Ojo Mundur Alon-alon Mergo Sadar Kowe Sopo

Berhenti! Tetapkan Satu Tujuan Menulis
Berhenti! Tetapkan Satu Tujuan dan Jangan Mundur

Satu gejala motivasi diri yang saat ini menghinggapi kebanyakan generasi muda di Indonesia adalah mudah sekali menyerah ketika menghadapi sebuah permasalahan. Tepat sekali jika sebuah lagu campursari yang memiliki lirik “aku mundur alon-alon mergo sadar aku sopo” didendangkan oleh anak-anak muda. Kenyataan ini sangat miris saat menyaksikan perkembangan mental anak muda zaman sekarang. Padahal zaman dulu para pahlawan melantunkan lagu Maju Tak Gentar, teruslah maju dengan lantang. Namun fenomena yang terjadi saat ini sungguh sangat memprihatinkan.

Fakta menarik yang perlu Anda sadari adalah kemajuan ke arah tujuan Anda tidak akan pernah berbentuk garis lurus. Proses menuju ke tujuan itu akan selalu berbentuk berupa garis yang tidak beraturan. Mungkin saja Anda akan naik dua tingkat kemudian turun sedikit. Bisa juga anda melangkah maju 2 jenjang ke depan dan satu langkah mundur. Semua itu memiliki irama yang indah di sana. Irama kehidupan itu seperti bunyi tarian, tidak ada irama berupa satu garis lurus ke atas.

Namun bagi orang-orang yang berkecil hati, ketika mereka meluncur satu langkah mundur setelah dua langkah maju, mereka berpikir mereka telah gagal. Mereka berfikir mereka telah kalah dalam persaingan. Namun sebenarnya mereka tidak mengalami kegagalan dan kekalahan. Mereka hanyalah melangkah dalam irama alamiah kemajuan. Saat anda memahami irama Kehidupan yang serba tidak teratur ini anda dapat menggunakannya dan bukan melawannya. Sekali lagi anda tidak dapat melawan irama kehidupan. Anda hanya dapat merencanakan langkah mundur.

Orang-orang yang pesimis tidak merencanakan pembaharuan dalam hidup mereka karena mereka pikir hal itu tidak perlu. Orang-orang yang pesimis adalah para pemikir yang melakukan semuanya atau tidak sama sekali. Mereka akan merasa terganggu bila dunia tidak menjadi sempurna. Menjadi perfeksionis tentu ada baiknya, namun dalam permasalahan ini sikap perfeksionis malah menghancurkan diri kita sendiri. Orang-orang yang pesimis berpandangan bahwa mundur satu langkah berarti sesuatu yang buruk atau negatif bagi seluruh rencana yang telah mereka lakukan.

Jangan pernah terburu untuk menyerah dan mengibarkan bendera putih saat anda sedang memperjuangkan satu tujuan. Nasehat orang Jawa: ojo mundur alon-alon mergo sadar kowe sopo. Jangan mundur meskipun anda sadar Anda bukanlah petarung yang hebat dalam kehidupan nyata. Anda tidak pernah tahu pertarungan itu akan di menangkan oleh siapa karena dalam hidup ini masih ada sutradara Yang Maha hebat dan mampu mengendalikan sekenario yang lebih baik bagi seluruh manusia.

Tetaplah berjuang dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mungkin Keberuntungan anda tidak tidak menghampiri Anda hari ini, tapi besok. Jika besok anda belum cukup beruntung, teruslah mencoba barangkali esok lusa Anda bisa mencapai prestasi yang lebih baik. Semoga artikel motivasi diri ini bisa menambah semangat anda untuk mencapai prestasi yang lebih baik dalam hidup.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Ojo Mundur Alon-alon Mergo Sadar Kowe Sopo”

  1. Generasi micin memang suka mencipta ataupun yang sedang ngetren di internet. mereka lupa bahwa internet adalah ciptaan manusia dan kita tidak boleh bergantung kepada buatan manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *