Motivasi Hidup: Cara Mudah Tidak Selalu Menjadi Cara Terbaik

Tidak ada masalah yang sedemikian besar atau sedemikian rumitnya sehingga tidak dapat dihindari – Linus

Akhir-akhir ini pikiran saya terngiang-ngiang dengan tagline Work Smarter, Not Harder yang ada dalam salah satu buku pengembangan diri. Dan ketika Linus, salah satu filsafat besar untuk motivasi hidup, mengatakan kalimat di atas dia sedang menunjukkan kepada kita semua kepada suatu kisah mitos tentang cara mengambil jalan keluar yang mudah adalah yang terbaik. Seringkali pola pikir ‘cara yang mudah adalah cara yang terbaik’ digunakan oleh mereka yang menggunakan pola pikir ‘pekerja keras’ bukan pekerja cerdas.

Bagaimana kondisi mental ‘asal jadi’? Kalau dalam blogging bisa berupa kalimat “Ngeblog ya ngeblog aja, masalah kualitas konten belakangan aja…” Kita bisa tebak hasilnya. Ketika semua kegiatan blogging tidak mampu memberikan hasil seperti yang diharapkan, mereka malah menjadi sangat kecewa dan motivasi hidup menurun. Mereka tidak memeriksa situasi yang dihadapi dengan pemikiran nalar dan mencoba mempelajarinya. Tetapi ibaratnya hanya menggeser sebuah benda dan meletakkan ke posisi lainnya.

Motivasi Hidup: Cara Mudah Tidak Selalu Menjadi Cara Terbaik
Motivasi Hidup: Cara Mudah Tidak Selalu Menjadi Cara Terbaik

Jack Collis menambahkan bahwa mereka yang menempuh cara yang mudah dalam kehidupan ini tidak menyadari betapa berharganya waktu yang mereka buang. Atau bahkan mungkin mereka sejak awal sudah memilih untuk mengabaikan pengetahuan investasi kerja yang sudah dimiliki, padahal hal tersebut membantu meningkatkan motivasi hidup. Sayangnya, mereka pada baru sadar belakangan bahwa jalur pertahanan dengan hambatan yang kecil ternyata mengandung harga tinggi yang tersembunyi.

Kita semua mungkin pernah membaca dan mempelajari salah satu kebenaran hidup yang terbesar, “hidup itu tidak mudah”. Dari lahir sampai mati, hidup ini merupakan suatu proses penyelesaian persoalan. Semakin tinggi disiplin diri kita, semakin tinggi pula kemampuan dan motivasi hidup untuk menyelesaikan masalah-masalah kehidupan yang muncul. Semakin banyak kita menyelesaikan masalah, kehidupan kita akan semakin mudah. Itu artinya semakin besar kesempatan kita untuk mencapai tujuan-tujuan yang penting bagi kita.

Mereka yang mengambil jalan keluar yang mudah sama artinya dengan menempuh pendekatan tambal sulam jangka pendek atas kehidupan ini, melepaskan demikian saja hari esok yang seharusnya perlu diraih. Kenyataannya adalah bahwa tidak ada sesuatu yang mudah untuk menumbuhkan motivasi hidup ini. Jalur pertahanan dengan hambatan yang terkecil adalah untuk mereka yang kalah. Semoga artikel ini berguna untuk pembaca.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Motivasi Hidup: Cara Mudah Tidak Selalu Menjadi Cara Terbaik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *