Saat Potensi dan Kompetensi Anda Miliki, Uang Akan Mengejar Anda

Memotivasi Peserta Pesantren Ramadhan Kreatif Angkatan 1 Yatim Mandiri Jombang Tahun 2016
Memotivasi Peserta Pesantren Ramadhan Kreatif Angkatan 1 Yatim Mandiri Jombang Tahun 2016

Ya, saya tidak mengada-ada waktu menulis artikel ini. Saat Anda telah memiliki potensi dan kompetensi diri, saat itu Anda tidak perlu susah payah mengejar uang. Justru uang yang akan datang dengan sendirinya dan mengejar-ngejar Anda. Dua frase utama dalam kalimat ini adalah POTENSI dan KOMPETENSI DIRI. Dua hal tersebut yang akan membedakan Anda sebagai blogger yang terbiasa dengan standard yang itu-itu saja, atau bahkan mencuat menjadi blogger yang memiliki nilai lebih di mata klien dan para pencari manusia berbakat lain.

Yang pertama potensi diri. Secara umum potensi diri adalah kemampuan yang secara sadar atau tidak sadar telah Anda miliki dan telah Anda praktekkan. Kadang menjadi begitu sulit menganalisa potensi terbaik seseorang berada di bidang apa. Namun mendeteksi potensi seseorang sebenarnya gampang. Kegiatan apa yang menarik bagi Anda, Anda selalu antusias membicarakannya, tidak bosan belajar mengenai hal itu meski berulang kali, dan bersedia mengupdate ilmu dalam bidang tersebut beserta pengorbanan yang mengitarinya. Itulah jawaban potensi terbaik Anda.

Bagaimana kalau ternyata Anda memiliki lebih dari satu potensi? It’s oke. Bersyukurlah Anda termasuk manusia multitalenta yang dianugerahi Tuhan limpahan kemampuan yang tidak bisa dimiliki kebanyakan manusia. Tetap asah kemampuan-kemampuan tersebut sampai akhirnya Anda tanpa sadar akan melakukan seleksi alam dan menemukan satu atau dua bidang yang benar-benar menyerap sebagian besar konsentrasi hidup Anda dan mau berjuang untuk itu.

 Membangun Kompetensi Diri

Variabel yang kedua adalah kompetensi diri. Hal ini berupa daya saing untuk tetap survive di tengah limpahan manusia-manusia cerdas di sekeliling Anda. Ada banyak cara membangun kompetensi diri. Misalnya mengikuti kontes yang sedang menjadi sorotan banyak orang. Anda tidak harus menang untuk menunjukkan kompetensi diri. Justru karya Anda akan lebih banyak berbicara daripada penilaian tim juri. Tampilkan karya Anda yang paling kreatif, unik dan tidak biasa untuk bidang yang Anda tekuni. Maka orang-orang pun akan memberi penilaian yang anti biasa kepada Anda.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah Joint Venture dengan tokoh yang terlebih dulu punya nama di satu bidang. Ini lebih menantang nyali karena kecakapan Anda yang sebenarnya akan diuji dengan berbagai pro dan kontra terkait program yang Anda jalankan. Jika Anda lolos ‘tes kelayakan publik’ Anda akan ketularan ngetop, terkatrol, ikutan naik level dan mensejajarkan diri dengan sang mitra. Jika gagal, siap-siap saja membangun personal branding dari awal. Tidak terlalu berat kok, hanya saja perlu ketekunan. Dan kebanyakan blogger pemula kalah karena tidak tidak tekun. Selain dua cara ini, masih banyak cara kreatif lain yang bisa Anda coba kembangkan.

Artikel Blog Mampu Berpromosi

Sebenarnya ada satu lagi parameter yang mempengaruhi, yaitu teknik promosi. Sehebat apapun kemampuan Anda kalau tidak diberitahukan kepada orang lain maka selamanya mereka tidak akan tahu. Untungnya ini dunia internet dan promosi bukan hal yang sulit. Anda punya blog pribadi dan akun jejaring sosial? Dua hal tersebut sudah cukup jadi modal promo. Artikel yang Anda tulis bukan sekedar merangkai huruf menjadi kata, lalu kata menjadi kalimat yang garing. Ayo bermain persepsi dengan pikiran pembaca! Rebut perhatian mereka dengan tulisan-tulisan Anda yang super dahsyat.

Saya amati kecenderungan yang ada dalam blogging akhir-akhir ini adalah sebatas ngeblog sebagai curhat dan berbagi cerita. Hanya sebagian dari kawan-kawan blogger yang jeli memanfaatkan blogging sebagai investasi jangka panjang dalam hal membangun pondasi yang kuat dalam bisnis yang berbasis informasi. Ya, ini memang kembali kepada tujuan masing-masing orang. Kalau Anda bisa sekali dayung dua tiga pulau terlampau mengapa tidak? Kan kita sudah keluar duit buat beli domain dan sewa hosting, jangan sia-siakan potensi blogging yang ada dalam genggaman Anda. Mari mendulang uang lewat blogging.

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

31 Replies to “Saat Potensi dan Kompetensi Anda Miliki, Uang Akan Mengejar Anda”

  1. POTENSI dan KOMPETENSI DIRI. Saya jadi ingat salah satu kata yang pernah diucapkan oleh Hendrik Lim. Bisnis itu terjadi karena kita suka sesuatu dan orang lain membutuhkannya. Sementara hobi tidak. Dalam hobi kita hanya suka dan orang lain belum tentu membutuhkannya. Kesimpulannya mungkin begitu juga dalam blogging. Apakah kita hanya mengganggap sebagai hobi yang orang lain belum tentu membutuhkannya, ataukah memperlakukannya sebagai hobi yang menjadi potensi bisnis karena dibutuhkan oleh orang lain

    1. Untuk saya pribadi memperlakukan blogging sebagai panggilan hidup. Saya bisa menikmati blogging, dan blogging juga bisa menghiduipi saya. Tidak mudah menghasilkan keputusan full di blogging. Namun setelah melalui serentetan kejadian, akhirnya saya mantab disini. 🙂

  2. Nanti akan kembali lagi pada niat awal saat memulai ngeblog ya mas… Meskipun saat seiring berjalan timbul passion yang lebih kuat… selama ini saya ngeblog baru sekedar nulis kesana kemari atau tepatnya curhat yang mas Agus maksud diatas.. Moga saja nanti bisa lebih serius…

  3. terkadang yang sulit adalah, menunggu momentum mas, memang kompetensi dan potensi sudah dimiliki, namun diri ingin segera meraih rupiah demi rupiah, menunggu inilah yang berat, karena jika terlalu tergesa-gesa akan menimbulkan keputusasaan saat rupiah itu tak mengalir lagi dari apa yang menjadi kompetensi dan potensi kita. Yah, mudahnya, tetap sabar dan bersyukur sembari melihat-lihat peluang dan kesempatan yang ada. hehe.

    1. saat peluang itu muncul, mengapa harus menunggu siap dulu? Kalo kita tidak ngoyo tentu tidak akan ada sesal kalopun masih gagal meraih Rp / $$ . Saya stuju sabar dan liat peluang yang ada

  4. aku suka point kedua dalam artikel di atas. Kita boleh membangun kompetensi diri sebaik-baiknya,. Tapi ketika tidak mampu ‘menjual’ kompetensi itu percuma juga. biar gimana, Show off itu penting. Apalagi di dunia maya. Aku baru nyadar soal ini waktu dulu ikut seminar nasional empowering netpreneur yang kebetulan pematerinya Romy Satria Wahono.

    Branding dan narsis itu penting! Lewat blog kita bisa bangun keduanya secara sejalan. Maksimalkan blog untuk menunjukkan seberapa tinggi dan berkualitas kompetensi kita. Great post!

  5. Kalau potensi, saya percaya tiap2 dari kita punya ya. Baik potensi sedari lahir (bakat) atau potensi yang terungkap setelah melalui serangkaian pelatihan yg disengaja.
    Nah, kalau kompetensi diri, ini yang jarang diulas. Percuma kalau kita punya potensi bagus, tapi ketika sedikit saja terbentur masalah langsung kolaps. Yang ada malah potensinya dikit dikit jadi luntur.

  6. wow.. mungkin ini judul artikel terbaik yg saya dapat selama berinternetan hari ini..
    hmmm.. ditambah dengan ulasan yg mantap pula..

    sekali lagi… keren judulnya mas .. wkwk

  7. Pingback: Memilih Baju Kaos Pria Murah | Kaos Distro Online Bandung - Baju Distro Online - Desain Kaos Distro
  8. Hello just wanted to provide you with a quick manages. The text in your post appear to be running from the display in Ie. I am not confident that this is a format issue or something like that related to internet browser match ups but I figured Identification post to show you. The look look wonderful although! We do hope you obtain the problem solved soon. Many thanks

  9. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  10. Wow that was unusual. I just wrote an very long comment but after I clicked submit my comment didn’t appear. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyways, just wanted to say superb blog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *