Cara Membuat Pengunjung Betah Berlama-lama Nongkrong di Blog

Tips Blogging Pemula – Menulis artikel blog pribadi adalah usaha menarik perhatian pengguna internet. Jika tidak bisa mengelola tampilan blog, visitor bisa segera kabur dari aktifitas membaca artikel blog.

Inilah saatnya kita memanjakan pengunjung blog dengan tampilan yang menarik dan konten yang berkualitas. Tampilan blog yang menarik bisa menahan mereka membaca tulisan bermenit-menit hingga habis. Cara membuat tampilan blog yang bagus misalkan dengan cara menghindari terlalu banyak aksesoris blog, menambahkan gambar penjelas, memilih warna latar belakang yang berkesan lembut dalam penglihatan dan lain-lain.

Selain dengan cara tersebut, kita bisa bikin pengunjung lebih lama nongkrong di blog dengan menampilkan artikel terkait. Untungnya WordPress menyediakan hampir semua kebutuhan blogger. Plugin yang kita gunakan kali ini adalah Related Articles Plugin. Silakan jelajahi WordPress Plugin Gallery dengan kata kunci “related articles”. Anda akan temui banyak nama plugin disana. Silakan pilih salah satu plugin yang bisa bekerja sama dengan plugin lainnya untuk blog Anda.

related content - konten artikel terkait
related content - konten artikel terkait

Related article, ada juga yang menyebut related content, dalam bahasa Indonesia disebut artikel terkait. Artikel terkait berfungsi sebagai pelengkap informasi dari artikel yang sedang kita baca. Keterkaitan artikel ini bisa didapatkan dari kemiripan judul artikel, kategori artikel, keyword yang dipakai, maupun pengulangan kata dalam keseluruhan konten posting. Bahkan, image dan alt image yang kita pakai dalam posting juga mempengaruhi keterkaitan artikel.

Satu hal yang perlu kita perhatikan adalah tidak semua plugin related article bisa akur dan gotong royong membangun traffic blog Anda. Kalau nggak crash dengan plugin lainnya, biasanya ada kode tertentu yang tidak sesuai dengan themes yang Anda pakai. Untuk itu, silakan coba satu per satu plugin related article sehingga menemukan yang tepat untuk blog dan bisa bekerja dengan baik. Untuk artikel blog ini, saya memilih related article plugin dari Better Related Content Plugin.

Seberapa bagus manfaat plugin yang berguna menampilkan artikel terkait? Saya sudah membuktikan bahwa artikel terkait bisa menghasilkan traffic minimal 50 persen dari jumlah kunjungan artikel utama. Hal ini sudah saya praktekkan dalam blog The Jombang Taste. Setelah tiga jam artikel terbit, muncul Top Post dari SiteStats Jetpack by WordPress yang cukup menyenangkan. Padahal kita nggak perlu banyak kerja tapi pembaca sudah bisa dibuat bertahan membaca artikel blog.

manfaat plugin artikel terkait
manfaat plugin artikel terkait

Manfaat lain penggunaan plugin related article adalah mengurangi angka rasio pentalan (bounce rate) dalam hasil analisa Google Analytics. Semakin kecil bounce rate, artinya semakin lama pengunjung menjelajahi blog Anda, dan ini memiliki nilai bagus untuk membangun kepercayaan di mata mesin pencari. Semoga tips blogging pemula ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

17 thoughts on “Cara Membuat Pengunjung Betah Berlama-lama Nongkrong di Blog”

  1. Tentu saja, dengan menulis artikel yang sesuai dengan judul akan membuat pembaca senang menyelesaikan bacaannya. Di tambah tampilan blog yang ringan, enak dipandang, jadi pembaca gak kabur sebelum membaca. Atur kecepatan loading blog. 😀

    Salam blogger pemimpi

  2. Penampilan yang teduh untuk mata seperti web pak Agus ini, tak rame asesoris/gemerlapan dan tentunya jangan lupa konten yang bermanfaat bai pembacanya. Selamat pak Agus…saya ingin mengikutinya…tapi masih amburadul.

  3. selalu menemukan hal baru di sini. membuat betah pengujung blog masih terus menjadi agenda saya. soalnya menulis artikel yang benar benar dibutuhkan orang memerlukan kerja keras lahir da batin.ya nggak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *