Membangun Identitas Blog, Membangun Prestasi Diri

Identitas dalam arti sempit dapat berupa nama, logo, warna atau semua hal yang dapat menjadi lambang seseorang atau organisasi. Meski hanya sebuah logo, makna suatu identitas sangat besar artinya bagi pemilik identitas tersebut.

Dalam kehidupan nyata bisa kita temui identitas perusahaan yang memiliki nilai tinggi. Misalnya minuman Coca Cola yang punya brand bagus sebagai minuman cola yang enak dan berkualitas. Lalu ada partai politik yang memiliki identitas unik berupa warna dan logo. Identitas partai bisa menimbulkan kebanggan bagi anggota dan simpatisan partai sehingga kalau ada yang tidak memperlakukan dengan baik maka akan mengakibatkan kemarahan pemilik identitas.

Lalu, apakah hubungan identitas dengan pencapaian prestasi seseorang? Franz Dirgantoro dalam buku Manage Your Career menyatakan kedua hal tersebut saling berkaitan satu sama lain. Sangat aneh kalau ada karyawan yang tidak bangga terhadap perusahaan dimana dia bekerja sementara tiap tahun minta naik gaji. Analogi yang dipakai Franz adalah apa yang terjadi kalau kita sekolah di tempat yang tidak membangggakan? Apakah kita tetap bisa bersemangat sementara jauh di pikiran bawah sadar kita tidak bisa menerima kenyataan tersebut.

Photo Jonas Sulzbach on Mr World 2010 Pageant Korea
Photo Jonas Sulzbach on Mr World 2010 Pageant Korea

Apakah Identitas Blog Anda?

Sebelum saya menulis terlalu jauh, mungkin sebagian teman-teman justru merasa belum memiliki identitas blog. Tidak usah bingung, tidak perlu pusing. Tanpa Anda minta pun sebenarnya pergaulan dunia blogging sudah memberikan label atau identitas terhadap blog yang Anda miliki. Misalnya blog si A paling asyik bahas internet marketing, blog si B paling jago bahas dunia kartun sosial network, sedangkan blog si C isinya guyon melulu nggak ada ilmunya, dan lain-lain

Selain label baik, identitas juga bisa berkonotasi tidak baik. Misalnya blog si D kebiasaannya bikin pusing pembaca dengan pemilihan bahasa ngeblog yang puitis dan berbunga-bunga, si E suka bikin ilfill pengunjung karena penjabaran artikel yang panjaaaaang dan lebaaaar. Hal-hal tersebut tanpa diminta telah Anda miliki. Suka nggak suka Anda akan harus siap menerimanya.

Membangun Identitas Blog, Membangun Prestasi Diri
Membangun Identitas Blog, Membangun Prestasi Diri

Kaitan Antara Identitas dan Prestasi

Kebanggaan terhadap identitas diri bisa mengatrol prestasi dalam hidup. Percayakah Anda dengan kalimat tersebut? Pengalaman saya waktu masih kerja kantoran dan mengelola beberapa SDM di bidang franchise membuktikan bahwa karyawan yang bekerja di tempat yang tidak mereka banggakan pasti produktifitasnya akan rendah. Selain itu, motivasi dan semangat kerjanya juga akan rendah dan hasilnya akan merugikan keduanya, baik pihak perusahaan maupun karyawannya sendiri.

Kalau kita balikkan lagi ke dunia blogging, apa yang terjadi kalau Anda tidak bangga terhadap identitas blog sendiri? Mungkin yang terjadi adalah terlalu asyik main di blog tetangga sampai lupa update blog sendiri. Karena asyik memuji kehebatan blog sebelah sampai lupa membangun potensi dan kompetensi diri. Jika ini yang terjadi, Anda perlu mawas diri. Ada baiknya Anda harus memperbaharui cara pandang terhadap blog sendiri, bahkan kalau perlu diubah total.

Identitas memang kelihatan hanya sekedar lambang, logo, warna atau kesan tertentu, namun dibaliknya memiliki arti yang lebih besar dari sekedar komponen-komponen tersebut. Di dalam identitas tersirat banyak arti, misalnya misi, visi, nilai-nilai yang dianut, dan karakter diri secara umum. Semuanya tentu saja melambangkan kualitas pemilik identitas. Kebanggaan terhadap sebuah identitas sangat mempengaruhi motivasi diri. Ujung-ujungnya Anda akan terpacu untuk menghasilkan prestasi lebih banyak dan lebih baik.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah menemukan identitas diri dalam blogging? Jika belum, let’s create it!

55 Replies to “Membangun Identitas Blog, Membangun Prestasi Diri”

  1. Branding baik di dalam blog maupun dunia nyata amatlah penting untuk lebih mengenalkan siapa diri kita sebenarnya ataupun apa saja kelebihan dan nilai lebih kita dibandingkan orang lain yang membahas tema serupa… Namun menurut saya kalau memang merasa belum menemukan identitas blog (seperti saya salah satu contohnya) nanti akan menemukan sendiri seiring sejalan, yang penting tetep consist dalam mempertahnkan semangat negblog…
    Terima kasih pencerahannya mas Agus…

  2. wah saya mungkin sama dengan mas Jamal… gado-gadonya Jepang hahaha.
    “Sense of belonging” itu memang penting sekali, dalam segala hal.

  3. wah kayaknya saya masih belum menemukan identitas blog ku deh mas
    saya hanya menulis apa yang mau saya nulis.

    persoalan branding pun saya tak kepikiran
    soalnya saya merasa asyik saja seperti ini.
    heheehe,,

    salam mas

  4. sama dengan mas Jamal & mbak Imelda, blog saya tidak spesifik amat…. dan yg seperti itu pun rasanya masih sejalan dg saran mas Agus : untuk mencoba dan salah dari pada enggak mencoba sama sekali. Tapi I love my blog sangadh, meski masih direpotkan urusan offline yg kurang berkenan di hati tapi ‘harus’ dijalani…. good day for all…:D

  5. Saya belum punya identitas untuk blog saya pak Agus…inginnya sih jadi salah satu sumber pelajaran bagi pemula…tapi saya sendiri masih belajar/cari2 ilmu. Mau copy dari orang lain…katanya skam. harus bagaimana pak ya?

  6. Alhamdulillah…. identitas blog saya sudah mulai terbangun seiring kematangan menjadi blogger. Saya punya identitas desainer graphic untuk blog saya. dengan bendera blog Bantugrafis.Com
    Mas agus bagaimana yah kalau identitas kita itu gampang berubah-ubah, apa pengaruhnya?

  7. klo identitas saya terlihat di blog πŸ˜€
    blognya campur sari krna mlas ngelola byk2 hahaha…
    jgn lupa mampir ke eMingko Blog

  8. Saya kok kurang memperhatikan ya tentang identitas sebuah blog apalagi jika dikaitkan dengan kepribadian pemilik blog. Kalau isi artikel mungkin bisa dijadikan ukuran kepribadian seseorang. Kalau hanya tampilan blog menurut saya tidak semuanya benar menunjukkan kepribadian pemilik blog

  9. Blogku masih mencari identitas. Masih belum tahu aku lebih bagus nulis di bidang apa. Wong sekarang juga masih caplok sana caplok sini. SEmoga nanti akan menemukan jatidiri untuk blogku. Makasih mas Agus.

  10. identitas memang satu hal yang penting untuk dibangun dalam bisnis internet. pembaca juga makin jeli dalam memberi label bagi blogger lain. nice post.

  11. In the world today, there are two distinct groups of people, those who understand the power of personal branding and apply it to all facets of their lives, and those who aren’t even aware of it’s existence as a force impacting on their lives on a minute by minute level.

  12. So what is this phenomenon of personal branding? is it real? or another of the plethora of modern clichΓ©s stolen from the marketing world and adapted to other uses. At Synergy, we tend to see personal branding as being real, only in as much as a brand in its commercial sense, is an entity with unique positioning in the mind of the consumer, so a person is much the same.

  13. Think of anyone you know and write down the tangible attributes that make that person unique to you and distinctly separate to the other people you know. Just as a brand, such as Coke or Persil may have a physical size, colour and weight, so there are the human equivalent visible attributes, clothing hair colour, height and build etc…

  14. I need to say, as very much as I enjoyed reading what you had to express, I couldnt support but lose interest following a while. Its as should you had a good grasp on the subject matter matter, but you forgot to include your readers. Perhaps you should think about this from more than one angle. Or perhaps you shouldnt generalise so much. Its far better if you take into consideration what others may have to say rather than just going for the gut reaction for the theme. Consider adjusting your own thought procedure and giving other people who may study this the benefit of the doubt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *