Menang Kuis Twitter, Dapat Ebook Sekolah Menulis Online

Kejadiannya minggu lalu, suatu siang saya iseng-iseng nge-cek timeline twitter. Ternyata Pak Jonru sedang membuat kuis membuat tagline untuk mem-follow @belajarmenulis dengan hashtag #belajarmenulis. Dan hadiahnya adalah ebook Sekolah Menulis Online dari BelajarMenulis.com

Saya iseng-iseng ikutan kuis ini. Saya penasaran saja, seberapa heboh sih para follower Pak Jonru menanggapi acara ini. Dan di bawah ini adalah tiga timeline yang saya buat. Setelah membuat tweets ini, saya kembali melanjutkan aktifitas kerja.

Saya hampir lupa kalau sudah ikutan kuis. Sehabis sholat maghrib saya buka lagi akun twitter. Dan alhamdulillah menang.

Apa sih yang istimewa dari kejadian kecil ini? Kalau dibilang spesial banget sih nggak. Cuma ada beberapa hal yang membuat saya senang.

Yang pertama, tentu saja saya dapatkan secara gratis melalui proses seleksi. Dari dulu yang gratis memang selalu menarik. Hehehe.  Beda kalau saya beli pakai uang sendiri. Itu sih wajar saja. Untuk kali ini saya harus bersaing dengan ratusan follower @jonru dari seluruh Indonesia.

Yang kedua, siapa yang tidak kenal Jonru Ginting. Namanya sudah menjadi jaminan dalam dunia penulisan, baik fiksi maupun non fiksi. Sejumlah buku telah dihasilkan dari tangan dinginnya. Termasuk mendirikan situs penulislepas.com yang mewadahi para penulis pemula untuk aktif menyuarakan pikiran mereka sesuai kategori yang dipilih.

Lalu, apa isi ebook SMO ini? Beberapa hal yang dibahas adalah:

1. Rahasia terbesar dunia penulisan.

Dalam pembahasan ini, diungkap alasan kenapa ada penulis yang mudah mengungkapkan pikiran mereka melalui tulisan namun ada pula yang sering mengalami kebuntuan ide.

2. Menentukan fokus dan sudut pandang.

Salah satu kelemahan penulis pemula adalah tidak bisa fokus pada satu sudut pandang. Ibaratnya berlari-lari dari satu titik ke titik lainnya. Inilah yang sering membingungkan pembaca.

3. Seputar konflik dalam tulisan.

Konflik ini berupa konflik terhadap dirinya sendiri, terhadap manusia lain maupun terhadap lingkungan tempat tinggal. Yang ditekankan adalah konflik tidak selalu heboh, berdarah-darah dan tragis.

4. Kiat menulis di internet.

Ini adalah bagian kesukaan saya. Dalam ebook ke-empat ini dijelaskan pemilihan judul yang menarik, penekanan bahasa tulisan, panjang tulisan, pemanfaatan hyperlink dll. Pada dasarnya, kita-kita para blogger telah mempraktekkan tips ini.

Oke, itu dulu yang bisa saya bagi kali ini. Kapan-kapan saya sambung dengan cuplikan materi dasar SMO.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Menang Kuis Twitter, Dapat Ebook Sekolah Menulis Online”

  1. Sempet bingung waktu baru mulai aktif nulis, tapi setelah baca2 artikel ini saya jadi punya semangat lagi untuk kembali nulis. yah walaupun belum mahir tapi saya akan terus mencoba. thanks infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *