Motivasi Diri: Membangun Opini Positif Dalam Diri Sendiri

Kutipan Motivasi Diri: Dari sistem pendidikan yang terbukti berhasil di seluruh dunia, citra diri ternyata lebih penting dari materi pelajaran (Gordan Dryden).

Terlepas dari perbedaan kadar dan jenis yang dimiliki, semua manusia itu memiliki keunggulan yang akan menjadi pembeda antara dirinya dan orang lain. Selain itu, semua manusia juga punya sisi-sisi lain agar saling melengkapi. Misalnya sisi kelemahan, keterbatasan, maupun kekurangan. Selain kita sudah diberi nikmat yang jumlahnya tak terhitung, kita pun diberi ujian yang jumlahnya tidak kalah banyak. Semua hal tersebut ada pada manusia yang berprestasi rendah maupun yang berprestasi tinggi di bidangnya.

Lha semua kok sama? Jika memang demikian, apakah yang membedakan diantara mereka? Imam Ratrioso menjelaskan bahwa orang yang berada pada kelompok pertama mengarahkan penglihatan mata pikirannya pada sisi negatif, kelemahan, dan keterbatasan di dalam dirinya dengan jalan menutup mata pikiran. Sementara kelompok kedua memilih untuk membuka mata pikiran dengan jalan berfokus pada keunggulan, bakat, dan kelebihan yang dimiliki.

Motivasi Diri: Membangun Opini Positif Dalam Diri Sendiri
Motivasi Diri: Membangun Opini Positif Dalam Diri Sendiri

Bagaimanakah penjelasan? Masih ingat waktu sekolah dulu? Di pelajaran biologi ada uji coba yang membuktikan bahwa benda yang disaksikan oleh mata kita akan menghasilkan kesimpulan di kepala kita. Biasanya muncul dalam bentuk opini pribadi. Kesimpulan yang tercetak di kepala kita akan menggerakkan mata pikiran kita untuk melihat obyek yang sesuai dengan kesimpulan itu. Terjadi semacam lingkaran yang saling memberi pengaruh antara benda yang dilihat dan hasil pemikiran kita. Bingung kan?

Pendek kata, kalau kita melihat sesuatu pakai kaca buram maka setiap benda akan kelihatan jelek. Sebaliknya, kalau kacamatanya bersih dan bagus, semua akan terlihat jelas dan indah. Oleh karena itu kita harus membiasakan diri melakukan kebiasaan efektif agar mampu menghasilkan sikap efektif juga. Kebiasaan hidup yang kita jalani hari demi hari hingga tahun demi tahun akan mencetak karakter hidup kita. Dari karakter inilah yang akan menentukan nasib kita kelak.

Semoga artikel motivasi diri ini bisa berguna buat saya, teman-teman blogger dan pembaca blog ini. Tetap semangat ngeblog. Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

24 Replies to “Motivasi Diri: Membangun Opini Positif Dalam Diri Sendiri”

  1. saya mengerti mas maksudnya, dulu saya sempat berpikir, “apa ada ya yg mau pake jasa kepenulisan saya” sampai 3 tahun gak berani buat promosi, takut tulisan tidak diterima, jelek dan sebagainya, tapi akhirnya nekat buat untuk pesanan orang, alhasil, ternyata responnya baik. Jadi semakin ngerti berpikir positif lebih menyenangkan dan membawa berkah.

  2. Berpikir positif akan membawa kita ke kebahagiaan. Bukan hanya kebahagiaan duniawi tetapi juga kebahagiaan batin. Apabila kita dapat merasakan kebahagiaan itu, hanya rasa syukur yang akan tumbuh dalam pikiran kita.

  3. Pingback: penulis lepas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *