Membangun Percaya Diri Dengan Otosugesti

Istilah otosugesti berasal dari dua suku kata. Yaitu oto yang berarti sendiri dan sugesti yang berarti saran. Jadi otosugesti secara sederhana berarti saran-saran dari dan kepada diri sendiri. Inilah salah satu bentuk mengaktifkan energi internal seorang blogger. Kita sendiri yang membangun semangat dan motivasi diri.

Ada satu cerita klasik yang berkembang dari penerbitan berbagai artikel surat kabar, buku dan majalah. Petinju legendaris Mohamad Ali setiap mau naik ring sebelum pertandingan dimulai selalu melakukan otosugesti dengan cara berteriak-teriak: “I am the champion” atau “I am the greatest!”

Walau karena teriakan-teriakannya itu Ali dijuluki “Si Mulut Besar”, sesungguhnya dengan teriakan-teriakan itu Ali sedang melakukan otosugesti untuk membangun rasa percaya diri, motivasi dan energi. Dan bisa kita lihat hasilnya. Dia berhasil mencatatkan diri dalam sejarah olahraga tinju sebagai peraih medali emas Olimpiade Roma yang ditakuti banyak lawan.

Membangun Percaya Diri Dengan Otosugesti 2

Otosugesti dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bagi kebanyakan orang kegiatan ini melibatkan seluruh aspek fisik, mental, emosi dan rohani. Hal ini merupakan cara yang efektif dengan hasil yang cepat seperti yang dilakukan oleh Mohamad Ali di atas ring tinju. Bagi seorang penulis artikel, otosugesti juga bisa memacu produktifitas diri. Kalau pikiran bawah sadar kita yakin berkata bisa, tanpa sadar secara fisik kita akan dituntun untuk bisa melakukan hal-hal yang mungkin sebelumnya kita anggap mustahil.

Otosugesti dapat dilakukan dengan banyak cara. Misalnya diam, membaca, melihat gambar, bahkan juga berdoa.ย Otosugesti dengan cara berdoa hanya akan benar-benar efektif apabila Anda benar-benar yakin. Untuk itu terlebih dahulu ciptakan suasana yang mendukung. Misalnya dalam keheningan, dengan diam. Pejamkan kedua mata Anda dan berdoalah dengan penuh rasa penyerahan diri. Yakinlah bahwa walau mata belum pernah melihat, walau telinga belum pernah mendengar, walau pikiran belum pernah mengalami, bila Tuhan berkenan, apapun Anda bisa.

Semangat Berjuang!

Bagikan artikel ini melalui:

23 Replies to “Membangun Percaya Diri Dengan Otosugesti”

  1. udah pernah coba ngefek banget mas. bahkan pernah nyoba dari otosugesti lagi happy ke badmood, wuih, perubahannya cepet, cuma butuh diam duduk dan otosugesti. haha, malah jadi bingung sendiri temen2 kok sayanya jadi gak karuan sikapnya. hahaha.

  2. Bagus sekali, terutama ketika otosugesti dihubungkan dengan rabb, al-khaliq al-mudabbir. Saya, alhamdulillah, juga terus melakukan hal ini, baik dalam keseharian maupun otosugesti untuk meraih cita-cita besar saya.

  3. Otosugesti ini pas banget kalau dicoba waktu tidur malam, apalagi kalau seminggu lagi ada ujian misalnya. Otosugesti bisa dilakukan berulang2 sebelum tidur, setiap hari ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *