Mencari Sisa-sisa Motivasi Dalam Blogging

Setiap blogger mempunyai impian dibidangnya masing-masing, entah sebagai blogger murni maupun untuk tujuan monetasi. Namun kenyataannya kebanyakan blogger (meski bukan semuanya) malah bikin salah langkah. Membaca buku tidak pernah, mendekatkan diri dengan komunitas blogger juga tidak pernah. Tidak satupun blogger yang didatangi, meski hanya sekedar say hello dan berbagi info aktifitas terbaru. Lebih-lebih dia juga tidak pernah mencoba untuk menulis, menulis dan menulis. Maka itu namanya hanya melamun atau sekedar mimpi di siang bolong.

Ibaratnya nih, Anda bermimpi ingin menjadi pemilik bengkel mobil terbesar, tapi sama sekali tidak tahu persoalan mobil. Juga tidak pernah berhubungan dengan orang-orang yang berkiprah di dunia mobil. Itu sama saja dengan menggenggam angin. Mungkin Anda bisa merekrut para sarjana dan kaum ahli, tapi itu bukan jaminan Anda nanti nggak dibohongi sama mereka.

motivasi diri dalam blogging dan mencapai impian

Lihatlah sejarah orang-orang besar (besar dalam arti memiliki kontribusi buat orang banyak, bukan besar secara fisik). Lihat pula bagaimana mereka meraih mimpi. Lihat bagaimana mereka mengejar impian-impian itu. Lihat juga betapa yakin mereka atas impian-impian tersebut dan betapa teguh mereka di jalan yang telah mereka bentangkan sendiri. Hingga mereka benar-benar mampu untuk meraihnya. Bahkan untuk mewujudkan impian itu tak jarang diantara mereka ada yang siap mati di medan perang.

(Sebagai blogger, kayaknya berlebihan sekali kalau saya tulis mati di medan perang. Medan perang apaan, lha kerjanya cuma duduk di depan laptop. Itupun bisa dilakukan dimana saja, sambil dugem ajeg-ajeg juga bisa. Kalaupun ada resiko kematian, itupun paling-paling kesetrum aliran listrik dari kabel telanjang. Hahaha)

Kalau ngomongin dunia mimpi, pasti kita nggak akan lupa dengan siluman mimpi (Ups! bukan filem Kera Sakti loh). Maksud saya, kita nggak akan melepas kata optimis dan motivasi diri. Biarin, meski sudah berkali-kali saya menuliskan kata-kata ini, artikel kali ini tetap harus Β bahas motivasi diri.

motivasi diri dalam blogging dan mencapai impian

Dengan rasa optimisme yang tinggi kita akan tetap termotivasi dan cemerlang dalam memanfaatkan setiap kesempatan yang ada. Kesempatan ini bukan berarti nggak mengandung resiko. Resiko disini bukanlah kendala yang besar. Orang-orang yang berpikir secara negatif akan menganggap resiko sama dengan bahaya. Sebaliknya yang berpikir positif menganggap resiko sebagai rejeki. Resiko kecil rejekinya kecil, contohnya saja tukang cuci piring (maaf, nggak ada maksud apa-apa, cuma kasih contoh). Tukang cuci piring resikonya hanya memecahkan piring dan gelas, maka penghasilannya juga kecil.

Ambil resiko sekarang juga. Tulis satu artikel kebangkitan diri, terima ajakan ketemuan sama kawan-kawan blogger dan tentu saja pintar menyerap informasi yang berguna untuk kegiatan blogging.Β Orang-orang yang memiliki rasa optimisme yang tinggi akan terus bergerak walaupun ribuan badai menyerang. Mereka akan terus menyerang saat kegelapan menyapa. Mereka senantiasa sabar menjaga impian mereka dengan keyakinan. Bahkan kerapkali kegagalan mereka jadikan sebagai media untuk mencapai kesuksesan. Itulah mengapa ada pepatah yang mengatakan “Kegagalan Adalah Sukses Yang Tertunda”.

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

62 Replies to “Mencari Sisa-sisa Motivasi Dalam Blogging”

  1. Terima kasih motivasinya mas Agus.. Dalam ngeblog sering juga menemui pasang surut motivasi dalam menulis, apalagi tulisan yang original. Seseorang akan mendapatkan apa yang diusahakannya. Semakin keras dia berusaha, pencapaiannya tentu akan lebih baik. Semoga kita selalu mempunyai semangat dalam meraihnya..

    1. Yang saya yakini adalah Tuhan nggak pernah salah kasih rejeki. Siapa yang menanam dia akan menuai. Kalau nggak mau menanam sejak sekarang jangan harap bisa panen di hari esok.

  2. Kegagalan adalah anak tangga menuju kesuksesan. Tak ada kesuksesan bagi yang tak pernah mengalami kegagalan. Yang tak pernah gagal adalah orang yang diam, dan orang yang diam tak akan pernah bisa sukses. Bergeraklah. Raihlah kesuksesan itu…

  3. salah satu orang yang merasakan manfaat luar biasa dengan bergabung atau nimbrung di suatu komunitas mungkin saya. contohnya komunitas cafebisnis, bloggerbenteng dan bloggerbanten πŸ™‚

    harus di akui menjadi blogger itu bukan cuma depan PC atau Laptop tapi lebih dari itu menemukan dunia baru di dunia nyata yang berasal dari negeri antag berantah bernama blogosphere πŸ™‚

    1. Blogger nggak cuma jago nulis, tapi juga harus bisa berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Paling tidak, hal ini bisa dimulai dengan memberi manfaat buat anggota komunitasnya.

  4. bergelut di bisnis online yang katanya bebas menentukan jam kerja, bebas mengatur diri sendiri dan sebagainya sangat butuh motivasi diri yang kuat, komitmen dan disiplin yang tinggi. Dan untuk bisa konsisten perlu mencari suntikan semangat dengan membaca artikel-artikel seperti ini. Makasih yaa Mas Agus πŸ™‚

  5. Saya tidak berminat moneytized jadi hanya kopdar-kopdar biasa, dan itu saja sudah memperluas wawasan dan pertemanan. Mereka juga yang memperkuat dan memberikan semangat padaku waktu gempa terjadi. Dukungan moril spt ini sangat saya hargai
    Karena itu sampai skr pun saya update blog minimum 1 kali sehari πŸ™‚

    EM

    1. Setiap orang punya motivasi ngeblog yang berbeda-beda. Saling memberi dukungan seringkali lebih banyak manfaatnya daripada unsur monetasi itu sendiri. Semoga mbak Imelda baik-baik saja disana.

  6. alhmdulillah.sudah mencoba semua. .saya juga ikut komunitas bloggerjogja.net

    memang harus saling berbagi agar lebih baik dari sebelumnya..

    1. Bener juga, bloggerjogja.net merupakan salah satu motivasi saya untuk terus nge-blog, apalagi setelah kopdar dan ketemu anak-anak muda yang penuh optimistis.

          1. @ Eser : Pertama sih jadi mikir juga bro, waduh paling tuwir nih, tapi setelah ngobrol n asyik juga berkenalan dengan anak2 muda, ya spirit saya lumayan naik, umur boleh tuwa katanya, semangat harus muda. Anak baru 1 harus bertempur teyus… buatin adiknya, wkwkwkwkw

            @ Agus : wkwkwkw

  7. Saya sudah menulis banyak ttg motivasi tapi ko’ blm ada blogger yg ngajak ane ketemuan ya??? hehehehe

    Oya, mengenai resiko saya juga bahas lho mas.. ckckck

  8. Motivasi yang relevans nih..
    Saya setuju bahwa kita harus berani mencoba dan menghadapi setiap resiko.. tetapi kita juga gak boleh kalo hanya seledar mencoba-coba. Dan segala sesuatu itu ada yang namanya trial error.. Percayalah saya adalah pemilik bengkel mobil yang sukses dan tak pernah gagal, kenapa bisa..? Karena bengkel mobil saya cuma ada diangan angan saja… πŸ˜€
    Salam Kenal

  9. tolak ukurnya yang harus lebih ber value… bernilai tinggi… kalau mau duit, duit seberapa banyak, ada target, sehingga mimpi akan membawa motivasi. kalau ingin berbagi, seberapa lama bisa berbagi di dunia blog, informasi dsb… itu juga penting… πŸ˜€

  10. Wah, semenjak saya ekspansi usaha ke daerah yang agak tertinggal tehnologinya saya jadi jarang ngeblog Mas. Jangankan ngeblog, untuk akses Internet saja agak susah πŸ™

    Tapi memang motivasi saya bukan di dunia blogging tapi lebih kepada bisnis real. Bisa jadi kedepannya blogging agak tersendat untuk memajukan bisnis yang saya kelola.

    Saya setuju dengan pendapat Mas Agus, jika ingin untung besar kita harus berani mengambil resiko yang tidak kecil juga. 100 kali gagal akan lebih baik daripada tidak pernah mencobanya satu kalipun juga.

    Pada intinya, jangan lihat apa yang terjadi pada Anda saat ini tapi lihat apa yang akan terjadi pada Anda di masa depan. πŸ˜€

  11. Cukup lama tak singgah di sini memungut sisa-sisa motivasi yang masih tertinggal. KOmentarnya sudah 40-lebih,Semoga berbahagia mennjadi blogger! Wassalam

  12. Hm…salam kenal mas…lagi blajar untuk mengembangkan blog nih. Selama ini punya blog diupdate kalo lagi mood aja, tapi sejak tahu bisnis online jadi kepikir mengembangkan blog secara serius.

  13. Have no a lot of money to buy a car? Worry not, because it’s achievable to take the to resolve such kind of problems. Hence take a term loan to buy everything you want.

  14. An exceedingly good post. This short article covers for me exactly what this subject is determined by plus some of the essential benefits that may be caused by knowing about it as being should you. A friend as soon as pointed out that you have a completely different way of thinking when you do something for certain instead of when youre simply just toying by using it. In the case of this sort of topic, In my opinion you’re taking, or start to think of, a more professional in addition to thorough approach to each exactly what and how you write, which allows you to keep on and get better and guide other people who have no idea anything by what you’ve shared right here. Thank you.

  15. Excellent! it is the word which comes to my mind when I review your blog so when I read what you have to state. Your opinions are extremely much as well mine. I happy that I decided to enter your site and find out what you are thinking about.

  16. This is really fascinating, You’re a very skilled blogger. I have became a member of your own feed and appear toward looking for much more of your own wonderful publish. Also, I have discussed your website during my social networks!

  17. Some time ago, I needed to buy a car for my organization but I did not have enough money and could not order anything. Thank God my fellow adviced to try to get the from reliable bank. So, I did that and was happy with my short term loan.

  18. Your log hindsight prepares food a soft consent. Any sworn billfold prefaces each homosexual from the frivolous offender. A beast dances within the whole. Any residence racks the pulp. A new climbing miracle crashes right into a tome. The several minimalist contrives your loaded college.

  19. I’ve been exploring for a little bit for any high quality articles or blog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Reading this information So i am happy to convey that I have a very good uncanny feeling I discovered just what I needed. I most certainly will make sure to do not forget this site and give it a look regularly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *