Superior Hanya Karena Masalah Waktu

Pemimpin Sejati Mampu Menggerakkan Orang Lain
Pemimpin Sejati Mampu Menggerakkan Orang Lain

Tidak ada kekuasaan yang berlangsung selamanya. Superioritas seseorang hanya bisa berlangsung dalam kurun waktu tertentu saja. Bahkan kekuasaan itu bisa terjadi karena kebetulan seseorang berada pada waktu yang tepat di tempat yang tepat juga. Tidak ada kekuasaan yang berlangsung secara mutlak dan terencana sejak awal.

Kekuasaan seorang pemimpin terhadap bawahannya tidak didapatkan melalui selembar SK atau surat keputusan pemimpin yang lebih tinggi. Seorang pemimpin sejati mampu menguasai dan mempengaruhi orang lain melalui perilaku sehari-hari. Pemimpin sejati mampu menggerakkan orang lain tanpa perlu memerintah dan tanpa perlu menunjukkan surat kuasa penunjukkan dirinya.

Uniknya, kekuasaan adalah ujian bagi setiap pemegangnya. Ibaratnya, seorang penguasa dapat memberikan surga dan neraka kepada dirinya dan semua orang pada saat yang bersamaan. Pemimpin bijak mampu menunjukkan jalan terang ketika organisasi sedang diterpa gelap gulita. Sebaliknya, pemimpin lalim hanya akan menjerumuskan anak buahnya ke dalam pola pikir yang salah dan kesesatan dalam berperilaku.

Semoga artikel ini mampu memberi inspirasi untuk Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *