Melejitkan Traffic Blog Dengan VIVAlog Dari VIVANews

bagaimana menentukan pilihan terbaik dalam hidup
bagaimana menentukan pilihan terbaik dalam hidup

Mempunyai blog pribadi dan mendapat kunjungan melimpah dari pengguna internet adalah harapan setiap blogger. Tidak peduli blog Anda telah ter-monetasi untuk tujuan mencari uang, maupun blogger murni yang berfungsi sebagai tempat sharing dan berbagi ide dengan orang lain. Atau bahkan jika niat Anda ngeblog sekedar ingin meramaikan hingar-bingar blogosphere Indonesia, semuanya butuh traffic dan interaksi dengan pembaca sebagai pertanda bahwa blog tersebut hidup.

Namun apa jadinya kalau sudah promosi blog kesana kemari namun belum menemukan hasil? Kali ini saya mau berbagi info, bukan baru sih tapi lumayan belum banyak yang tahu dan memanfaatkan. Untuk mendongkrak traffic blog nggak ada salahnya kita bergabung dengan VIVAlog atau Vlog dari VIVANews. Ini adalah salah satu kategori artikel dalam portal berita VIVANews.Com yang isinya merupakan rangkuman artikel-artikel pilihan dari para narablog di Indonesia. Mirip Lintas Berita.Com gitu, tapi yang ini ada ciri khas tersendiri.

Ciri khas tersebut saya anggap sebagai keunggulan Vlog dibanding portal blogger lainnya. Menurut saya keunggulan utama adalah artikel yang diterbitkan adalah yang terbaik dan pilihan dari begitu banyak artikel yang di-submit. Ini saya buktikan sendiri, dalam sehari saya submit artikel 3 buah tapi yang ditampilkan hanya 1 atau 2 saja. Jika artikel tidak memiliki konten berkualitas, tidak orisinil dan topik terlalu umum, akan sangat sulit bisa terbit disini. Syarat lainnya langsung saya cuplik dari halaman VIVAlog sebagai berikut:

  • Blog terpilih akan ditampilkan di halaman muka VIVAnews secara berurutan. Hanya alinea pertama dari artikel Anda yang akan kami tampilkan di VIVAnews. Tulisan selengkapnya akan kami link back ke blog atau website Anda, sehingga Anda akan mendapatkan tambahan traffic pengunjung dari kami.
  • Tiap kali mengirim blog, sertakan foto atau gambar yang ingin ditampilkan serta URL artikel tersebut di blog atau website Anda.
  • Redaksi VIVAnews memiliki otoritas penuh untuk menyeleksi, mengedit, dan tidak menampilkan artikel atau gambar yang Anda kirim.
  • Setiap artikel atau foto/gambar yang Anda kirimkan tidak melanggar hak cipta pihak ketiga.
  • Anda setuju membebaskan VIVAnews dari segala tuntutan dan implikasi hukum yang ditimbulkan oleh artikel dan/atau foto/gambar yang Anda kirimkan.
  • Mendaftar sebagai anggota VIVAnews.
  • Tidak melanggar semua syarat dan ketentuan seperti dirinci dalam halaman disclaimer.

Manfaatkan Arsip Blog Untuk Melipatgandakan Traffic

Apakah setiap artikel yang tampil akan dibayar pihak VIVANews? Jawabnya tidak. Namun keuntungan yang blogger dapatkan lumayan maknyus. Salah satu artikel saya bisa melipatgandakan kunjungan blog ini dari yang rata-rata 600 visitor per day menjadi 1250 kunjungan pada hari artikel tersebut tayang. Ya, paling tidak kita tidak perlu susah payah blogwalking untuk mendapatkan backlink dan traffic gratis namun berkualitas. Lagi pula segmentasi pembaca VIVANews begitu banyak, masak dari ribuan orang tidak ada yang ngeklik link artikel menuju blog Anda.

Cukup sediakan arsip blog yang artikelnya bagus lalu Anda register jadi member. Silakan tunggu tim Vlog akan menyeleksi artikel dan ditampilkan. Bagaimana kalau arsip blog saya kualitasnya nggak karuan, kan masih mulai ngeblog? Menurut saya ini cuma masalah kepercayaan diri. Kalau nggak ada artikel lama ya artikel baru juga bisa. Lagi pula setiap orang bisa memiliki standard yang berbeda dalam menilai sebuah tulisan. Coba aja deh, kalau ditolak nggak bakalan dihukum pancung kok. πŸ™‚

Beberapa artikel saya yang sudah dimuat di Vlog adalah gabungan dari artikel blog ini dan blog Agus Siswoyo.Net. Diantaranya adalah:

Tips dan Trik Submit Artikel ke Vlog

Ada trik sederhana yang mau saya bagi supaya artikel Anda bisa dimuat di Vlog. Yang pertama, dalam waktu 24 jam usahakan submit artikel tidak lebih dari 3 buah. Saya menduga tim Vlog memakai asas keadilan dan semangat berbagi. Nama-nama pemilik artikel memang ada yang sama, namun kebanyakan dibagi rata dengan blogger lain supaya tidak ada yang benar-benar menjadi ‘penguasa tunggal’ koleksi artikel Vlog

Tips kedua, luangkan waktu permak penampilan artikel lama yang akan di-submit. Ingat, Vlog adalah bagian dari VIVANews yang bergerak dalam koran digital dan faktor penampilan artikel menjadi pertimbangan penting dalam pengetahuan dasar jurnalisme. Periksa gambar yang link-nya sudah broken dan ganti dengan yang lebih bagus. Jika Anda sedang mengikuti kontes SEO, tidak ada salahnya menyelipkan URL artikel kontes ke dalam salah satu anchor text. Mungkin saja ada pembaca yang penasaran dan nge-klik URL tersebut. Lumayan kan nambah traffic artikel kontes.

Oke deh, itu dulu artikel sharing kali ini. Yang jelas ada banyak cara untuk mempromosikan artikel blog. Tergantung Anda lebih suka cara yang mana dan seberapa sering mengasah kreatifitas diri. Blogging itu asyik dan mengandung umpan umpan umpan, eh mengandung potensi yang besar untuk dijadikan sebuah profesi. Tergantung kita sendiri mau atau tidak serius di bidang ini. Maju terus dunia blogging Indonesia!

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

Bagikan artikel ini melalui:

64 Replies to “Melejitkan Traffic Blog Dengan VIVAlog Dari VIVANews”

  1. Lama tak berkunjung,mas. Begitu berkunjung dapat ilmu baru. hadewww. Mantap tenan,mas. Blog yang sangat inspiratif. Salam persahabatan selalu

  2. tidak ada salahnya ikutan gabung mumpung gratis, kalaupun tidak menambah traffic blog saya masih banyak kesempatan mendapatkan ilmu dari sana.

  3. Wow, ini peluang bagus. Saya mau nyobain ah. Mau daftar dulu, lalu milih-milih postingan mana yang sekiranya layak untuk dibagikan di situ.

  4. Bingung juga nih kalau mau daftarin posting yg mana…. jadi kurang pede gitu, hehe..
    Ini memang bisa mendongkrak traffic ya mas karena pihak Vlog cuma mabil exerp posting blog kita yang udah disumit… Makasih banyak mas infonya saangat berguna nih…

  5. aku juga udah mulai menggunakan v-log ini mas agus.
    Malah yang ngundang anak vivanewsnya langsung dan insya Allah beberapa hari lagi akan ada gathering blogger di jakarta.
    Emang bener, habis submit di vlog ada kenaikan traffic.

    1. Di dashboard area kan ada menu “Incoming Links”, nah itu kalau ada artikel kita dipublikasikan maka akan muncul notifikasi dari Google search. Sama seperti kalau kita dapat backlink dari artkel teman blogger lain. Misal:

      unknown linked here saying, “Merasakan sensasi pedas urap-urap bumbu Madura. – …”

  6. Nice post πŸ™‚

    bisa bantu saya melejitkan posting2an saya ga bro πŸ™

    masi baru nih , butuh bmbingan , huhuuu …
    mampir ke blog saya ya T.T

  7. wah, mau mas kebanjiran trafic, TKP deh, dan siap-siap mengirim beberapa artikel yang bakal kebanjiran trafic. hehehe.

  8. kayaknya masih ga begitu pede mas kalo nulis artikel karena bahasa saya campur aduk lagi banyak belajar di blog ini biar bahasane teratur

  9. Ping-balik: Laporan Statistik Trafik KafeGue Juni 2011 | KafeGue.com
  10. I just want to mention I am very new to blogging and certainly enjoyed you’re page. Most likely I’m going to bookmark your website . You definitely have incredible well written articles. Thanks for sharing with us your web-site.

  11. I am not sure where you are getting your info, but great topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for excellent info I was looking for this information for my mission.

  12. Very good picking the correct to go about the following, Personally i think truly over it and really like discovering much more this specific subject. If you can, when you secure expertise, should you your thoughts adding to your website a lot easier tips? It is very ideal for my family.

  13. Makasih untuk tip naikkan traffik yg belum semua orang bisa tulis mas.. Alhamdulilah, dari 3 artikel yg saya submit, 2 diantaranya di terima dan posisinya langsung melejit di pencarian Google. Nah, pertanyaan saya, situs apalagi sih yg semacam Vblog Vivanews yg kerjanya seperti itu? Mudah2an ada lagi, jadi artikel dan blog saya bisa kebanjiran air… Eh salah! Kebanjiran pengunjung.. Makasih, mhn masukkan dan pencerahannya πŸ™‚

  14. Terrific review! This is truly the type of article that should be shared around the web. Sad on the search engines for not positioning this blog post higher!

  15. Great review! You actually touched some valuable things here. I came across it by using Yahoo and I’ve got to admit that I already subscribed to the site, it’s very great πŸ™‚

  16. maaf gan,saya mau tanya !.
    Saya sudah daftar di viva,dan sudah pernah berhasil submit artikel.tapi sekarang saya menghadapi masalah yaitu,setiap login kembali lagi ke halaman sebelumnya (tidak bisa login).apa masalah dan cara penyelesaiannya,tolong bantu gan,terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *