Definisi Dan Ciri-ciri Tulisan Pers Populer

Pawai Taaruf BMQ At-Tartil Cabang Jombang di Dempok Tahun 2017
Pawai Taaruf BMQ At-Tartil Cabang Jombang di Dempok Tahun 2017

Hallo kawan penulis di Indonesia! Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas definisi dan ciri-ciri tulisan pers berkualitas, maka pada artikel ini kita akan bahas definisi dan ciri-ciri tulisan pers populer. Apakah pengertian pers populer? Bagaimana ciri-ciri tulisan pers populer? Siapakah yang menyukai tulisan pers populer?

Menurut Haris Sumadiria, ciri khusus pers populer adalah tulisan dan berita yang dipublikasikan bersifat fleksibel. Ini artinya penerbitan pers populer memilih cara penyajian yang sesuai dengan selera zaman, cepat berubah-ubah, sederhana, tegas, lugas, enak dipandang, mudah dibaca, kaya warna, dan sangat kompromi dengan tuntutan pasar. Apapun yang disukai oleh pembaca akan ditampilkan.

Mengikuti Kebutuhan dan Selera Pasar

Pers jenis ini menyukai pilihan kata, ungkapan, idiom, atau judul yang diambil dari percakapan yang sedang populer dalam masyarakat. Misalnya kata-kata Syahrini ‘Alhamdulillah yah…’ dan ‘Sesuatu banget…’ sempat menjadi headline sejumlah media cetak di tanah air. Ciri pers populer yang lain adalah sangat menekankan nilai serta kepentingan komersialisasi. Nilai informasi, faktor kebaharuan, dan isu bombastis merupakan senjata andalan pers populer.

Djen Amar dalam buku Hukum Komunikasi Jurnalistik menyatakan bahwa penerbitan pers populer memilih cara penyajian dan pendekatan yang kurang etis, emosional, bombastis, dan kadang-kadang terkesan sadis. Dalam pandangan pers populer, segala sesuatu harus bisa dilakukan atau bisa diubah demi memenuhi kebutuhan dan kepuasan khalayak pembaca. Materi laporan, tulisan, dan ulasan pers populer umumnya ringan.

Pers populer lebih banyak dimaksudkan untuk memberikan informasi dan hiburan. Hal ini bisa kita buktikan dengan banyaknya tabloid infotainment yang memilih berada pada pihak pers populer. Mereka mengutamakan aktualitas informasi, terutama gosip artis terbaru yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat. Sasaran pembaca pers populer adalah kalangan menengah ke bawah, baik dilihat dari sisi status sosial maupun diteropong dari kacamata strata intelektual.

Mudah-mudahan info ghost writer bersama blog The Jombang Taste kali ini bisa berguna untuk setiap penulis lepas, freelancer writer, dan penulis artikel di Indonesia. Ayo menulis!

2 Replies to “Definisi Dan Ciri-ciri Tulisan Pers Populer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *