Freelance Writing Tips – Pengaruh Sikap Perfeksionis Terhadap Kreatifitas Kerja

Freelance Writing Tips – Kreatifitas dan produktifitas kerja seorang penulis dipengaruhi oleh cara pandang diri sendiri terhadap kesempurnaan hasil kerja yang telah dilakukan.

Saat menyelesaikan satu project penulisan, seringkali yang menjadi hambatan suksesnya program bukanlah minimnya ide menulis. Namun kerapkali seorang penulis artikel dihinggapi sikap perfeksionis yang mempengaruhi hasil kerja mereka. Perfeksionis adalah pola pikir yang mengacu kepada asas harus sempurna. Dalam hal ini perfeksionis mempunyai dua pengertian. Di satu sisi bisa membangkitkan kreatifitas dan yang lain malah membunuh kreatifitas.

Kapan perfeksionis akan mampu membangkitkan kreatifitas seorang freelancer bidang penulisan? Ini bisa terjadi ketika kita berpikir bahwa kita harus berusaha menyempurnakan sebuah proses atau hasil yang telah kita jalankan. Pokonya harus tuntas. Studi para ahli mengemukakan bahwa sebagian besar orang berprestasi tinggi di bidangnya menerapkan pola pikir ini. Mereka memiliki harapan tinggi untuk meraih hasil terbaik di bidang yang ditekuni.

Freelance Writing Tips – Pengaruh Sikap Perfeksionis Terhadap Kreatifitas Kerja

Sebaliknya, kapan sikap perfeksionis akan membunuh kreatifitas kerja? Perfeksionis akan menjadi duri dalam daging ketika kita menolak hasil atas sebuah proses, kecuali yang menurut kita sudah sempurna. Misalnya, tulisan sudah melalui proses editing berkali-kali yang melibatkan banyak orang namun kita masih belum puas atas kondisi tersebut. Ujung-ujungnya proyek berjalan tersendat-sendat.

Perilaku perfeksionis yang membunuh adalah tindakan penolakan yang sering membatasi pikiran kita agar bekerja secara kreatif. Kalau hal ini terus dilakukan maka akan semakin banyak target-target kerja yang akan terlepas. Waktu terus berjalan, arus informasi deras bergulir tiap menit. Jika seorang ghost writer tidak segera menyelesaikan sesuai tenggang waktu, hal ini akan membahayakan produktifitas kerja selanjutnya.

Bagaimana cara mengatasi kebiasaan yang merepotkan kinerja sebuah tim ini? Patut kita pahami bahwa di dunia ini tidak ada sesuatu yang berlangsung sempurna dan serba sempurna dalam arti tanpa cacat atau tanpa kekurangan. Jadi, menampilkan karya yang bukan masterpiece bukan sebuah cela karena kekurangan tersebut berpeluang membentuk interaksi dengan pembaca. Mungkin pengunjung web akan memberi input yang berharga bagi publikasi selanjutnya.

Bagaimana dengan Anda? Seberapa serius Anda mengejar kesempurnaan artikel yang telah dipublikasikan dalam blog pribadi?

25 Replies to “Freelance Writing Tips – Pengaruh Sikap Perfeksionis Terhadap Kreatifitas Kerja”

  1. Saya sendiri juga termasuk yang perfeksionis itu mas, terkadang itu juga mengganggu untuk deadline2 yang harus segera terselesaikan… Di luar bidang penulisan pun pasti juga akan mengalami hal serupa bagi seseorang yang perfeksionis… Makasih sharenya mas…

  2. Inilah kemudian yang menimbulkan banyak statement bahwa menulis itu sulit. Karena menurut saya menulis adalah proses kreatif, sedangkan umumnya kita terbelenggu oleh tingkah perfeksionis sangat kental.

    Klo pertanyaan terakhir, sepertinya sampai saat ini saya masih memiliki sifat perfeksionis yg sangat kental. Terbukti saat baru menulis beberapa kalimat saja, sudah melakukan proses editing secara berlebihan. Mulai dari susunan kata, tanda baca, kesinambungan makna dalam kalimat dll,… Jadinya, untuk sebuah tulisan pendek saja butuh waktu berjam2 untuk menyelesaikannya 🙁

  3. Salam,
    Kesempurnaan itu perlu dan memang dibutuhkan pada tempat dan waktu yang tepat. Disisi lain tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini.
    Menurut kami yang terpenting adalah informasi yang disampaikan benar dan dapat di pertanggung jawabkan baik kepada manusia maupun kepada tuhan. Atau setidaknya pesan yang disampaikan dalam tulisan bisa tersampaikan kepada pembaca.

  4. Wah, perasaan yg ingin serba sempurna inilah yg justru menghambat saya dalam menghasilkan tulisan. Kini saya sedang berusaha mengubah rasa perfeksionis yg menghambat itu menjadi rasa perfeksionis yg mendukung kreatifitas kerja. Terima kasih atas tulisannya, Pak!

  5. I want to tone of voice my understanding for your generosity for males and ladies that actually need help using the topic. Your individual commitment to moving the solution up and down ended up being extremely significant and has constantly permitted affiliates much like me to attain their set goals. Your personal helpful publication means a lot in my experience far more more to my personal office colleagues. Thank you; from every one of all of us.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *