Bagaimana Cara Menaikkan Standard Pencapaian Target Sukses?

Review Jurnal Manajemen Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Hotel di Malaysia
Review Jurnal Manajemen Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Hotel di Malaysia

Beberapa hari belakangan ini saya disibukkan dengan aktivitas menjadi penulis tamu di beberapa super blog. Ada kepuasan dan kesenangan yang tidak saya dapat di tempat lain. Walau masih numpang ngetob, serasa di rumah sendiri saat membalas komentar-komentar yang muncul.

Di awal-awal ngeblog, saya cuma bisa menjadi penonton yang ngiler melihat silau pesona blog tersebut. Siapa sangka saat ini saya sudah bisa memberi warna dalam sejarah penulisan mereka.

Lalu, setelah ini mau berbuat apa lagi? Apakah pencapaian ini sudah cukup? Tentu saja tidak!

Ibarat orang yang sedang naik tangga, ini baru anak tangga pertama. Dan saatnya menaikkan sasaran pencapaian yang lebih tinggi. Jhon Wooden mengatakan:

Jangan mengukur dirimu dengan apa yang telah kamu selesaikan. Tapi ukurlah dengan apa yang seharusnya kamu lakukan dengan kemampuanmu.

Sasaran yang tidak pernah kita naikkan, akan cenderung membuat kita berpikir statis. Otak menjadi mandeg. Dan kalau sudah begini langkah yang kita lakukan hanya jalan di tempat. Tiap hari hanya menulis artikel dan menunggu komentar datang, tanpa pernah membuat konsep kemajuan diri.

Sudah seharusnya kita memanfaatkan seratus persen kemamuan yang dimiliki. Lihat contoh nyata para milyarder dunia. Bill Gates yang sudah kaya raya dengan Microsoft masih tetap antusias mengembangkan inovasi terbaru. Begitu juga dengan JK Rowling yang sukses menulis serial Harry Potter masih memiliki obsesi lebih besar untuk menghasilkan karya-karya bermutu.

Lalu dimana posisi kita? Apakah sudah puas hanya menjadi penikmat karya orang lain? Tidakkah kita ingin menjadi bagian dari kisah sukses tersebut?

Setiap hari terlahir kompetitor-kompetitor baru yang siap merangsek masuk dalam wilayah kesuksesan Anda. Kalau tidak siap dengan gebrakan, maka peran Anda akan digantikan oleh ada orang lain yang lebih siap segalanya.

Naikkan Standard Pencapaian Secara Bertahap

Tidak ada angka 9 sebelum tercipta angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Begitupun dalam langkah upgrade kemampuan. Lakukan secara bertahap dan terukur. Proses ini membutuhkan waktu. Lama waktu tersebut tidak ditentukan orang lain. Tetapi kita sebagai pelaku utama yang menentukan lama tidaknya sampai ke jenjang yang ingin dicapai.

Ada pengalaman unik yang saya alami. Saya memulai karier ngeblog bersamaan dengan salah seorang teman akrab. Dulu, saat masih aktif di blogspot dia terlihat lebih sukses daripada saya. Bisa update artikel tiap hari, mendapat limpahan traffic dan komentar yang tiada henti membanjiri tulisannya.

Sedangkan saya, menulis artikel saja jarang, komentar seret, kena bata big tiap hari. Duh, segala derita blogger kumpul jadi satu dah. Namun saya tersadar, saya telah salah memilih mindset. Saya tidak punya standard sukses yang berkelanjutan.

Maka, segera saya merancang peta jalan sukses buatan sendiri. Mulai dari pindah ke domain berbayar, membeli panduan WordPress, aktif promosi blog dan pantang malu menunjukkan karya sendiri.

Dan hasilnya, teman saya tersebut masih setia dengan blogspotnya dengan komentar tetap sejumlah hitungan jari tangan. Sedangkan saya sudah bisa mencicipi persaingan blogosphere dalam level yang lebih tinggi.

Nah, bola panas ada di tangan Anda. Mau dimanfaatkan untuk kesuksesan Anda, atau justru dioper ke orang lain?

106 Replies to “Bagaimana Cara Menaikkan Standard Pencapaian Target Sukses?”

      1. Wajar saja mas. Bank Mandiri adalah bank dengan asset terbesar di Indonesia. mereka tentu memiliki tim marketing pilihan yang siap all out berkarya.

  1. Life is a challenge. Kalau sdh 1 goal tercapai, naikkan lbh tinggi lagi. Makin tinggi target makin gede masalah, tapi justru dgn cr spt itu kita berkembang mnjd lbh baik lagi.

    1. Anda benar, mas. Kesuksesan memang sebanding dengan tingkat masalah. Makin kompleks masalah yang di hadapi, makin nyata ujian kualitas yang sebenarnya.

      :cendol

  2. mantaps! artikelnya yahud mas..
    genderang motivasi semakin kencang. saya suka artikelnya mas

    *sudaah di modif yah temanya? “motivasi blogging” nih?

  3. mav ne mas kalo pertanyaannya ngelantur, saya hendak menanyakan tentang domain. kan pertma kali ngeblog mas agus pake blogspot. apakah mas ketika membeli domain menginstal blogspot tersebut?atau memulai lagi dari awal?

  4. Salam super-

    Salam hangat dari pulau Bali-

    terus berjuang mas,,,,,,

    semangat……….

    sukses untuk Anda……

  5. Wah, ganti theme baru nih. Tapi kalo boleh saran, coba ukuran font-nya degedein dikit mas. Jenis font juga pake Verdana aja, ukuran 14 px lebih nyaman. Edit aja lewat style CSS.

    Soal menaikkan standar , saya setuju banget. Namun setiap orang tentunya punya parameter berbeda yach. Dalam kaitan dengan keberhasilan sebuah blog, selain jumlah komentar, trafik harian juga penting diperhatikan. Bukan cuma berkutat pada menaikkkan jumlah komentar.

    Sebab buat blog yg lebih membidik pengunjung dari mesin pencari kayaknya nggak perlu musingin jumlah komentar deh 🙂

    1. Terima kasih sarannya mas…

      Langkah pertama adalah menaikkan jumlah pengunjung per hari.

      Langkah berikutnya siap-siap panen dollar.

      Hahaha…

      :hotrit

  6. kayaknya bisa juga jadi makin eksis, gara-gara pindah ke domain dan hosting berbayar, campur beli panduan tuch !!!!

    dengan keluar uang, lebih jadi bertanggung jawab terhadap apa yang kita

    pilih !!!

    mataph mas artikelnya !!!!

    oia, temennya yang di blogspot, apa nama blognya mas ???

    1. Ya, dengan keluar duit, kita dituntut untuk bisa 'balik modal' kalau nggak mau rugi tiap bulan.

      Nama blog teman saya, rahasia dong…

      :siul

  7. jangan biarkan diri kita pada status quo… harus ada pengembangan dari hari ke hari.

    BTW, layoutnya kok berubah-ubah, mas? Pusing aku??? :bingung

  8. Saya setuju sekali dengan mindsetnya mas….

    Dan yang terpenting adalah bagaimana membuat mindset blogger yang benar agar kita sebagai blogger tidak hancur

  9. seandainya banyak internet user yang tahu tentang betapa dahsyatnya efek blogging terhadap motivasi diri, mungkin makin banyak orang yang terjun ke dunia blogging dan menikmati sensasinya menjadi seorang blogger…

    Artikelnya inspiratif mas….

    Salam Kreatif,

    Octa Dwinanda

        1. Bukan hanya pernah, tapi sering mas. Mindset yang terbentuk sejak jaman penjajahan Belanda tidak bisa hilang begitu saja.

          Bahkan sebagian kyai di lingkungan tempat tinggal saya berpikir ekstrim dengan mengharamkan internet. Duh, monitor komputer kok disalahkan. Bukannya memperbaiki pola pikir, malah nge-cut informasi yang bisa berguna dalam dakwah Islam.

  10. salah satu ciri kemajuan adalah selalu menaikkan standar pencapaian.Jjangan lupa juga arah naiknya udah tepat belum ke mimpi besar yg ingin di raih, biar gak muterr-muter. Cara membreakdown mimpi gaya mas AM kayaknya bisa dipertimbangkan.

  11. sepakat mas…

    zona aman adalah pohon rendah dengan angin sepoi2 yang me-nina-bobok-kan kita hingga kita terjatuh sebelum tersadar.

    beda dengan pohon ambisi yang menjulan tiada batas. kadang terlihat sulit ketika menoleh keatas. tapi dalam perjalan kita sadar cuman ada usaha, dan ketekunan, dan kita akan sampai puncak sebelum kita sadar…. :hotrit

    lanjutkan mas….

      1. 😀

        btw, yang tempo hari saya mau jadi guest blogger disini gimana caranya tu mas 😀

        udah ada ni 2-3 biji tulisan mas. hehe…

        1. Silakan register di bagian Meta blog ini. Letaknya di samping kanan bawah lay out blog.

          Saya tunggu tulisannya.

          :rate

  12. yup.. setuju banget bang, menaikan standar itu perlu.. kalo tidak, ya cuman berhenti di situ-situ saja.. nice post.. ^^

    btw, di tempatku ada kompetisi artikel nih, simak infonya di http://www.ceritainspirasi.net/anti-korupsi-blogp ; artikel pemenang akan diterbitkan, sebuah kehormatan bagi kami jika mas Agus bisa mengikuti kompetisi ini.. tak tunggu yah.. ^^

  13. ini theme paling mantebb :cendol mas..jangan berubah lagi mas..kalaupun berubah jangan terlalu dekat waktunya.. :cendol

  14. hemmm.. untuk meraih sebuah pencapaian itu tidak terbatas tapi apakah kita bisa mencapai semua yang kita cita-citakant tersebut.. satu-satunya cara adalah berusaha…. artikel mantap mas…. themenya bagus nih.. ini aja mas pake… :cendol

    1. Dik Arief masih SMP sudah begitu bersemangat nih. Salut…!

      :cendol

      Themes ini saya pikir juga cocok dengan topik ini.

      1. tapi koq kalo mau balas komentar harus loading lg ga langsung muncul formnya gitu.. hehehehe udah install plugin thread comment blm mas ? :alay

  15. Bola Panasnya untuk mas agus saja, daripada saya kepanasan.

    Standar pencapaian setiap individu berbeda, tapi mempunyai muara yang sama, yaitu pengen sukses. iya gak?

  16. Mas, jarak spasi antar paragrafnya masih kurang renggang tuh. kayaknya bawaan theme ini deh. Saya kurang tau juga ngedit kode CSS-nya di bagian mana :cd :cd

  17. kita jangan malu dalam menunjukkan karya kita. yg penting pintar2 mencari peluang dan berusaha keras, karena persaingan sekarang sangat ketat dan ini berlaku dalam semua hal..thanx sharenya mas

    1. Ya, hanya perlu jadi diri sendiri. Dan nggak malu tunjukkan kemampuan. Meski awal-awalnya sedikit minder, lama-lama akan terkikis oleh besarnya semangat yang terbentuk.

    1. Wah, yang tiap hari jalur luar kota rek, masih sempat mampir. Kapan hari itu saya telpon mas Udin dan yang angkat isteri mas Udin.

      Tetap semangat juga buat mas Udin.

      :cendolbig

  18. Wah ganti themes nih Mas Agus, keknya ini ada kaitannya dengan artikelnya nih, dalam rangka menaikkan standar pencapaian nih….

    okelah kalo begito…selamat Mas.

  19. theme nya udah SUPER banget neh.. jangan diganti lagi yah… this is my fav.

    berarti standard pencapaian tampilan theme sudah gol!

    sukses ya mas :sup2:

  20. Salam super-

    salam hangat dari pulau Bali-

    mantabbbbbb mas,,

    saya jadi tambah semangat neeh…

    memang tidak ada angka 9 tanpa melalui angka 1,2,3 ya ???/

  21. "Sudah seharusnya kita memanfaatkan seratus persen kemamuan yang dimiliki". Saya suka kalimat ini ms Agus. Memang bisa jadi potensi kita lebih besar dari apa yang telah kita lakukan selama ini :cendol

    Tentang themesnya baru ya ms, sebab kemarin main2 kesini nggak sebagus ini. Sip mas :rate

    1. Seperti tagline iklan minuman: Be 100% !

      Mengeksplor kemampuan diri wajib dilakukan. Tuhan menjadikan manusia sebagai manusia paling sempurna dengan dibekali berbagai keunggulan. Eman-eman kalau nggak dipakai.

      Themes ini hanya sementara kok. Sudah saya siapkan yang lebih fresh.

      Hehehe…

      :cendol

  22. benar mas, saya mengalaminya sendiri, saya dulu berkawan dengan seorang blogger yang jauh lebih duluan dari pada saya, saya banyak belajar dengan beliau, tapi akhirnya minat dan kemauan yang menentukan, saya fokus ke blog walaupun harus jatuh bangun, tapi itulah seninya. blog bagaikan istri kedua. tempat saya curhat jika saya marah, tempat menuangkan ide

    1. Lalu, bagaimana dengan perkembangan blog teman Anda mas? Masih bertahan di blogspot atau sudah beralih ke berbayar?

  23. Ibarat menaiki sebuah tangga, begitupun proses yang harus dilalui dalam meningkatkan kemampuan yang lebih tinggi. dan seperti contoh yang digambarkan mas agus, memang ada harga yang harus dibayar untuk mewujudkannnya…

    dan yang perlu diperhatikan pada saat kita sudah mencapai tingkat yang lebih tinggi, maka alangkah bijak jika menerapkan ilmu padi…semakin berisi semakin merunduk..semoga.

    Artikel yang bagus mas…

    1. Itulah kekhawatiran saya, mas. Terlalu terobsesi dengan kesuksesan malah lupa sama teman-teman yang ikut mendorong langkah ini. Semoga saya masih bisa menunduk seperti padi.

      Terima kasih mas Tri sudah mengingatkan.

      :rate

  24. Thanks Mas Agus Siswoyo atas komentar di blog ku, perlu banyak belajar lagi nih cara menulis di blog biar bisa bagi ilmu bagi teman-teman blogger. Oya..kasih saran yang bisa membantu penulisan di blog ku agar lebih nyaman di baca orang dan mesin pencari.
    Salam kenal

    1. Start ngeblog di wordpress sudah bagus mas. Gaya penulisannya juga enak dibaca dan mudah dipahami.

      Kalau mau lebih serius lagi, saya sarankan beli domain sendiri dan hosting berbayar. Ada banyak kelebihannya daripada yang gratisan.

      :hotrit

  25. saya setuju dengan anda mas agus,kita harus mengupgrade kemampuan yang kita miiki ini untuk terus bersaing dengan para kompetitor kita.Saat kemampuan yang kita miliki ini naik daripada sebelumnya,hal ini akan mempermudah kita dalam menjalakan suatu aktivitas atau menyelesaikan masalah yang kita hadapi ini.

    1. @Cara Dapat Uang, Hanya saja, perlu dicermati seberapa cepat langkah yang kita ambil dibanding para kompetiitor. Jangan sampai kita baru 1 langkah ke depan, sementara yang lain sudah 3 langkah melesat meninggalkan kita.

    1. @erick, Mungkin di awal-awalnya kita merasa minder atau rendah diri. Itu hal yang biasa. Kalau ditelateni pasti bisa menunjukkan the best we can.

  26. I really like when people are truthfully expressing their thoughts on things. So I really enjoy your writing style

  27. We’re a great deal of volunteers and then setting up a whole new program inside our neighbourhood. Your internet online site provided us invaluable information and facts to assist you to pictures for. You’ve performed an outstanding task and also my entirely local community may just be thrilled to you personally.

  28. Valuable details and exceptional design you got here! I would like to thank you for sharing your thoughts and time into the stuff you post!! Thumbs up!

  29. I simply want to tell you that I’m newbie to weblog and definitely savored you’re web site. Very likely I’m likely to bookmark your blog post . You definitely have impressive posts. With thanks for sharing with us your website.

  30. This website online can be a stroll-by means of for all of the information you wished about this and didn’t know who to ask. Glimpse right here, and you’ll undoubtedly uncover it.

  31. What I have generally told persons is that while looking for a good on the net electronics retail store, there are a few components that you have to consider. First and foremost, you want to make sure to choose a reputable and also reliable shop that has enjoyed great opinions and rankings from other individuals and market sector people. This will make certain you are getting along with a well-known store to provide good services and help to its patrons. Many thanks for sharing your thinking on this blog site.

  32. Attractive section of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to assert that I get in fact enjoyed account your blog posts. Any way I will be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently rapidly.

  33. Wow that was unusual. I just wrote an very long comment but after I clicked submit my comment didn’t appear. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyways, just wanted to say superb blog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *