Tidak Ada Yang Sia-sia di Dunia, Pasti Ada Manfaatnya

Setiap manusia tentu pernah melakukan kesalahan. Namun sadarilah bahwa tidak ada hal apapun di dunia yang tersia-siakan. Semua perbuatan akan menuai hasil. Bahkan kesalahan yang besar pun dapat menjadi pelajaran yang baik bagi kehidupan manusia. Tentu saja semua akan terjadi jika manusia bersedia memikirkannya.

Bahkan perbuatan yang dianggap buruk dalam pandangan manusia, boleh jadi hal itu bagus dimata Allah. Manusia hanya bisa lihat luarnya. Sementara Allah Maha Mengetahui isi hati makhluk-Nya. Yakinilah, selama kita memiliki niat baik dan bersedia memperjuangkannya, maka Allah akan memberikan hasil yang nyata. Mungkin hasilnya tidak saat ini kita rasakan, tapi nanti.

Tidak ada yang sia-sia di dunia ini. Apapun yang telah kita kerjakan akan menuai hasil. Siapa menanam akan panen. Menanam kebaikan akan berbuah kebaikan pula. Begitu juga sebaliknya. Jadi, mari berlaku bijak dalam setiap kesempatan. Kita tidak pernah tahu kapan kita berhenti bernafas. Mari menjadi orang baik selama jantung masih berdetak.

Bagaimana jika kita terlahir tidak menjadi orang baik sebagaimana harapan semua orang? Mungkin anda akan merasa rendah diri karena tidak diharapkan menjadi orang-orang yang berperilaku tidak baik dimata manusia. Namun percayalah sekalipun Anda dipandang buruk dimata manusia anda tetap berperan aktif dalam menyebarluaskan kebaikan.

Bagaimana mungkin ada seseorang dianggap baik tingkah lakunya sementara tidak ada orang lain yang berbuat buruk. Adanya hitam disebabkan karena ada pula warna putih sehingga keduanya saling berlawanan dan dianggap sebagai dua warna yang kontras.

Sekalipun anda tidak dapat memberikan manfaat secara langsung kepada lingkungan tempat tinggal Anda, namun sejatinya anda telah memberikan kesadaran bagi orang lain untuk tidak berperilaku sama buruknya seperti yang telah anda lakukan.

Jadi, dimanapun posisi anda ataupun jabatan yang telah anda lakukan saat ini semuanya turut memberikan kontribusi bagi peradaban manusia. Jika anda sudah menyadari bahwa anda tidak dapat dikatakan orang baik maka langkah selanjutnya adalah Anda harus berusaha membuktikan bahwa anda layak disebut orang baik.

Ketika anda sudah mencapai kesadaran dalam diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan, maka Anda tidak perlu mendapatkan pengakuan dari orang lain untuk disebut orang baik. Cukup anda dan Tuhan saja yang maha mengetahui apapun yang terselip di dalam hati manusia.

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa mendatang.

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Tidak Ada Yang Sia-sia di Dunia, Pasti Ada Manfaatnya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *