Menjaga Konsistensi dan Motivasi Diri Dalam Blogging

Motivasi diri adalah ruh yang menjaga setiap aktifitas bisa tetap berjalan dalam koridor yang ditetapkan. Diperlukan ketekunan untuk mempertahankan motivasi diri.

Semangat ngeblog Anda sedang naik-turun? Itu adalah hal yang wajar dan bisa terjadi kepada siapa saja. Bahkan para master pun pernah mengalami hal ini dalam keseharian mereka. Semangat ngeblog model yoyo bisa menghinggapi siapa, baik para blogger yang bertujuan sharing maupun blogger sekaligus pebisnis online yang sedang giat melakukan monetasi website mereka.

Menurunnya motivasi ngeblog ini bisa berupa malas update artikel, promosi web, maupun menggali ide-ide terbaru perluasan bidang usaha. Yang ada malah asyik menenggelamkan diri dalam hiruk pikuk jejaring sosial dan chit-chat nggak tentu arah. Mungkin itu masih lebih baik. Yang paling jelek adalah pengennya tidur melulu dari pagi sampai malam. Benar-benar bukan kegiatan yang produktif.

Tanggungjawab Blogging

Hal tersebut bisa terjadi jika Anda tidak memiliki rasa tanggungjawab terhadap kegiatan blogging yang sedang dijalani. Tidak ada tuntutan yang mengharuskan Anda membuka laptop dan membiarkan jari jemari menari di atas keyboard. Ah, ngeblog kan suka-suka gue. Kenapa lu ikutan ribut. Yup! Ngeblog memang bukan hal wajib yang mengharuskan Anda patuh menulis dan kalau melanggar akan kena hukuman penjara.

Namun patut disadari bahwa Anda sudah mengorbankan banyak hal dalam blogging. Mungkin biaya koneksi internet, beli domain, sewa hosting dan lain-lain. Jangan biarkan pengorbanan tersebut hilang tanpa bekas. Miliki rasa tanggungjawab untuk memanfaatkan semua pengorbanan yang telah dikeluarkan. Hal ini bukan berarti Anda harus melakukan monetasi blog, namun paling tidak Anda memiliki tanggungjawab sosial untuk berbagi dengan pengunjung blog.

Kebanyakan blogger sudah keburu patah semangat baca artikel model beginian. Itulah tantangan secara mental. Yakinkan diri Anda mampu menjadi seperti orang-orang yang sempat membuat silau pandangan Anda saat melihat data penghasilan mereka dari bisnis internet. Bahkan sangat mungkin Anda bisa melampaui pencapaian mereka melalui ketekunan bekerja pada bidang yang dipilih. Tetap semangat!

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

Bagikan artikel ini melalui:

7 Replies to “Menjaga Konsistensi dan Motivasi Diri Dalam Blogging”

  1. Saya nggak tahu apa hubungannya. Tapi dengan banyak bikin blog non monetize, justru pendapatan makin bagus. hehehe…

  2. waktu adalah kendala utama saya beraktivitas di dua dunia, wah saya kira blog yang dimonetisasi empunya malah semangat tanpa putus ya, ternyata bisa naik-turun juga kayak yoyo,
    Andai saja ngeblog itu mengikuti system kayak anak sekolahan, tentunya banyak yang lebih rajin lagi mengurusi blognya karena sudah terjadwal dengan baik. bukan seperti anak kuliahan, mau masuk atau tidak yang penting kuliah, hehehe serasa diri sendiri.

    1. Memang waktu merupakan kendala utama apalagi bagi mereka yang mempunyai pekerjaan tetap didunia nyata. Dan hal ini sebenarnya merupakan sebuah tantangan bagi mereka..

  3. meskipun penuh tanggung jawab, lama-lama jenuh juga mas menjalankan blogging…
    sambil melakukan hal yang menyenangkan tentu boleh dong, main game misalnya.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *