7 Modal Utama Menulis Artikel Blog

terapi menulis untuk kesehatan mental
terapi menulis untuk kesehatan mental

Setelah menulis artikel plus minus menjadi blogger loper koran, ada salah satu kawan newbie bertanya kepada penulis. Pertanyaannya sangat umum: apa saja modal yang diperlukan untuk menulis artikel blog. Well, artikel ini sengaja penulis buat untuk menjawab pertanyaan tersebut.

7 modal yang Anda perlukan untuk bisa konsisten menulis artikel blog adalah:

1. Modal utama adalah minat dan semangat menulis.

Manusia dengan IQ 200 pun tak kan mampu menulis artikel blog kalau ia tidak berminat menulis. Bahkan, minat saja tidak cukup. Dia harus punya semangat menulis karena keinginan saja tidak cukup. Harus ada tindakan.

2. Wawasan yang luas.

Wawasan luas menjadi modal penting agar Anda mampu mengembangkan pola berpikir dan cara menulis yang natural dan berbobot. Ingatlah bahwa netizen tidak punya cukup banyak waktu untuk menilai kualitas Anda. Wawasan yang luas menjadikan tulisan Anda lebih bermutu dan beragam sudut pandang penulisan.

3. Menguasai materi yang akan ditulis.

Apa jadinya kalau Anda menulis ratusan kata-kata kalau itu hanya gurauan saja. Kuasailah sebuah materi lalu tulislah dengan gaya menulis Anda sendiri. Pembaca akan tahu kok mana tulisan daging dan mana tulisan krupuk.

4. Menguasai teknik penyusunan kalimat.

Jangan keburu berpikir Anda harus menjadi seorang sarjana sastra terlebih dulu agar bisa menjadi blogger produktif. Anda setidaknya mampu menulis sesuai dengan gaya pembicaraan Anda. Tak masalah jika kata-kata dalam tulisan Anda tidak sesuai EYD. Kelak Anda akan belajar menghargai struktur kalimat pada waktunya.

Gusnaldi, Penulis Novel Pria Terakhir
Gusnaldi, Penulis Novel Pria Terakhir – Menulis cerita berdasarkan kisah pribadi tidak sulit.

5. Menguasai program aplikasi untuk ngeblog.

Untuk bisa rajin ngeblog, Anda setidaknya harus punya modal mengoperasikan program Microsoft Word atau program lain sejenis. Bagi Anda yang aktif berpetualang, manfaatkan aplikasi mobile blogging WordPress di smartphone Android Anda. Ngeblog jaman now tidak harus di depan komputer. Anda pun bisa ngeblog sambil berkendara di jalan atau tiduran santai di rumah.

6. Mengetahui prosedur penulisan.

Cara menggali ide mentah sampai menuangkan ke dalam sebuah artikel tidak semudah yang Anda kira. Diperlukan latihan berulang agar Anda mahir mengeksekusinya.

7. Memiliki pengalaman hidup.

Pengalaman pribadi penulis adalah nyawa sebuah artikel blog. Tanpa pengalaman, sebuah artikel hanya akan menjadi cerita dongeng. Hiduplah dalam dunia nyata dan bawalah kebaikan dunia nyata agar mampu menginspirasi warga dunia maya.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda. Eniwei, dari tujuh modal menulis di atas, berapa nomor yang sudah Anda miliki?

Bagikan artikel ini melalui:

18 Replies to “7 Modal Utama Menulis Artikel Blog”

  1. Saya pikir semua orang jaman now sdh bisa memainkan smartphone. Hanya saja mereka blm tau fungsi lain smartphone dlm menyebarkan ide.

  2. Salut untuk para penulis yang saat ini eksis di dunia blogging dan internet di Indonesia.
    Mereka adalah orang-orang kreatif yang tidak pernah berhenti berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *