Mengganti Kebiasaan Lama dengan Hal Lain yang Lebih Bermanfaat

Desain sepatu Converse yang nyaman bisa dipakai di acara jalan-jalan santai.
Desain sepatu Converse yang nyaman bisa dipakai di acara jalan-jalan santai.

Kebiasaan buruk seringkali menahan kita secara mental untuk mencapai motivasi hidup yang lebih besar di masa depan. Mencoba bergerak maju menuju perbaikan hidup yang kita inginkan tentu tidak mudah. Kebiasaan lama yang tidak baik selalu berusaha menggoda kita untuk kembali terjebak pada perilaku yang tidak menguntungkan.  Kita seperti berada pada lingkaran setan yang tidak menyenangkan.

Masalahnya adalah kebiasaan buruk benar-benar tidak dapat dihilangkan dan juga tidak dapat dikurangi. Anda bisa bertanya kepada ribuan orang yang ada di sekitar anda saat mereka berusaha menghilangkan kebiasaan buruk mereka. Seringkali kebiasaan buruk terus bertahan yang disebabkan oleh berbagai alasan yang bisa diterima. Kebiasaan itu ada di sana untuk melakukan sesuatu bagi kita sekali pun berakhir dengan perusakan diri. Namun jauh di dalam hati kita tentu menyadari bahwa suatu kebiasaan buruk bisa menyebabkan hidup kita menjadi tidak begitu baik.

Ada juga satu sisi dari perilaku tidak baik di masa lalu yang harus tetap kita hargai keberadaannya. Kebiasaan buruk seseorang dipandang memiliki dasar yang bermanfaat meskipun pada dasarnya tidak memberikan keuntungan sama sekali. Manfaat itu didapatkan karena seseorang bisa menjadi diri mereka sendiri dan mencari hikmah dari kebiasaan yang telah mereka lakukan. Sekalipun kebiasaan buruk itu harus dihilangkan namun kita harus menghormati dan memahami sebelum kebiasaan itu diubah menjadi kebiasaan yang lebih baik.

Kebiasaan buruk harus dihormati dan dipahami sebelum diubah. Ketahui hal apa yang menyebabkan kebiasaan buruk harus dihargai, bukannya dimatikan. Kita harus berpaling ke dalam hati kita masing-masing. Saat kita mendengarkan hati terdalam kita bisa mendengarkan kata-kata yang benar saat ada usaha yang mendorong kebiasaan buruk itu untuk hilang. Bila anda bisa mendapat hikmah dari kegiatan ini maka anda bisa mengembangkan diri untuk membuat kebiasaan baru yang tumbuh dari sesuatu yang buruk menjadi sesuatu yang lebih baik.

Mengganti kebiasaan buruk pasti berpengaruh terhadap perilaku kita sehari-hari karena akan memberi hasil dari usaha dan keyakinan kita. Kebiasaan buruk merupakan suatu masalah dan penggantinya adalah dengan cara memberikan hasil yang bisa kita dapatkan dengan melakukan kebiasaan baik. Penulis mengenal orang-orang yang berhenti merokok yang semula tidak berniat untuk berhenti merokok.

Mereka mengganti aktifitas merokok dengan melakukan kegiatan berlari dan olahraga lain yang membutuhkan keterampilan mengolah nafas, mengolah fisik, dan mengatur pernapasan. Proses relaksasi yang mereka dapatkan dari latihan itu membuat kegiatan merokok merasa tidak nyaman bagi mereka. Mereka pun akhirnya berhenti merokok karena telah diperkenalkan dengan sebuah penggantian perilaku baru yang lebih menyenangkan dan lebih bermanfaat.

Mungkin anda tidak menyadari bahwa kebiasaan buruk anda itu benar-benar perilaku yang buruk. Oleh sebab itu anda melakukan kegiatan buruk itu secara sukarela dan tidak sadar. Melakukan tindakan yang tidak baik dengan cara itu dapat memperkuat diri anda sendiri adalah dengan mengetahui kebutuhan anda dan menghormati kebutuhan anda untuk dipenuhi. Hormati kebutuhan itu dengan mengganti kebiasaan buruk sekarang dengan kebiasaan yang lebih sehat dan lebih efektif. Gantilah suatu kebiasaan dan segera anda akan termotivasi untuk mengganti yang lain. Semoga termotivasi!

2 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Bagikan tulisan ini:

6 Replies to “Mengganti Kebiasaan Lama dengan Hal Lain yang Lebih Bermanfaat”

  1. Menurutku tidak semua kebiasaan lama harus diganti Kok. Ada juga yang bermanfaat untuk kebaikan di masa depan. Trus… yang penting kita harus berpikir positif.

  2. Move on menuju kebiasaan baru itu sulit sekali lho…. bukan karena kita nggak punya niat, tapi karena orang-orang di sekitar kita biasanya nggak begitu mendukung…

  3. Perubahan selalu dimulai dari hal-hal kecil. kita bisa memulainya dengan lebih menghargai dan menghormati orang lain di sekitar kita. kalau kita bisa menghargai orang lain tentu orang lain akan lebih hormat pada diri kita.

  4. artikel motivasi diri seperti ini akhir-akhir ini makin jarang ditemui di internet. Netizen Indonesia msh lebih menyukai berita gosip dan info murahan yang mengumbar sensasi daripada tulisan-tulisan pengembangan diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *