Mengajarkan Koreografi Mudah Untuk Anak-anak

Penari Cilik Seni Tari Remo Boletan Gagrak Anyar Khas Jombangan
Penari Cilik Seni Tari Remo Boletan Gagrak Anyar Khas Jombangan

Selama beberapa hari ini saya sibuk menyiapkan koreografi mudah untuk acara purnawiyata kelas 6 di sekolah tempat mengajar. Berawal dari rapat komite sekolah dengan perwakilan wali murid kelas enam, mereka menginginkan adanya acara purnawiyata untuk siswa kelas enam yang akan lulus tahun ini. Tidak seperti acara perpisahan kelas enam tahun lalu yang berlangsung sederhana, acara tahun ini dibuat lebih semarak dengan adanya prosesi wisuda.

Wisuda lagi? Rasanya baru kemarin saya menyelesaikan acara wisuda TPQ Al-Mujahiddin, sekarang sudah datang lagi acara wisuda. Okelah fine. Biarpun agak melelahkan, persiapan purnawiyata kelas enam tanggal 14 Mei 2018 nanti harus berlangsung dengan sebaik-baiknya. Ini yang pertama dan akan jadi tolak ukur acara-acara purnawiyata selanjutnya. Purnawiyata di sekolah dasar memang tidak biasa karena umumnya purnawiyata di laksanakan di jenjang sekolah menengah sampai dengan perguruan tinggi. Sebagai perhelatan perdana, purnawiyata kali ini membutuhkan persiapan khusus yang lumayan singkat.

Kegiatan yang cukup banyak menguras waktu dan tenaga adalah melatih koreografi anak-anak. Anak-anak belum pernha mendapat pelatihan menari secara terstruktur. Saya mendapat tugas melatih gerakan tari beberapa siswa putra. Selama ini mereka tidak pernah diajarkan dasar-dasar tari di mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Agak susah juga mengkreasikan gerakan tari yang sederhana dan mudah diikuti anak-anak. Meski demikian, jiwa seni saya menuntun mereka untuk tetap bersemangat mengikuti serangkain pelatihan koreografi. Koreo yang saya tawarkan cukup mudah.

Saya tidak kehabisan akal. Berbekal pengalaman menjadi pendamping siswa di acara tari remo masal di Alun-alun Jombang tanggal 2 Mei 2018 lalu, saya pun memasukkan unsur tari daerah dalam musik yang bergenre hip-hop. Tari tradisional yang sudah mereka kenal selama ini baru kuda lumping atau jaran kepang. Jaran kepang adalah seni tari tradisional Jawa yang pernah menjadi hiburan favorit warga di desa ini. Anak-anak sangat menyukai gerakan tari itu. Semoga hari Senin nanti mereka bisa beraksi lebih percaya diri di atas panggung. Ah, saya tak sabar menunggu aksi mereka di atas panggung.

Bagikan artikel ini melalui:

10 Replies to “Mengajarkan Koreografi Mudah Untuk Anak-anak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *