Kreatifitas Halal Bihalal Bani Karso 2019 Atasi Lahan Sempit Kota Surabaya

Keluarga Besar Bani Karso mengadakan acara halal bihalal dan temu keluarga pada momen perayaan hari raya Idul Fitri tahun ini. Halal bihalal dilaksanakan pada hari ini Sabtu, 8 Juni 2019 di Kota Surabaya. Tuan rumah pelaksanaan halal bihalal tahun ini adalah Haji Ahmad Muryadi. Kediaman beliau berada tak jauh dari Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya.

Kesibukan keluarga besar Bani Karso sudah dimulai sejak dua minggu yang lalu mengingat lokasi kegiatan halal bihalal tidak dilaksanakan di kota Jombang. Sehubungan dengan pelaksanaan halal bihalal di Surabaya maka kebutuhan transportasi sangat penting diperlukan oleh seluruh anggota keluarga besar Bani Karso.

Setiap keluarga telah menyiapkan mobil untuk mengangkut seluruh anggota keluarga besar mereka ke Surabaya. Kesibukan perjalanan ke Surabaya telah dimulai sejak pukul enam pagi. Meski sempat terjadi aksi saling tunggu antar anggota keluarga untuk berangkat bersama ke Surabaya, namun perjalanan ke Surabaya berlangsung dengan lancar dan tanpa hambatan.

Halal Bihalal Bani Karso dalam Perayaan Lebaran Idul Fitri Tahun 2017 di Jombang
Halal Bihalal Bani Karso dalam Perayaan Lebaran Idul Fitri Tahun 2017 di Jombang

Proses perjalanan dari Jombang ke Surabaya berlangsung mulai pukul tujuh hingga pukul sembilan pagi. Acara inti halal bihalal dimulai menjelang pukul 09.30 WIB. Acara halal bihalal Bani Karso 2019 diawali dengan kegiatan doa bersama dan pembacaan ayat-ayat suci Alquran. Untuk sejenak, seluruh anggota keluarga Bani Karso berdoa dengan hikmat di pelataran rumah Haji Ahmad Muryadi.

Lokasi kegiatan halal bihalal termasuk sempit karena berlangsung di gang-gang pemukiman padat penduduk di kota Surabaya. Mau dikatakan apalagi karena mencari lokasi gedung yang representative untuk menampung 90 orang keluarga besar Bani Karso sungguh tidak mudah.

Surabaya adalah kota metropolitan yang memiliki keterbatasan luas lahan. Oleh karena itu pelaksanaan halal bihalal Bani Karso tahun ini pun berlangsung dengan cara mengakali lokasi supaya semua anggota keluarga berkesempatan mengikuti acara dari awal hingga akhir dengan rasa nyaman.

Usai berdoa bersama, seluruh anggota keluarga Bani Karso menikmati sajian makan bersama. Setelah itu semua peserta kegiatan bergeser ke Masjid Rahmat Kembang Kuning untuk melaksanakan shalat Dhuhur berjamaah. Kesejukan masjid mampu meneduhkan jiwa-jiwa yang kepanasan oleh udara Kota Surabaya.

Setelah menjalankan shalat Dhuhur, inilah kesempatan bagi setiap keluarga Bani Karso untuk memanfaatkan aksesoris photo booth yang telah penulis siapkan. Pelataran Masjid Rahmat Kembang Kuning cukup luas untuk menampung seluruh anggota Bani Karso. Keluarga muda dan keluarga dewasa berkumpul. Satu per satu keluarga berfoto bersama. Sementara itu anak-anak tak kalah ceria. Mereka berlarian kesana-kemari di sepanjang teras masjid Rahmat Kembang Kuning.

Usai berfoto bersama, tiba giliran pembagian hadiah dan doorprize. Setiap keluarga menerima kado sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati sebelumnya. Setiap keluarga telah membawa hadiah dari rumah untuk menyemarakkan acara temu kangen dan silaturahim keluarga besar Bani Karso. Kini saatnya belajar ikhlas memberi dan ikhlas menerima apapun isi kadonya.

Acara halal bihalal berakhir menjelang pukul satu siang. Setiap keluarga berpamitan satu persatu untuk melanjutkan aktivitas liburan di Kota Surabaya. Penulis berkesempatan kesempatan melanjutkan liburan dengan berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya bersama beberapa anggota keluarga lain.

Pengalaman halal bihalal di Kota Surabaya ini sungguh sangat berharga. Penulis belajar mengakali keterbatasan luas lahan Kota Surabaya dengan cara menggabungkan seluruh anggota keluarga untuk melaksanakan shalat berjamaah di masjid.

Pelataran masjid Rahmat Kembang Kuning sangat instagramable. Tiang-tiang masjid berdiri kokoh sejak era Sunan Ampel hingga sekarang. Itulah latar belakang photo booth yang sangat unik. Ditambah lagi dengan beberapa caption yang lucu dan menarik maka halal bihalal tahun ini terbilang cukup kreatif. Sampai jumpa di acara halal bihalal Bani Karso tahun depan. Semoga persaudaraan dan kekerabatan setiap anggota semakin bertambah dari waktu ke waktu.

6 Replies to “Kreatifitas Halal Bihalal Bani Karso 2019 Atasi Lahan Sempit Kota Surabaya”

  1. Surabaya, oh Surabaya…
    Tempat sempit kok masih ditinggali manusia. Lebih baik pulang kampung ke desa cuym..
    masih banyak lahan luas untuk ditinggali.

  2. Itulah orang Indonesi. prinsip hidupnya adlh Makan Gak Makan Asal Kumpul. walaupun tempatnya sempit tapi tetap menjadi tujuan dari ke berbagai kegiatan keluarga.

  3. Salut utk panpel yg udah bikin acara ini. Pasti tidak mdh kendalikan 100 orang dewasa dan anak2. Good luck utk next Hbh.

  4. Semoga orang-orang yang menjalin tali silaturahim diberikan tambahan rezeki dan diperpanjang umurnya hidup di dunia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *