Serunya Buka Puasa Bersama Santri TPQ Al-Mujahidin Guwo

Kegiatan Belajar Santri Paket Marhalah TPQ Al-Mujahiddin Guwo Jombang
Kegiatan Belajar Santri Paket Marhalah TPQ Al-Mujahiddin Guwo Jombang

Buka puasa bersama (bukber) santri Taman Pendidikan Al-quran (TPQ) Al Mujahidin mengawali kegiatan bukber saya di Ramadhan tahun ini. Pada hari ini Kamis, 9 Mei 2019 telah dilaksanakan acara bukber santri TPQ Al Mujahidin di gedung TPQ. TPQ Al Mujahidin berada di Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. TPQ ini berada di sebelah utara dari Masjid Baitussalam. Tempat ini selalu diramaikan oleh kehadiran anak-anak setiap sore hari. Meskipun mereka tidak mengaji biasanya anak-anak itu bermain bola kasti di halaman masjid.

Hari ini para santri telah bersiap di lokasi kegiatan sejak pukul empat sore meskipun pada kertas undangan tertulis acara dimulai pada pukul lima sore. Rupanya anak-anak itu sangat antusias mengikuti acara buka puasa kali ini. Mereka tidak sabar ingin segera mengikuti acara makan bersama meskipun tidak semua santri TPQ Al Mujahidin menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Terdapat lima belas santri yang berumur di bawah lima tahun dan mereka belum berkewajiban puasa.

Kegiatan buka puasa bersama santri TPQ Al Mujahidin hari ini diikuti oleh tak kurang dari 40 orang santri dan ustadz ustadzah. Mereka semua mengawali kegiatan pada pukul 16.15 WIB. Saya berinisiatif mulai acara dengan tadarus juz amma. Kemudian saya memutarkan film kisah inspiratif para pejuang Islam melalui proyektor. Anak-anak sangat menyukai kegiatan nonton bareng (nobar) sebelum berbuka puasa.

Selain menyaksikan video kisah inspiratif muslim, anak-anak juga mendapatkan tayangan mengenai kebesaran ciptaan Allah yang berupa planet, satelit, bintang, tata surya, galaxy, dan alam semesta. Saya memutarkan video yang menunjukkan perbandingan ukuran fisik planet-planet dan satelit beserta dengan galaksi tempat tinggal para planet itu. Anak-anak tanpa ternganga melihat kebesaran ciptaan Allah yang dilukiskan dalam video sains tersebut.

Keakraban Buka Puasa Bersama

Sepuluh menit menjelang waktu berbuka puasa, anak-anak sudah tak sabar ingin segera menyantap makanan yang mereka bawa dari rumah. Mereka mendapatkan hidangan minuman es buah secara bersama-sama. Acara buka puasa di awali dengan berdoa bersama. Setelah itu terdengar bunyi bedug magrib ditabuh. Anak-anak pun bersemangat menyantap makanan yang telah mereka bawa dari rumah. Berbagai menu makanan tampak di hadapan para santri. Anak-anak sangat menyukai makanan cepat saji seperti ayam geprek, ayam goreng, dan sosis goreng. Hanya sedikit di antara mereka yang menyantap makanan rumahan buatan orang tua mereka.

Usai menyantap sebagian dari menu buka puasa, para santri bergegas berwudhu dan melaksanakan salat jamaah maghrib di masjid bersama para jamaah dewasa lainnya. Anak-anak itu pun tampak bersemangat berebutan langkah ke arah tempat wudhu. Mereka terlihat antusias untuk mengakhiri kegiatan ini secara bersama-sama. Canda tawa terdengar di sela-sela kegiatan berwudhu itu.

Setelah melaksanakan salat jamaah maghrib, para santri melanjutkan kegiatan makan bersama. Acara makan bersama ini sungguh menarik dan menghangatkan suasana. Mereka tampak saling berbagi makanan satu sama lain. Jika ada teman yang tidak menyukai menu makanan tertentu, maka teman lain segera mengganti dengan makanan kesukaannya. Sungguh pemandangan yang sangat mengharukan.

Kegiatan bukber santri TPQ Al Mujahidin diakhiri dengan pengumuman para pemenang lomba yang telah diadakan pada pekan lalu. Telah dilaksanakan berbagai macam lomba santri TPQ pekan lalu. Lomba tersebut antara lain lomba adzan, lomba pujian, lomba mewarnai, lomba membuat kaligrafi, dan lomba cerdas cermat Alquran. Para pemenang lomba tersebut tidak diberitahu sebelumnya sehingga pengumuman kali ini menghasilkan surprise bagi mereka. Kejutan para pemenang itu tampak dari raut muka mereka yang tampak bersemangat untuk menyambut datangnya hadiah-hadiah yang mereka dapatkan.

Anak-anak tampak senang ikuti kegiatan buka puasa bersama kali ini. Semoga para santri selalu bersemangat belajar membaca dan menulis Alquran di TPQ Al Mujahidin. Bulan Ramadhan menjadi momen baik untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semangat berbagi yang ditunjukkan oleh para santri menunjukkan bahwa anak-anak pun bisa menunjukkan kepedulian sosial terhadap sesama.

Bagikan artikel ini melalui:

5 Replies to “Serunya Buka Puasa Bersama Santri TPQ Al-Mujahidin Guwo”

  1. Kebersamaan di bulan Romadhon memang penting untuk ditumbuhkan untuk mempererat persaudaraan dikalangan umat Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *