Selamat Ulang Tahun Blog Agus Siswoyo

Oleh: Fadly Muin

Blog adalah cerminan karakter kepribadian seseorang. Lewat blog banyak aspirasi pribadi yang bisa tersalurkan. Mengelolah blog pun butuh berbagai macam cara. Yang jelas diperlukan keseriusan untuk benar-benar bertahan.

Salah satu contoh blog yang berhasil merebut hati pembacanya dalam waktu relative singkat adalah blog Agus Siswoyo (AS). Tepat tanggal 17 oktober 2010 kemarin, blog ini genap berusia setahun. Untuk memeriahkan usia setahun itu, ternyata diam-diam si empunya blog memiliki cara unik untuk memberi tanda pada momentum berbahagia itu.

AS menulis artikel di banyak blog dalam waktu bersamaan. Termasuk tentangBlog 2 Inci yang di tulis di blog saya. tak ketinggalan beberapa di antaranya yang sudah saya baca, juga ada di blog-blog sahabat, antara lain:

– Blog Kang Erdien

– Suara Kelana

– Blog 2 Inci

Dalam kesempatan ini, saya ingin mengucapkan selamat ultah buat blog Agus Siswoyo.Com Banyak kesan-kesan yang sudah di ukir oleh AS. Lewat pribadi yang unik, ia mampu menggebrak dunia blogging Indonesia dengan gayanya sendiri, dengan terobosannya yang kreatif.

Walau ia terlihat begitu ambisius, namun dibalik semua itu saya tetap menilai ini sebagai gaya muda yang Pro-Aktif dan cekatan mengambil peran strategis. Label seleblogger yang masih tanda tanya siapa yang pertama sekali mempopulerkan, kerap di jadikan embel-embel untuk menciptakan suasana kompetitif dikalangan teman-teman blogger lainnya.

Kalau boleh saya bilang, AS adalah salah satu provokator terbaik dalam merangsang banyak kalangan, khususnya dalam menekuni aktifitas blogging, demi penyaluran pemikiran yang lebih positif.

Jika saya coba memasukkan analisis saya, tentang karakter AS di berbagai blog yang di ikutinya, juga memantau timeline twitternya. Saya menemukan 2 karakter yang cukup “unik”.

Diantaranya, saya melihat pribadi AS sebagai sosok yang:

Abhishek Bachchan and Aishwarya Rai
Abhishek Bachchan and Aishwarya Rai
  • Pemberontak:

Tercermin dari tulisan-tulisannya yang seakan-akan nakal dan menantang arus. Ciri ini sangat terlihat di semester awal karir bloggingnya. Salah satu yang heboh pernah juga di tulis di blog Fadly Muin.Com sampai menimbulkan diskusi yang panjang.

Namun saya melihat ini masih dalam batas yang wajar. Sebagai upaya untuk memancing “emosi” pembaca, agar bersedia bangkit dan berpendapat. Tidak lebih dari itu.

Dan…

Setelah melewati fase itu, saya melihat tulisan-tulisan di blog ini sudah mulai serius dan berbobot. Namun ini juga menjadi tantangan buat mas Agus. Sebab pembaca loyal, yang sebelumnya senang dengan gaya tulisan awal, mulai menemukan kontradiksi. Kesan berat dan kompleks mulai terasa di kalangan pembaca. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri untuk menetralisir semuanya.

John abraham bollywood aktor
John abraham bollywood aktor
  • Penyusup:

Dengan menjadi penulis tamu di beberapa blog tetangga. AS berhasil menyusup di dashboard banyak teman-teman, sekaligus merangkul persahabatan dengan cara yang lebih terarah. Tidak hanya rajin berkomentar di blog tertentu. Lebih dari itu ia berani menawarkan diri untuk menyumbangkan gagasan. Walau pada awalnya terkesan ambisius, tapi ia sudah membuktikan, cara ini ampuh untuk mendongkrak popularitas pribadi dan juga blognya.

Selebihnya sudah pernah saya review secara khusus di blog saya.

Walau konotasi pemberontak dan penyusup memberi makna negatif, tapi dalam konteks saat ini, tetap bernuansa positif kok.

Nah itulah sekedar apresiasi saya di hari ulang tahun blog ini.

Tentu saja, ini hanya secuil pendapat yang bisa saya berikan. Bisa benar bisa juga salah. Lalu bagaimana menurut anda? Adakah pendapat lain yang lebih heboh?

Akshay Kumar Photo
Akshay Kumar Photo

****

Untuk Blog Agus Siswoyo.Com, saya ucapkan, “Selamat Ulang Tahun Yang Pertama”. Semoga isi blog ini, tetap mengedepankan asas manfaat untuk banyak orang.

One Reply to “Selamat Ulang Tahun Blog Agus Siswoyo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *