Kekuatan Tersembunyi di Balik Social Media

Teknik persuasi adalah satu hal yang saat ini banyak dilakukan para internet marketer dalam sosial media. Sosial media seperti halnya televisi, tidak selamanya menarik. Kadang terlihat membosankan karena diisi update yang tidak menarik. Banyak ahli mengatakan sosial media bukanlah tempat yang tepat untuk berjualan. Dan saya pikir pendapat ini ada benarnya. Yang lebih penting dalam sosial media adalah interaksi dengan calon pelanggan.

Anda harus bisa membedakan berinteraksi dengan klien Anda atau sedang menjual. Sales terbaik selalu bersedia berinteraksi dengan klien dalam kondisi dan keadaan bagaimanapun. Mereka tak pernah berhenti memberi informasi yang berharga dan sesuatu yang bermanfaat. Jika Anda menggunakan sosial media untuk menjual barang dengan cara berteriak-teriak layaknya penjual obralan sepuluh ribu dapat tiga di pasar kaget, itu adalah kesalahan yang cukup fatal.

Sosial media adalah media yang sangat tepat untuk meningkatkan penjualan. Dia mampu mempengaruhi orang lain secara efektif dan membentuk personal branding seseorang dalam komunitas yang dipilih. Tentu saja terdapat sejumlah etika yang harus dipahami dalam hal ini. Misalnya tidak melakukan multiple mention (sekali mention menyebut banyak orang), ini terlihat seperti deretan kereta api Argo Bromo ngetem di stasiun Wonokromo. Etika lain adalah tidak melakukan spamming, mention tanpa jelas asal usulnya dengan menyertakan link menuju sebuah web.

Kekuatan Tersembunyi di Balik Social MediaSumber gambar: Titiw.Com

Ada banyak tokoh di negeri ini yang berhasil menjadi selebtwit (orang yang memiliki pengaruh kuat dalam microblogging Twitter) bukan karena mereka rajin menawarkan barang dagangan lewat akun Twitter. Contohnya Pak Nukman. Saya amati sejak pertama kali follow tahun lalu Pak Nukman hampir tidak pernah mengajak follower-nya untuk membeli produk atau layanan tertentu.

Sebaliknya, beliau tetap menjadi manusia biasa yang suka berbagi kisah sehari-hari bahkan yang sederhana sekalipun. Misalnya tanaman pohon kopi di halaman rumah, kepompong yang ada di kebun belakang dan lain-lain. Hanya sesekali beliau memberikan kultwit singkat peranan sosial media bagi sebuah perusahaan. Dan anehnya, tiap kali diadakan seminar yang dihadiri oleh beliau, pesertanya hampir selalu penuh.

Aktif di sosial media bukan berarti mengubah kita menjadi robot. Interaksi sebagai manusia ke manusia tetap yang utama. Jika kita berhasil membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan komunitas tersebut, bukan mustahil sosial media mampu meningkatkan potensi dan kompetensi dalam bidang yang ditekuni. Sangat tidak disarankan pacaran di timeline Twitter. Bukan saja kesannya pamer pasangan dan kayak anak urakan, tapi lihat dong kawan kanan kiri. Kayak yang lain cuma ngontrak aja 🙂

Enjoy Blogging Enjoy Writing!

22 Replies to “Kekuatan Tersembunyi di Balik Social Media”

  1. Menurut saya, Facebook tak kalah dahsyatnya juga dibandingkan dengan Twitter. Tapi sayangnya, mas Agus lebih milih mundur dari Facebook yach. Padahal ada beberapa kelebihan dari Facebook yang tidak dimiliki oleh Twitter.

  2. selama ini saya memakai FB untuk interaksi, baru2 ini coba untuk memakai twitter juga. Kalo untuk kekuatan atau power pendongkrak popularitas, saya belum mendapatkan itu, bagi saya bisa berinteraksi selain blog karena memang di FB temen2 saya banyak yang belum punya blog

  3. Unquestionably believe that which you stated. Your favorite justification seemed to be on the net the easiest thing to be aware of. I say to you, I certainly get annoyed while people consider worries that they plainly do not know about. You managed to hit the nail upon the top and defined out the whole thing without having side-effects , people can take a signal. Will likely be back to get more.

  4. There is no calamity greater than lavish desires. There is no greater guilt than discontentment. And there is no greater disaster than greed.xpqpliscr hot localsingles xpqpliscrVery nice blog eh

  5. Its like you research my mind! You appear to master therefore considerably about this, like you authored the e-book in it or something. I believe that can be done with some photos to generate the content home only a little bit, but apart from that, that is superb weblog. A superb read. I will certainly be back..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *