Tips Mempromosikan Website Melalui Social Media

Setiap hari jutaan pengguna internet melakukan login ke situs jejaring sosial. Anda akan mendapatkan limpahan traffic web bila mengetahui cara promosi web yang tepat.

Apakah Anda kecewa karena sudah menulis artikel berjam-jam saat dipublikasikan tidak mendapatkan traffic yang memuaskan? Jangan patah semangat dulu. Memang benar bahwa konten adalah raja. Apalagi update algoritma Google Panda diyakini mengutamakan original dan fresh content. Namun konten yang berkualitas belum cukup mampu menarik perhatian pengunjung jika mereka belum diberi tahu keberadaannya. Anda masih punya satu tugas lagi, yaitu mempromosikan website.

Promosi web dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara populer yang saat ini berkembang adalah memanfaatkan social media atau jejaring sosial. Situs pertemanan berhasil menyedot perhatian sebagian besar pengguna internet di dunia. Secara berulang dan frekuensi yang cenderung teratur, jutaan manusia di seluruh dunia mengakses situs jejaring sosial. Jika Anda tidak memanfaatkan moment ini maka Anda akan kehilangan kesempatan besar mendapatkan traffif website.

Tips for Social Media Specialist

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda coba untuk memaksimalkan promosi web melalui situs jejaring sosial.

1. Pilih sosial media yang sesuai dengan kategori website Anda.

Setiap situs sosial media dan social circle memiliki ciri khas masing-masing. Ada yang timeline-nya di dominasi dialog tanya jawab antar pengguna. Ada pula yang berfungsi sebagai tempat sharing satu bidang pengetahuan. Anda harus memahami kecenderungan perilaku masing-masing pengguna situs tersebut. Jika salah mengambil kesimpulan, bisa jadi Anda akan dianggap alien, spammer, junker maupun tukang menebar sampah di timeline.

Bagaimana mengetahui tingkah laku mereka? Tidak ada cara terbaik selain bergabung ke dalam komunitas tersebut. Setelah Anda memahami karakter masing-masing pengguna, selanjutnya Anda bisa fokus kepada satu atau dua situs yang benar-benar mendukung menghemat waktu online. Misalnya: Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+ dan lain-lain. Tidak ada situs terbaik dalam hal promosi web. Kegagalan yang terjadi pada umumnya karena salah memilih situs jejaring sosial yang sesuai market Anda.

2. Ciptakan profil yang menarik dan sesuai branding.

Untuk hasil yang lebih baik, Anda harus menentukan profil yang mendukung penciptaan personal branding yang sesuai dengan tujuan usaha. Hal-hal kecil seperti username, foto profil, biodata singkat user, dan url website sekilas memang tidak tampak berpengaruh. Namun untuk tujuan jangka panjang, orang akan mengenal Anda sebagaimana apa mendeskripsikan diri sendiri di khalayak pengguna internet.

Untuk segmentasi tertentu memerlukan cara yang berbeda dalam membuat profil diri. Misalnya, bila Anda terjun ke social circle pencinta musik rock maka akan sangat aneh kalau memakai avatar sama dengan pas foto yang tertera di ijazah sekolah. Hindari juga memakai username yang terkesan allay untuk tujuan promosi bisnis Anda.

3. Ikut berpartisipasi dalam percakapan antar pengguna.

Inilah ruh jejaring sosial. Sebagai tempat berkumpulnya berbagai macam karakter pengguna internet, akan sangat aneh kalau Anda bersikap layaknya robot yang tidak bersedia diajak bercakap-cakap. Kadang kala seseorang terlalu sayang mengisi timeline akun miliknya sehingga terkesan jaim (jaga image). Beberapa bahkan enggan membalas sapaan yang lain. Lantas, dimanakah fungsi ‘jejajaring’ sosial? Bukankah yang namanya jaringan harus melibatkan kontak dengan banyak orang?

Berdialog dengan pengguna lain bukan saja cara bagus berbagi pengetahuan. Namun bisa jadi langkah awal yang bagus dalam membangun kepercayaan publik. Kalau sudah kenal biasanya orang akan menceritakan permasalahan yang dialami (baca: curhat) sesuai kapasitas Anda. Dan kalau ini berlangsung secara terus menerus bisa menimbulkan ketergantungan emosial dengan Anda. Selanjutnya, mau monetasi web bukan lagi hal yang sulit.

Selain melalui jejaring sosial tentu masih ada cara lain dalam memperkenalkan website Anda ke seluruh pengguna internet di dunia. Bisa berupa cara alami blogwalking, submit konten berkualitas ke artikel direktori, bergabung ke dalam forum dan beberapa alternatif lainnya. Kuncinya adalah beritahukan sebanyak mungkin manfaat mengunjungi website Anda. Karena akan percuma kalau Anda capek-capek menulis tapi tidak ada yang membaca.

Ada yang mau menambahkan tips promosi website lainnya?

32 Replies to “Tips Mempromosikan Website Melalui Social Media”

    1. kayaknya gitu deh mas. jadi sosial dan fokus. mending satu tempat tapi maksimal daripada semua diikuti tapi setahun sekali baru log in.

  1. belum nyoba mas,
    tpi saya sependapat dengan anda, memang kalo kita mempromosikan lwat jejaring sosial, akan lebih baik, trafik pengunjung juga bisa makin bertambah. .

  2. menyomak gan, namun dari sampling analisis 42 ribu plus plus efektifitas fesbuk sudah menurun drastis dari, taruhlah setahun kemaren…

  3. hi teman2 indo segera bergabung .paupei,.com , web ini berlisence dari setiap module mau pun plugin dan dalam update 2 jam sekali serta mengunakan anti spam dari hacker lainnya…, dukung terus web sosial indonesia dan maju terus negara kita.., jangan lupa bergabung yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa, thanks

  4. It is a good idea to use a professional coach in this area, as you really do get a better input, and you can get a much better idea of the right questions you need to ask, and of course, your personal branding goals and expectations.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *