Definisi Seni dan Sejarah Seni Menurut Beberapa Ahli

Karya Seni Gambar Siluet Glass Tokoh Hasyim Asyari
Karya Seni Gambar Siluet Glass Tokoh Hasyim Asyari

Kata seni berasal dari bahasa Sansekerta seni yang artinya persembahan, pelayanan, dan pemberian. Menurut Padma Puspita, kata seni berasal dari bahasa Belanda genie. Sedangkan kata seni dalam bahasa latin disebut geniu. Kata genius dalam bahasa latin memiliki arti kemampuan luar biasa yang dibawa manusia sejak lahir. Sedangkan dalam bahasa Inggris, kata seni dikenal dengan istilah art.

Dalam bahasa latin, kata seni juga dikenal dengan istilah ars yang berarti keterampilan atau kemahiran. Orang Yunani mengatakan bahwa ars sama dengan techne. Kata techne kemudian berkembang menjadi kata teknik. Jadi seni identik dengan teknik. Perubahan makna teknik saat ini telah berbeda jauh dengan jaman dulu. Meski demikian kalian harus tahu sejarahnya.

Penari Cilik Seni Tari Remo Boletan Gagrak Anyar Khas Jombangan
Penari Cilik Seni Tari Remo Boletan Gagrak Anyar Khas Jombangan

Pengertian Seni

Menurut Rima Yuli Astuti (2009) dalam buku ‘Apresiasi Karya Seni Tari’, seiring dengan perkembangan zaman maka makin banyak definisi seni berubah. Perubahan definisi Seni itu tergantung latar belakang pendidikan ilmuwan yang meneliti seni. Beberapa definisi seni menurut para ahli Seni adalah sebagai berikut.

Achdiat Kartamiharja berpendapat bahwa seni adalah kegiatan rohani manusia, bukan jasmani. Jadi seni adalah sesuatu yang dapat membangkitkan pengalaman bagi orang yang melihatnya. Setiap orang dapat menjalani pengalaman seni yang berbeda-beda meski memandang sebuah peristiwa yang sama.

Selanjutnya, Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah sehingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia. Pendapat Bapak Pendidikan Indonesia ini lantas menghasilkan pemeo di jaman modern: orang yang tidak menyukai seni adalah orang yang tidak punya perasaan.

Desain Kursi Santai Elegan dengan Harga Terjangkau
Desain Kursi Santai Elegan dengan Harga Terjangkau

Arti Kata Seni

Plato berpendapat bahwa seni adalah peniruan terhadap alam dengan segala seginya. Sedangkan Aristoteles mengatakan bahwa seni merupakan peniruan terhadap alam serta peniruan itu harus ideal dan serba baik. Idealisme seni jaman dulu tampak dari kemegahan dan ketelitian hasil karya seni patung, bangunan bersejarah, dan benda-benda seni.

Para seniman lukis berpendapat bahwa seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman visual dengan menggunakan media garis, bidang, warna, tekstur, serta volume dan gelap terang. Dalam hal ini, seni melibatkan indera penglihatan dan penghayatan jiwa. Sekali lagi, penilaian sebuah karya seni dapat bersifat subyektif tergantung pengalaman pribadi seseorang.

Benda-benda seni jaman sekarang bukan hanya dipandang saja. Telah banyak penerapan seni dalam kehidupan manusia modern. Gedung-gedung pencakar langit dibangun dengan seni arsitektur yang megah dan unik.  Desain interior kamar tidur diciptakan dengan menggunakan seni pewarnaan yang bagus. Bahkan pakaian manusia dibuat dengan seni desain yang unik.

Bagikan artikel ini melalui:

4 Replies to “Definisi Seni dan Sejarah Seni Menurut Beberapa Ahli”

  1. Seni itu bikin kita jadi egois.
    kita jadi nggak mau Mendengarkan nasehat orang lain.
    seni adalah bentuk individualisme diri yang muncul sejak zaman purbakala sampai dengan Sekarang.
    inilah satu-satunya Bidang yang tidak bisa diusik oleh orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *