menghadirkan kesadaran dalam diri sendiri hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang memiliki nilai keimanan dalam diri yang cukup baik. Orang-orang yang percaya akan keberadaan Tuhan sebagai penguasa hidup akan selalu sadar bahwa tingkah lakunya berada di bawah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa. Sekalipun ia telah berusaha sebaik mungkin, namun pada akhirnya takdir Tuhan juga yang menentukan hasilnya.

Pilihan pasrah ini tidaklah mengurangi kekuatan dari usaha yang anda lakukan. Kesadaran dalam diri untuk terus melakukan perbaikan dalam hidup akan mendorong setiap orang untuk lebih mendalami ajaran agamanya masing-masing. Selain itu, dengan menyadari keberadaan dirinya sebagai bagian dari lingkungan masyarakat maka anda mau tidak mau akan bergaul dan berinteraksi dengan lingkungan sosial tempat tinggal Anda. Inilah bukti bahwa anda dapat memperoleh kesadaran diri sebagai bagian dari masyarakat dunia yang saling tergantung satu sama lain dalam memenuhi Tuhan hidupnya.

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Kesadaran Seringkali Datang Terlambat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *