Pemimpin Hebat Lahir dan Besar dalam Ketidakpastian

bukalah potensi diri Anda selebar-lebarnya…

Bagaimanakah ciri-ciri pemimpin hebat di mata Anda? Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda terhadap makna dan ciri-ciri pemimpin hebat dan tangguh dalam setiap situasi. Namun satu kenyataan yang tidak boleh Anda anggap remeh adalah pemimpin hebat pada umumnya lahir dan besar dalam situasi yang dipenuhi ketidakpastian. Artinya, tidak adanya kemapanan dan kepastian masa depan merupakan syarat utama seorang pemimpin dapat mengayomi anak buahnya.

Mengapa demikian? Karena situasi yang tidak pasti akan mendorong seorang pemimpin untuk terus berkreasi dan menciptakan perubahan dalam menjawab tantangan hidup yang selalu berubah. Memang benar permasalahan hidup dari dulu selalu sama, hanya lokasi dan pelakunya yang berbeda. Namun motif permasalahan hidup selalu berubah-ubah mengikuti tingkat peradaban kehidupan manusia.

Pemimpin yang dibesarkan dalam situasi ketidakpastian adalah mereka yang tanggap terhadap kebutuhan anak buah. Tidak ada waktu yang terbuang sia-sia karena setiap saat terjadi perubahan dan menuntut kesiagaan seorang pemimpin untuk memberikan pengarahan. Sekali lagi, pemimpin hanya perlu memberikan pengarahan terhadap arah kebijakan sebuah organisasi. Nilai lebih seorang pemimpin disini adalah kalau dia mampu memberikan pengarahan sekaligus bersedia turun ke bawah bekerja bersama anak buah.

Uniknya, setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinan masing-masing. Tidak ada satupun model kepemimpinan yang bisa dikatakan terbaik untuk setiap situasi dan setiap masyarakat. Kekhususan karakter pemimpin dihasilkan dari perpaduan berbagai variabel kehidupan yang meliputi keseharian anak buah. Model kepemimpinan otoriter barangkali lebih tepat diterapkan pada masyarakat Korea Utara. Gaya kepemimpinan Obama mungkin hanya bagus diterapkan di Amerika, bukan di Asia. Dan seterusnya.

Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi untuk Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

One Reply to “Pemimpin Hebat Lahir dan Besar dalam Ketidakpastian”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *