senyum dan semangat dalam hidup

Refleksi Setahun Ngeblog Agus Siswoyo

Seperti yang telah Anda ketahui, pada tanggal 17 Oktober kemarin adalah moment tepat setahun blog ini online di internet. Saya bersyukur mas Fadly Muin menawarkan diri untuk menulis kesan-kesan yang di dapat selama setahun kemarin. Seperti ketiban durian runtuh rasanya!

Waktu saya baca tiap komentar pengunjung, saya merasa heran kok banyak baiknya ya. Padahal saya berharap Anda bersedia mengorek sisi buruk blog ini. Paling tidak nanti ketahuan dimana kelemahan saya yang harus diperbaiki. Oke, itu tugas pembaca. Nanti silakan kritisiMas Hengky sepuasnya di kolom komentar. Nggak akan saya sensor kok!

Apakah ada moment spesial selama setahun kemarin? Banyak sekali. Kalau saya tulis model curhat ABG jaman sekarang, pasti nggak habis dibaca seharian. Kali ini saya cuplik peristiwa-peristiwa yang penting saja. Diantaranya adalah…

Mengadakan Kontes Menulis

Inilah untuk pertama kali saya menggandeng para blogger senior dalam sebuah ajang kompetisi blogging. Tersebutlah nama Mas Hengky, Mas Arief Maulana danMas Fadly Muin sebagai juri kontes yang berlangsung selama 3 bulan ini dengan menampilkan 29 artikel peserta.

Kegiatan ini adalah bukti kegilaan dan sifat bonek seorang Agus, newbie yang baru ngeblog tiga bulan langsung ngajak duet para sesepuh di bidangnya. Tapi nggak tahu ya, waktu itu saya kok betah isin (tahan malu) dengan menodongkan sejumlah hadiah kontes (saat nulis kalimat terakhir ini saya beneran malu lho).

Menyebarluaskan Paham Penulis Tamu

Berawal dari sifat saya yang mudah bosan, saya iseng-iseng mengadu nyali dengan ‘nampang’ di beberapa blog populer. Dari blog yang bertype moderat, agresif, kalem hingga akademis. Tanpa saya sangka, respons pembaca cukup bagus. Saya pun ketularan ilmu, aura positif dan popularitas yang punya rumah.

Hal ini pula yang menyebabkan saya terpikir membuat Kontes Menulis seperti tertulis di atas. Dan syukur alhamdulillah, meski belakangan ini digugat beberapa orang sebagai kegiatan tidak bermanfaat, aktifitas menulis di blog tetangga makin marak diikuti kawan-kawan lain. Bahkan kebiasaan itu telah tertanam dalam diri saya.

Menentukan Pilihan Kepada Dunia Kepenulisan

Pada awal ngeblog, seperti halnya kawan-kawan pemula lain, saya mengalami kebimbangan tentang arah tujuan ngeblog. Lebih khusus lagi, mau menekuni bidang apa. Seiring berjalannya waktu, saya menemukan dunia yang sesuai dengan alam berpikir saya. Yaitu dunia penulisan.

Saya terpacu untuk berbagi semangat dengan kawan-kawan penulis lain (baik penulis profesional maupun penulis blog) melalui kalimat Catatan Motivasi Blogging Indonesia. Dan khusus untuk hal ini, saya sedang mempersiapkan beberapa rencana jangka panjang yang mudah-mudahan bisa memberi kontribusi bagi para penulis blog di Indonesia.

Itulah beberapa hal yang membekas di otak saya. Seperti yang sudah saya katakan di awal, saya berharap Anda bersedia mengkritisi blog ini lebih dalam. Khususnya lagi buat saya pribadi. Apakah gaya penulisan saya terlalu berat? Jadwal posting terlalu sering? Konten nggak ada nilai ilmiah? Atau jangan-jangan Anda menyarankan saya untuk segera monetisasi blog? Silakan dibagi unek-uneknya.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *