PGPQ At-Tartil Jilid 1 Pertemuan 1 di Masjid Al-Huda Menganto, Mojowarno, Jombang

Pendidikan Guru Pengajar Al-Quran (PGPQ) At-Tartil telah dilaksanakan untuk pertama kali pasca pandemi di Mojowarno pada hari ini Ahad, 4 Oktober 2020. PGPQ At-Tartil dilaksanakan oleh Yayasan Belajar Membaca Al-Quran (BMQ) At-Tartil yang berpusat di Sidoarjo. PGPQ At-Tartil hari ini memasuki pertemuan pertama Jilid 1. Kegiatan ini berlangsung di Masjid Al-Huda Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang.

PGPQ At-Tartil hari ini diikuti oleh 54 orang peserta. Para peserta berasal dari lembaga Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) se-Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Sebagian peserta berasal dari luar Kecamatan Mojowarno. Acara pembinaan guru TPQ ini dimulai pukul delapan pagi. Para peserta mengikuti kegiatan dengan tertib. Ustadzah Bai Rochaini bertugas sebagai pembina PGPQ hari ini.

Ustadzah Bai Rochaini memberikan banyak semangat kepada peserta PGPQ At-Tartil. Beliau mendorong setiap pengajar TPQ untuk selalu belajar dan meningkatkan pengetahuannya dalam mempelajari dan mengajarkan Al-Quran. Pertemuan pertama Jilid 1 Buku At-Tartil memberikan kesempatan kepada setiap peserta untuk mempelajari makhorijul huruf hijaiyah yang baik dan benar.

“Bahkan orang Cina yang non muslim pun saat ini mempelajari Bahasa Arab. Apalagi kita umat Islam yang memiliki kitab suci berbahasa Arab maka sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mempelajari bacaan huruf-huruf Arab,” demikian dikatakan oleh Ustadzah Bai.

Kesempatan pertama belajar membaca Al-Quran ini juga membahas teknik mengajar santri Jilid 1. Kelas dimulai dengan simulasi doa bersama sebelum memulai belajar di TPQ. Doa pembuka berisi bacaan dua kalimat syahadat, sholawat Nabi, asmaul husna, surat al-fatihah, dan doa sebelum belajar. Sebagian peserta PGPQ membawa catatan asmaul husna untuk mengikuti kegiatan doa pembuka.

Rangkaian pengajaran santri pada jilid 1 At-Tartil dimulai dengan talqin dan itiba. Setelah itu kegiatan berlanjut dengan urdhoh klasikal menggunakan alat peraga, urdhoh klasikal dengan buku at-tartil, dan urdhoh individu atau evaluasi. PGPQ At-Tartil Pertemuan 1 Jilid 1 di Masjid Al-Huda Menganto Mojowarno Jombang ini berakhir menjelang pukul sebelas siang. Kegiatan pembelajaran akan dilaksanakan setiap Ahad di Masjid Al-Huda. Semoga kita semua bisa istiqomah mempelajari Al-Quran.

Bagikan tulisan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *