Tetap Tersenyum Disaat Sibuk dan Duka Melanda

Salah satu nilai terpuji yang tampak pada masyarakat India pada film Bollywood adalah mereka selalu punya cara berekspresi yang tepat. Ketika kebahagiaan datang, mereka mengungkapkan dengan lagu yang riang. Begitu pula saat kesedihan melanda, nyanyi duka menjadi salah satu obat pelipur lara. Tidak ada jaminan pasti bahwa dengan menyanyi kita bisa mendapatkan kesenangan hati. Namun mengungkapkan isi hati adalah sebuah kebutuhan bagi setiap manusia.

anak kecil tersenyum manis
anak kecil tersenyum manis

Tersenyumlah maka dunia akan membalas sebuah senyummu dengan sejuta kebahagiaan. Demikian para pujangga berkata. Bukan bermaksud untuk menghibur hati para galauers, pepatah tersebut memang pantas kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Efek sebuah senyuman dapat mengubah hasil tindakan kita minimal dua puluh empat jam ke depan. Apakah Anda percaya? Percayalah, saya sudah membuktikannya selama bertahun-tahun dan saya merasa lebih baik setiap hari.

Tersenyum menghasilkan energi positif dalam diri manusia. Tidak perduli seberapa berat masalah yang Anda hadapi. Senyum juga menjadikan perasaan kita lebih rileks betapapun Anda sedang sibuk dan terburu-buru. Saya pernah ditanya oleh kawan-kawan di Tebuireng tentang kebiasaan saya yang tidak pernah terlihat bersedih. Mereka berkomentar: “Sampeyan kok selalu terlihat riang gitu, Cak. Kok bisa?” Saya hanya membalasnya dengan sebuah senyuman.

Saya jawab: Untuk apa menunjukkan kesedihan. Kalaupun kita sedih, itu tak layak kita tunjukkan kepada orang lain. Kalau mau menunjukkan sesuatu yang kita miliki, pastikan itu bukan hal buruk atau menimbulkan kerugian bagi orang lain. Hidup akan lebih indah kalau kita memandang dengan mata yang indah pula. Pandangan mata yang lesu akan menghasilkan kelesuan pula bagi masa depan. Tetaplah tersenyum walau kamu sibuk dan berduka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *