HiLo School Draw & Play Ajak Siswa Sekolah Dasar Lomba Mewarnai Gambar

Para siswa kelas dua Sekolah Dasar Negeri Latsari terdengar bersorak gembira saat penulis memasuki ruang kelas II hari ini, Senin 18 November 2019. Mereka telah bersiap mengikuti lomba mewarnai gambar yang dilaksanakan oleh sekolah. Acara ini bernama HiLo School Draw and Play 2019. Beragam alat mewarnai telah tersedia di meja belajar siswa. Pensil warna dan krayon adalah jenis alat mewarnai yang paling banyak digunakan oleh para siswa.

Penulis membagikan lembar mewarnai kepada para siswa. Mereka menyambut dengan antusias. Langkah pertama yang penulis lakukan adalah membimbing para siswa untuk menuliskan identitas diri mereka pada lembar belakang gambar. Setelah mengisi nama siswa, sekolah, kelas, alamat, dan kota tempat tinggal, mereka pun mulai mewarnai gambar di atas kertas hitam putih ukuran A4. Lembar kertas gambar telah disedikan oleh sekolah.

“Boleh diwarnai pakai warna apa saja, Pak?” tanya Resly, siswa bertubuh mungil dengan suara melengking.

Teman-temannya segera menyahut dengan nada bergurau. “Namanya lomba ya terserah kamu mau diwarnai apa saja,” ujar Rifky, siswa yang duduk di bangku depan Resly. Anak-anak terlihat sangat ekspresif hari ini.

Seorang siswa tampak diam sejenak seraya memandangi lembar mewarnai yang masih kosong di hadapannya. Rupanya ia sedang mencari ide memilih warna krayon yang tepat dengan objek gambar. Perhatian siswa ini segera teralihkan ke kertas gambar. Ia mulai mengarsir lembar gambar dengan tekun. Teman-teman sekelasnya pun tak kalah sibuk mulai dari pukul 09.30 hingga pukul 11.00 WIB. Mereka semua terpacu untuk menjadi yang terbaik dan mewakili sekolahnya untuk berlomba di tingkat kecamatan.

“Hore! Aku sudah selesai,” ujar Nadhif, siswa yang dikenal pendiam tapi tekun menyelesaikan tugas guru. Hari ini dia berhasil menyelesaikan tugas mewarnai paling cepat diantara sembilan orang temannya di kelas dua.

Kriteria penilaian lomba mewarnai HiLo School Draw & Play ini adalah pada teknik mewarnai atau menggambar, kombinasi warna, kerapian, kreatifitas, dan orisinalitas. Terdapat dua jenis lomba pada event HiLo School Draw and Play 2019, yaitu lomba mewarnai dan lomba melengkapi gambar. Lomba mewarnai ditujukan oleh siswa kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 Sekolah Dasar. Sedangkan lomba melengkapi gambar diikuti oleh siswa kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 Sekolah Dasar.

Kerjasama Sekolah dan Perusahaan Swasta

Lomba mewarnai ini dilaksanakan oleh setiap lembaga pendidikan sekolah dasar negeri dan swasta di Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Setiap lembaga pendidikan bekerjasama dengan HiLo School, salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) produk susu brand HiLo dalam melaksanakan lomba mewarnai hari ini. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian acara dari rangkaian acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2019 di Kecamatan Mojowarno.

Usai pelaksanaan event HiLo School Draw and Play 2019 hari ini, para siswa SDN Latsari dijadwalkan akan mengikuti kegiatan minum susu bersama pada Rabu, 20 November 2019 mendatang. Puncak acara peringatan Maulid Nabi untuk siswa sekolah dasar di Kecamatan Mojowarno akan dilaksanakan pada 23-24 November 2019 mendatang melalui Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang dibungkus dengan kegiatan keagamaan.

Gebyar Sholawat Banjari dan Lomba Sholawat Banjari akan dilaksanakan pada Sabtu, 23 November 2019 di Lapangan Kecamatan Mojowarno. Berbagai persiapan pelaksanaan Gebyar Sholawat Banjari telah dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Sekolah Dasar Kecamatan Mojowarno. Acara tersebut rencananya akan dihadiri oleh Bupati Jombang dan Wakil Bupati Jombang. Kegiatan lomba Sholawat Banjari akan dilaksanakan pada malam harinya untuk memeriahkan suasana Maulid Nabi.

Semoga event lomba mewarnai yang dilaksanakan oleh sekolah bekerjasama dengan perusahaan swasta produses susu HiLo ini bisa meningkatkan kreatifitas siswa sekolah dasar di Kecamatan Mojowarno.

Keceriaan Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang di Parimono tahun 2017
Keceriaan Motif Baju Batik pada Acara Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang di Parimono tahun 2017
Bagikan tulisan ini:

3 Replies to “HiLo School Draw & Play Ajak Siswa Sekolah Dasar Lomba Mewarnai Gambar”

  1. Pemenang lomba Ini mendapat hadiah apa pak guru? jangan sampai anak-anak dibiasakan mengejar juara lomba untuk mendapatkan uang. itu sangat tidak mendidik dan menjadikan anak berbudaya materialistis.

  2. Masa bermain anak-anak harus diberikan secara cukup. Ingatlah bahwa masa kecil mereka tidak akan terulang kedua kali. tugas kita adalah memberikan sebanyak mungkin kesempatan bagi anak-anak untuk mengekspresikan dirinya. orang tua tinggal mengarahkan mereka ke jalan yang benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *