Motivasi Diri Dalam Menghadapai Masalah Yang Sebenarnya

Motivasi diri dalam belajar menemukan pokok pelanggaran membutuhkan waktu dan latihan. Karena terdesak waktu dan didorong oleh emosi, kebanyakan orang tidak melihat masalah yang sesungguhnya.

Sebenarnya, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa yang harus dibahas adalah masalah kerjasama. Banyak orang tidak bisa mengatasi reaksi emosinya. Maunya bras bres saja. Mereka maunya menggarap orang yang sedang bikin masalah, dan terus terang saja, memang itu yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Yah, inilah hasil budaya modern dengan ciri khas bersikap dan berfikir instant.

Seperti yang telah ditulis dalam buku Crucial Confrontations, kemampuan untuk melihat pokok masalah yang sesungguhnya membutuhkan kesabaran, cara berpikir yang proporsional, kecermatan, dan kepala dingin. Kita tidak bisa membuat kesimpulan ringan dengan melihat satu sisi saja. Seperti kata iklan makanan ringan di televisi, life is never flat. Terdapat bagian hidup yang tinggi dan rendah dibanding kacamata umum.

Motivasi Diri Dalam Menghadapai Masalah Yang Sebenarnya
Motivasi Diri Dalam Menghadapai Masalah Yang Sebenarnya

Pertama, Anda harus luangkan waktu untuk mengurai masalahnya. Orang sering terburu-buru dan enggan mengurai masalah. Emosi mendorong mereka untuk bertindak cepat, dan ketergesaan jarang membuat orang berpikir cermat. Hal ini sama persis waktu kita belanja di swalayan pada sore hari. Pengelola toko biasanya pasang musik bernada cepat supaya langkah kita ikutan cepat dan buru-buru ambil barang lalu bayar di kasir.

Berikutnya, saat akan memilih masalah apa yang akan dibahas terlebih dulu, pilihlah yang paling mengganggu. Kalau tidak, Anda akhirnya akan menangani masalah yang bukan menjadi masalah utama. Ada yang bilang kalau kesuksesan kita tergantung pada kemampuan menentukan prioritas hidup. Ukurannya didasarkan pada mendesak atau tidak, dan penting atau tidak. Kombinasi dari dua hal tersebut menghasilkan empat kuadran yang menghasilkan efek berbeda pada setiap masalah.

Motivasi diri dalam menyelesaikan masalah seringkali tidak hadir begitu saja. Kita membutuhkan pelatihan yang berulang-ulang agar mampu mengasah kemampuan terbaik dalam mendeteksi hal ini. Sekilas terlihat sulit, namun bila kita bersedia mencoba semua akan berjalan baik-baik saja.

Ennjoy blogging, enjoy writing!

Bagikan artikel ini melalui:

22 Replies to “Motivasi Diri Dalam Menghadapai Masalah Yang Sebenarnya”

  1. “Pertama, Anda harus luangkan waktu untuk mengurai masalahnya. Orang sering terburu-buru dan enggan mengurai masalah. Emosi mendorong mereka untuk bertindak cepat, dan ketergesaan jarang membuat orang berpikir cermat.”

    quote yang bagus….

    salam kenal.

  2. Mengurai masalah, jangan ketika marah atau saat emosi kita tidak stabil. Mengurai masalah hendaklah ketika emosi kita sedang baik, sehingga bisa mengurai masalah dengan baik, dan pada akhirnya dapat menemukan solusi terbaik.

  3. Memang sudah Zaman instan… padahal kalau tidak ikutan instan akan tampak diri ini menjadi sosok yang berbeda… paling tidak untuk diri kita sendiri yang kita dapatkan adalah sifat sabar.
    untung Sifat sabar tidak bisa dibeli, kalau bisa dibeli mungkin laris manis karena maunya yang serba instan tadi….
    hehehe. ….Just comment.

  4. … Pertama, Anda harus luangkan waktu untuk mengurai masalahnya. Orang sering terburu-buru dan enggan mengurai masalah….

    inilah yang sering saya lupakan.
    nice post.

  5. Sorry, judulnya kok nanggung banget. Menghadapi masalah yang sebenarnya? Memang ada ya masalah yang tidak sebenarnya?

  6. Wow! Many thanks. Which i wanted to come up with with my web-site something of that nature. How do i play a part on your place to successfully the blog?

  7. On earth do you note me together with any specific ideas about how on earth you chose to make this webpage appear as if this valuable , I’d have fun here!

  8. Hello, i believe that i noticed you visited my web site so i came to go back the prefer?.I am trying to to find things to enhance my website!I assume its adequate to use a few of your ideas!!

  9. I have been exploring for a bit for any high quality articles or weblog posts in this sort of house . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this site. Reading this info So i’m satisfied to exhibit that I have a very excellent uncanny feeling I found out exactly what I needed. I so much certainly will make certain to don?t put out of your mind this website and provides it a look on a relentless basis.

  10. Hello there, I discovered your blog via Google at the same time as looking for a related subject, your site came up, it appears great. I have added to favourites|added to bookmarks.

  11. Ping-balik: penulis lepas
  12. My partner and I respect just what exactly you’ve implemented right here. It’s superb to determine the clarity on this necessary idea may perhaps be certainly noticed. Fantastic post and often will count on your foreseeable future revision.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *