Kiat Mencari Ide – Ngeblog di Balik Pintu Kamar Mandi

Menjamurnya kiat mencari ide blogging yang beredar di internet ternyata tidak serta merta menjawab permasalahan blogging. Masih ada saja blogger yang nggak bisa menuangkan gagasan ke artikel karena belum ‘klik’ dengan lingkungan.

Kali ini saya berbagi pengalaman pribadi untuk urusan yang satu itu. Kalau pikiran lagi stagnan buat ngeblog, cobalah masuk kamar mandi sambil bawa hape. Memangnya bawa hape buat apaan? Muter video hahahihi? #ngakak Jangan keburu salah paham. Hape adalah alat mencatat ide-ide yang muncul dalam lintasan pemikiran Anda.

Kiat Mencari Ide – Ngeblog di Balik Pintu Kamar Mandi
Kiat Mencari Ide – Ngeblog di Balik Pintu Kamar Mandi

Gelombang Alfa Pemicu Pikiran Bawah Sadar

Kamar mandi adalah tempat yang private sekali. Di situlah kita bisa menjadi diri sendiri tanpa perlu memasang topeng sebagai anak yang berbakti, suami yang setia, wanita yang kalem, maupun pacar yang selalu bermuka manis. Kalau sebelumnya Anda jadi pegawai yang harus patuh boss, maka saat berada di kamar mandi nggak ada yang bisa jadi boss selain diri Anda. Pendek kata, kamar mandi adalah tempat yang elu banget. Kita bisa menjadi diri sendiri tanpa perlu takut respons orang lain.

And you can guess, karena kita nggak terpaku pada omongan orang lain, maka pikiran kita bisa lebih bebas dan rileks. Kata para ahli jiwa (mungkin termasuk juga dokter jiwa), saat rileks di kamar mandi itulah manusia memancarkan gelombang alfa. Detil gelombang alfa yang mana saya nggak paham. Hanya saja saya ingat bahwa gelombang alfa itu bisa membangkitkan pemikiran alam bawah sadar manusia.

Maka nggak heran sewaktu kita di kamar mandi terbersitlah (kata yang puitis banget) beragam ide ini-itu menanggapi permasalahan hidup. Bisa saja Anda jadi kepikiran setelah keluar kamar mandi mau beli sesuatu, mengunjungi rumah teman, teringat buat nelpon klien, atau bahkan muncul ide posting blog. Ide posting blog yang dihasilkan biasanya nggak jauh-jauh dari kehidupan nyata. Kalau nggak sama persis, minimal terinspirasi kisah nyata untuk dibawa ke jurnal online.

Kiat Mencari Ide – Ngeblog di Balik Pintu Kamar Mandi
Kiat Mencari Ide – Ngeblog di Balik Pintu Kamar Mandi

Dokumentasikan Secepat Mungkin

Saat kilatan-kilatan cahaya api ide bermunculan, itulah saatnya Anda menangkap sesegera mungkin sebelum mereka kabur. Gunakan hape yang telah Anda bawa tadi. Kalau Anda takut hape kecemplung closet, bawa aja buku kecil dan pulpen untuk mencatat kalimat utama yang terpikir. Saya nggak menyarankan bawa laptop ke kamar mandi karena itu pasti bikin ribet dan bisa dicurigai macam-macam. Hahaha.

Jangan menunda untuk menulis. Meski hanya satu kalimat utama, itu sudah cukup untuk digali lebih jauh melalui penjabaran panjang lebar di artikel blog. Pikiran bawah sadar itu biasanya jujur dan anti bohong. Dan ada kalanya pikiran bawah sadar juga bersifat memaksa. Dalam artian dia memaksa untuk segera dituliskan, kalau ide di ubun-ubun nggak segera dituliskan bisa berakibat impotensi, sakit jantung, hipertensi, dan gangguan kehamilan dan janin. Nggak deh, kalimat terakhir just kidding.

Begitu garis besar sudah didapat, Anda tinggal mencari bahan pelengkap untuk menghasilkan artikel yang komplet. Misalnya mencari gambar pendukung, referensi dari Wikipedia, lansiran Google terkini dan lain-lain. Menjabarkan artikel model begitu biasanya ‘gue banget’. Maksudnya, karakter Anda akan muncul dan terwakili lewat pilihan kata, metode penggambaran masalah, maupun kesan secara umum yang ingin ditampilkan.

Satu lagi tips mengatasi kebuntuan ngeblog saya bagi. Semoga kiat mencari ide ngeblog kali ini bisa memberi manfaat. Anyway, pernah mencoba ngeblog di kamar mandi kan? Atau malah takut mencoba karena kamar mandinya dipakai secara massal? Ayo sharing di kolom komentar.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

59 thoughts on “Kiat Mencari Ide – Ngeblog di Balik Pintu Kamar Mandi”

  1. Kamar mandiku adalah surgaku. Karena disana aku bisa jadi diri sendiri dan tidak mau tahu orang lain. Tips yang menarik dan patut dicoba mas.

  2. Kalau saya mandinya sama si kecil yang berusia dua tahun. Nggak bisa bayangkan harus ngbelog di kamar mandi. Hihihi.

  3. Wah kalau saya malah banyak dapat inspirasi waktu shalat (ini nih jadi nggak khusuk) atau waktu lagi banyak orang. Kalau waktu sendirian malah sebaliknya. Ide mampet…

  4. kalau untuk menulis tentang produk suatu herbal bagaimana ya memulainya ? termasuk menulis tentang toko herbal online saya
    mohon sarannya. tks

  5. kalau sengaja dicari kadang-kadang jd bingung, kalau ide biasanya datang sendiri, lg minum kopi kadang kadang dapat ide, baca koran dapat ide, jalan ke mall, atau di jalan raya di mana pun kalau lg mood, kalau tidak mood sengaja dicari tidak pernah ketemu

    1. kalau untuk saya pribadi, daripada nunggu datangnya ide, lebih baik kita jemput saja. cara menjemputnya ya seperti baca koran dan jalan-jalan ke mall. dari situ kita lihat banyak hal yang menarik untuk dibagi.

  6. Saya sendiri juga cukup sering dapat kelebatan ide pas lagi di kamar mandi atau WC. Tapi pernah juga nguap begitu aja dan saya kelupaan apa idenya. Abisnya waktu ke kamar mandi atau WC nggak pernah bawa kertas + pulpen. Hape juga jarang banget dibawa. Eh, itu gambarnya keren abiz deh mas…wkwkwkw (gambar yang pertama itu).

  7. ia yah….
    terkadang juga saya merasa seperti itu.
    kenapa biasanya ide muncul pada saat lagi sendiri.
    kayaknya pikiran itu fokus dan melakukan berbgai imajinasi…
    kok bisa gitu yah…

  8. Sebenarnya ide itu bisa muncul di mana saja, dan kapan saja. Masalahnya terkadang ketika menemukan ide tidak segera dicatat dan dituangkan. Akhirnya terlewat. Kamar mandi bukan tempat pavorit untuk gali ide. Hehe.

  9. SETUJU!!!
    sambil nongkrong di closet ato kamar mandi saya sering mendapatkan ide2 yg terkadang gak pernah terpikirkan sebelumnya. Tapi terkadang rajutan kata2 itu sering buyar karena teriakan dari luar kamar mandi karena aku sering berlama2 di dalam demi mendapatkan ide2 gila 😀

  10. sekarang kamar mandi saya antri mas agus, sampai 9 kamar lebih. hehe, jadi inspirasi saya cari ditempat lain saja. maklum kost-kostan. tapi gak salah kok, selalu ada hal menarik yang bisa ditarik dari kamar mandi.

  11. Di kamar mandi?
    Udah semenjak SMP saya selalu bawa bacaan ketika buang air besar. Sampe saat ini, saya gak bisa tenang kalo cuma berdiam diri saat BAB. Harus bawa bacaan, entah itu novel, komik, atau koran. 🙂

  12. Pingback: Dilarang Memancing Masalah di Dalam Kerusuhan | The Jombang Taste
  13. Pingback: nurmanaiamnsz
  14. wah, mas agus emang berbakat menulis. dimana saja bisa dapat ide.
    kalau saya harus mikir tujuh keliling. itupun belum dapat ide. hehehe.

  15. Ternyata kenimatan dari Allah itu tak ada batasnya. Kita tulis dengan air laut sebagai tintanyapun tidakakan cukup. Bayangkan kalau kita tidak bisa jongkok seperti gambar diatas 2 – 3 hari saja….?

    Terimakasih mas Agus.

  16. ya kemaren saya sempet kreatif,,,,,, selalu berfikir terus menerus mencari ide yg kreatif… dan setiap dapat saya smskan ke temen2, tapi suatu kali dpt replay xmx, lah kok kmu buang2 pulsa ja…. perasaanQ g enK,akirnya aq g sms tmen2 lg, dan kreatifitas mencari ide pun hilang,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *