Social Media: Promosi Website Lewat Facebook Masih Ampuh

Perkembangan website social media makin ramai mengisi pergaulan dunia maya. Tiap hari kita disuguhi oleh beragam inovasi website lama dan kemunculan jejaring sosial baru yang menawarkan fungsi hampir sama.

Salah satu website yang menjadi sorotan pengguna internet adalah Facebook. Facebook menjadi bahan obrolan karena dinilai mulai bikin bosan penggunanya. Banyaknya link yang bertebaran di sidebar kiri dan kanan seringkali membuat pengguna tidak fokus. Selain itu, kehadiran social network Google+ juga dinilai sebagai ancaman serius bagi Facebook sebagai website paling populer di internet.

Akibatnya, banyak pemilik akun Facebook yang mulai berbondong-bondong meninggalkan situs karya Mark Zuckenberg ini menuju jejaring sosial lain seperti Twitter dan Google+. Saya dan teman-teman termasuk diantara mereka yang meninggalkan Facebook. Ada yang bilang Facebook sudah ketinggalan jaman dan sekarang mulai mencontek model yang dipakai Google+. Anda boleh setuju maupun tidak, selebihnya silakan periksa sendiri.

Social Media: Promosi Website Lewat Facebook Masih Ampu
Social Media: Promosi Website Lewat Facebook Masih Ampu

Facebook Masih Menjadi Pusat Trend Jejaring Sosial

Boleh saja beberapa televisi swasta (khususnya tipiwan dan metrotipi) memantau perkembangan kebebasan berekspresi di internet melalui trending topic Twitter, namun kedudukan Facebook masih menjadi hal yang patut diperhitungkan. Berdasarkan analisa AWstats beberapa website yang saya kelola, aliran pengunjung dari Facebook masih menempati posisi tiga teratas. Padahal saya sudah lama tidak login ke Facebook. URL yang masuk adalah update otomatis dari aplikasi Twitterfeed.

Mungkin Anda mengatakan saya termasuk tukang nyepam dengan menebar link ke timeline Facebook. Emang iya kok. Hehehe. Saya sudah nggak ada waktu buat chit-chat di Facebook dan menjadikan website dominan warna biru ini hanya sebagai link farm saja. Meski demikian, teman-teman saya banyak yang ngeklik url tersebut dan baca artikel yang diterbitkan. Nggak semuanya meninggalkan komentar sih, maklumlah mereka kebanyakan bukan blogger dan nggak tertarik bahas bisnis online.

Jadi, apa yang harus dilakukan dengan Facebook? Saya yakin Anda punya alasan masing-masing untuk setia dengan Facebook maupun hengkang dari sana. Namun kalau lihat potensi traffic yang dihasilkan kok ya mubadzir kalau nggak dimanfaatkan. Kalau orangnya nggak pernah login, minimal kita punya banyak teman (saya sendiri punya teman 2475 orang) lalu url artikel terbaru bisa segera masuk timeline dan menarik perhatian pengunjung. Hehehe. Minimal 5 persen teman kita mau ngeklik. Lumayanlah daripada nggak ada usaha sama sekali.

Bagaimana dengan pengalaman Anda melakukan promosi website dengan situs jejaring sosial Facebook? Masih betah disana atau sudah cabut? Silakan berbagi disini.

Bagikan artikel ini melalui:

26 Replies to “Social Media: Promosi Website Lewat Facebook Masih Ampuh”

  1. Saya tipe orang yang amat sangat jarang update status di facebook, ya itu tadi bosan dan membosankan, hanya sekedar cuap-cuap say hallo. Namun facebook masih tetap media yang cukup ampuh mendatangkan pengunjung. Dan kebanyakan blog termasuk blog-blog populer kelas dunia tetap setia memasang facebook fans page, tidak termasuk situs blog mas Agus Siswoyo ini tentunya.

  2. saya masih betah di sana mas, terutama di halaman page yang dikhususkan untuk penggemar blog (ngarepnya begitu). diharapkan mampu dijadikan sarana berlangganan artikel selain lewat feedburner. dan hasilnya jauh lebih besar ketimbang promosi lainnya menggunakan sosmed. dari situ juga saya banyak belajar, agar selalu membangun relationship lebih dulu ketimbang tautan link meskipun sudah terset secara otomatis.

  3. Lho, kok sama kita, Pak. Saya juga males banget login ke Facebook, jadi timeline di profil saya ya cuma posting-posting baru di blog, feed dari akun eBay, juga YouTube. Yah, buat nambah-nambah trafik ajalah. Eh, tapi saya masih sangat terbantu dengan layanan pesan di Facebook ding. Jadi fungsinya gak lebih sebagai imel saja. Hehehe…

  4. lagi belajar ngeblok. fb sich dibilang penting gak penting. setiap situs ada kelemahan dan keunggulan. yuk kunjungi web baruku belajar. kalau gak penasaran gak usah kunjungi cuman ada waktu bebrapa detik kunjungi yach. suwun 🙂 😉 met kenal dan beraktifitas

  5. I always like to have a read about such things, my blog is related if you want to have a look round it please feel free. I have added yours to my bookmarks.

  6. Just right utilizing this type of write-up, I just anticipate this great site expects significantly more concern. I’ll more likely be all over again to find out rather more, great in which information.

  7. saya pake twitter sama facebook… meskipun ane blum terlalu paham cara mengoptimasi twitter.. :). tapi kebanyakan traffik sih dari facebook.. masih belajar nih, bagaimana mengoptimasi sosial media….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *