Motivasi Diri: Membuat Minuman Yang Manis Dari Jeruk Yang Masam

Motivasi Diri – Sebagian besar orang mendefinisikan sabar sebagai usaha menahan diri dari hal-hal yang tidak kita sukai. Hal ini termasuk penafsiran yang bagus ketika kita berusaha dengan keras menghadapai cobaan-cobaan hidup yang kita benci, dengan ketetapan hati kita yang tidak sampai menjadikan kita menarik diri darinya, dan dengan akal pikiran yang kita tidak sampai kehilangan keseimbangan dan keadilannya.

Mungkin saja dalam prakteknya kesabaran terkalahkan oleh perbandingan-perbandingan yang diyakini oleh nafsu sebagai sesuatu yang dapat mengganti dan menyenangkannya. Namun hendaknya kita selalu berupaya mengubah kesabaran menjadi keridhaan dalam hal yang diperbolehkan. Keridhaan yang telah dirasakan oleh jiwa menjadi tidak akan sempurna jika dikotori dengan mengeluarkan sesuatu yang busuk, atau dengan memberikan paksaan-paksaan yang lebih busuk.

Persoalan yang kita hadapi butuh kelembutan jiwa. Apalagi yang kita jalani ini adalah pergaulan internet dimana identitas diri sangat mudah dikaburkan. Kita tidak perlu menunjukkan diri untuk menunjukkan rasa tidak suka terhadap seseorang. Apapun keadaan kita saat ini, inilah resiko yang harus kita hadapi. Sebab, ia hanya dapat berubah secara bertahap untuk menjadi lebih siap dan lebih baik. Jika tidak, maka tidak akan ada artinya Anda mengatakan, “Saya ridha!” tapi jiwa Anda penuh dengan kebencian.

Pertama-tama, kita seharusnya mengetahui segala bentuk kesulitan yang ada di hadapan kita. Siapa yang tahu bahwa banyaknya kesusahan yang menimpa seseorang adalah sesuatu yang bermanfaat. Mungkin saja organ-organ tubuh menjadi sehat dengan berbagai macam penyakit, dan betapa banyak ujian dan cobaan yang muatannya justru berisi hadiah dan anugerah. Siapa yang pernah tahu? Atau bisa juga dibalik lesunya trend dunia blogging justru membawa kita pada bentuk bisnis online kreatif jenis lainnya.

Mungkin saja dengan blessing in disguise (hikmah tersembunyi), kesulitan-kesulitan yang menimpa kita ini merupakan pintu menuju kebaikan yang tidak diketahui sebelumnya. Jika kita bersikap baik dalam menghadapi kesulitan-kesulitan hidup, niscaya kita akan dengan leluasa menembus dan menuju masa depan yang lebih baik. Kalau kondisi blogging Anda sekarang belum menghasilkan uang, mungkin hal tersebut mengandung makna tersembunyi agar sukses tiba pada waktu yang telah ditentukan. Tetap semangat dan menjaga motivasi diri!

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

Bagikan artikel ini melalui:

9 Replies to “Motivasi Diri: Membuat Minuman Yang Manis Dari Jeruk Yang Masam”

  1. bener sekali mas, dalam suatu seminar saya mendapatkan pencerahan bahwa, segala sesuatu sudah direncanakan oleh-NYA dan itu pasti yang terbaik buat kita, yang perlu kita amati adalah cobaan itu teguran atau cara Tuhan untuk meningkatkan kualitas diri kita.

    salam kenal mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *