Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Mulai Belajar

PAUD Ar-Rahman Jombang Kembangkan Pendidikan Berbasis Karakter
PAUD Ar-Rahman Jombang Kembangkan Pendidikan Berbasis Karakter

Artikel kali ini sharing ringan yang saya dapat dari chat room. Singkat cerita, saya berkenalan dengan salah satu member penyedia panduan WordPress yang bernama Pak Son. Menurut penuturannya, usianya sepantaran dengan Bapak saya. Kira-kira 55 tahun. Mengetik keyboard-nya lumayan lama. Untuk menulis satu baris pertanyaan konsultasi butuh waktu sekitar 3 menit. Ini tentu berbeda dengan tingkah laku para tweeps yang gesit pencet-pencet tomblo reply dan RT.

Sejak awal berkenalan, beliau sudah mengakui bahwa mengenal bisnis online baru-baru ini, saat usia tak lagi muda. Oleh karena itu, saya pun memperlakukan member yang satu ini lebih hati-hati. Menuntunnya nggak bisa bras bres ala pemburu pertamax. Mesti ditunjukkan satu per satu halaman bab yang dimaksud. Oh, untuk plugin ini penjelasannya di halaman ini. Install software ini panduannya disini. Dan seterusnya.Yang membuat saya trenyuh, hal ini dilakukan hampir tiap hari. Dalam hati saya berkata: gile, nih bapak minat banget ya belajarnya. Telaten dan nggak gampang putus asa. Padahal kalau saya berada di posisi beliau, mungkin nggak akan sesabar itu dalam mencari ilmu. Buru-buru tabrak sana tabrak sini cari yang pas. Kalau nggak cocok ya saya tinggal lari. Hehehe.

Untuk orang tua kategori warisan ORBA (maaf kalau sebutan ini agak kasar), tentu nggak mudah mengubah pola pikir konservatif menuju arah bisnis internet yang terotomatisasi dan penuh ketidakpastian. Yang sering terjadi justru mereka memilih profesi PNS yang bergaji tetap dan menyediakan jaminan hari tua. Nggak mau gambling-lah ceritanya.

Never Ending Learning…

Apa yang bisa kita pelajari dari sini? Yang utama tentu saja belajar tidak kenal batasan usia. Memulai dari usia berapapun tetap ada peluang untuk menjadi master di bidangnya. Semangat yang ada pada diri Pak Son mewakili sebagian orang-orang yang menginginkan perbaikan kualitas hidup di usia senja. Kalau hasilnya nggak bisa dinikmati hari ini, bisa jadi akan diwariskan untuk anak cucu kelak.

Makanya, kalau saya lagi males to the max, saya coba ingat-ingat lagi profil Pak Son. Yang sudah segitu tua aja masih semangat, masak yang muda kalah. Wake up, boy! Saya nggak mau menunggu masa tua baru mulai belajar. Lebih cepat pinter itu lebih baik. Menunda-nunda hanya berakibat penyesalan di akhir. Ya iyalah, mana ada menyesal di depan.

Dan disetiap akhir percakapan Pak Son selalu berkata: mas Agus, doakan saya cepat bisa menguasai materi ini ya. Saya tertegun. Nggak salah tulis nih? Dari puluhan member yang saya kenal, cuma Pak Son yang masih sempat nyebut waktu belajar bisnis online. Keluguan, kepasrahan hidup dan keuletan yang berbalut dalam semangat belajar. Semoga bisa kita contoh.

47 Replies to “Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Mulai Belajar”

  1. Inspiratif sekali mas. Saya jadi bertambah wawasan, bahwa ternyata ada juga member yang sudah sepuh dan tetap mau ikut belajar. Salut untuk beliau.
    Ini pelajaran juga bagi kita semua, terutama saya yang harus terus berjiwa muda dalam menuntut ilmu. πŸ™‚

  2. bener sekali mas..harusnya ini bisa jadi motivasi kuat buat kita2 yang masih muda. Masih punya tenaga 300% lebih bersemangat.gak ada alasan males2an lagi..

    Tx mas inspiratif bgt

  3. Jadi ingat sama Pak Fauzi.. hehehe.. Meski udah tidak muda lagi tapi gaya dan semangat mengalahkan anak-anak muda. Jozz Tenan !!

    Generasi jaman dulu emang tangguh-tangguh ya. hehehehe…

  4. Sepertinya saya sering mendengar bahkan melihat komentar seperti itu khususnya para blogger, yang berkomentar.

    Ini bagus sekali sob, saya ingin sekali mempelajarinya tetapi sepertinya saya sudah terlambat.

    Akhirnya cuma bisa bahasa tinggi dan bilang blog yang hebat, nice sharing atau protes yang ga jelas. Nice mas agus keep on blogging dan sampai jumpa lagi.

  5. inspiratif story.
    kalau boleh sharing saya juga pernah punya asisten (PRT) yang lulusan SD. Karena semangat belajarnya sangat tinggi, kami sekolahin lagi di SMP Terbuka. Setelah tamat di SMP, ia pamitan keluar untuk bekerja di toko. Setelah beberapa tahun berlalu, saya mendapat informasi ia telah bekerja sebagai salah satu asisten manager di pasar swalayan di Kota Bandung. Dan yang lebih hebat lagi, sambil bekerja ia diterima juga di sebuah PTN ternama di Indonesia. Amazing !!

  6. semangat intinya, harapan sumbunya dan impian adalah pembakarnya.. halah… πŸ™‚

    yang jelas, saya selalu sejalan dengan mental-mental yang memiliki dorongan untuk maju tanpa disusupi kata putus asa didalamnya..

  7. hemmmmmmmmmmmmmm hanya bisa ngedehem saja mas Agus…. postingan ini bikin saya terenyuh. mas Agus bisa membuat pembaca sama terenyuhnya dengan enyuhan yang mas Agus rasakan. good job !

  8. itu bukan foto aslinya kan mas ? wkwkwk
    btw saya pernah gak yah minta doa biar cepet sukses ke mas agus ? πŸ˜€

  9. Wah jadi semangat nih untuk belajar dan belajar.Sudah sharusnya kita belajar bersama dan berbagi pengetahuan sesama blogger indonesia

  10. This document increases the easy rrn which we could observe the realism. However this is quite wonderful single and provides in-depth knowledge. Thanks for this fine information

  11. Oh my gosh many advantages! a great article guy. Cheers Nevertheless I’m having to deal with problem with 3rd thererrrs r rss . Don’t find out precisely why Incapable of enroll in the item. Maybe there is any of us purchasing comparative rss or atom potential downside? Anybody who is familiar with kindly react. Thnkx

  12. Should you’re yet undecided: snap up the best earphones, face all the down to an important Biggest score and enquire of to help select these folks in a Zune next an iPod and determine the one sound effects simpler an individual, combined with what town causes you to happy a lot more. Next you’ll are aware of and that’s perfect for you.

  13. Howdy, intriguing put up. I’ve been curious about this particular niche,which means that many thanks for putting up. I’ll surely always be subscribing to your website or blog. Stick to the excellent writes

  14. My partner and i most definitely accept as true with exactly what you have got declared. Really, I looked at through your many other blogposts but that you were really right. Great job in this internet site.

  15. I simply want to say I’m beginner to weblog and actually enjoyed you’re web-site. Likely I’m want to bookmark your website . You certainly have excellent articles. Bless you for sharing your webpage.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *